Sabtu, 12 Januari 2019

Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi - Mungkin hampir semua orang pasti mengalami yang namanya lupa. Yup, lupa sendiri merupakan proses alami yang umum terjadi pada setiap individu. Tapi jangan sampai kamu memiliki kebiasaan lupa yang terlalu sering ya guys. Karena hal ini akan dapat mempengaruhi kehidupan mu loh.

Kemampuan orang dalam mengingat sesuatu itu didasarkan pada kemampuan otaknya sendiri. Kemungkinan ada beberapa orang memiliki daya ingat yang sangat kuat dan bahkan ada sebagian orang lagi yang memiliki kebiasaan lupa yang hampir sering.

Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Otak sendiri memiliki peranan yang sangat penting bagi setiap individu. Hal ini dikarenakan otak memegang kendali penuh dalam kehidupan seseorang. Tidak hanya berfungsi untuk berpikir, hampir semua yang kita kerjakan berpusat di otak. Organ tersebutlah yang mengatur semua aspek yang kita lakukan sehari-hari, termasuk dalam mengingat.

Nah, tanpa kita sadari seiring usia bertambah kemampuan otak akan menurun dan membuat fungsinya menjadi melemah. Sehingga tidak heran mereka yang telah lanjut usia kerap sekali mengalami kepikunan atau lupa. Namun, tunggu dulu ternyata tidak sedikit orang yang berusia lebih muda juga sering mengalami yang namanya pikun atau lupa. Kondisi tersebut bisa saja terjadi akibat sejumlah kondisi yang mempengaruhi fungsi otak loh. Tapi, tenang bagi sobat yang ingin meningkatkan daya ingatnya agat tidak sering lupa. Berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat yang Anda miliki. Di antaranya yaitu :

  • Berolahraga Secara Teratur

Yup, selain dapat memberikan kesehatan fisik, dengan berolahraga yang teratur juga diketahui dapat membantu otak untuk terus berkembang dan meningkatkan fungsinya. 

Pada saat tubuh melakukan beberapa gerakan olahraga, otak diketahui akan ikut bekerja dengann kapasitas maksimalnya. Nah, kondisi ini diketahui akan memicu perbanyakan sel saraf yang kemudian akan memperkuat ikatan antar sel otak dan menjaganya dari kerusakan.

Selain itu, pada saat olahraga sel saraf juga akan mengeluarkan protein yang bernama fakto neurotropis. Protein ini diketahui akan memicu produksi berbagai zat kimia untuk otak yang lebih sehat serta meningkatkan kemampuan kognitif termasuk kemampuan belajar.

Dari hasil penelitian di tahun 2010 mempublikasikan dalam sebuah jurnal bernama Neurosckience bahwa olahraga secara rutin tidak hanya meningkatkan aliran darah menuju otak, namun juga dapat membuat penyelesaian pekerjaan dua kali lebih cepat dibanding mereka yang tidak berolahraga.

Anda dapat melakukan olahraga manapun yang Anda sukai. Beberapa olahraga yang biasa digunakan untuk meningkatkan daya ingat adalah berenang, lari pagi, gym atau bersepeda. Anda dapat menekuni olahraga yang Anda sukai untuk mengasah kemampuan otak dalam mengingat minimal 3 kali seminggu.

  • Memperhatikan Asupan Makanan

Selain berolahraga, otak juga membutuhkan nutrisi untuk berkembang dan terus berfungsi dengan baik. Sejumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga diketahui akan mempengaruhi kemampuan otak. Pada dasarnya menjaga asupan makanan untuk otak cukuplah sederhana yaitu hanya perlu mengkonsumsi banyak sayuran dan mengurangi makanan yang banyak mengandung gula. Di samping itu, terdapat sejumlah zat tambahan lainnya yang sangat baik untuk perkembangan otak di antaranya yaitu omega-3 dan MCT (medium-chain triglyceride). Mungkin sobat juga telah mengetahui bahwa omega-3 memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan otak. Bahkan senyawa ini juga diketahui sangat mudah untuk didapatkan dari ikan salmon, minyak ikan, kedelai, bayam, dan makanan laut. Sementara itu MCT adalah zat yang sangat tinggi kadarnya dalam minyak kelapa.

  • Terus Mempelajari Hal Baru

Yup, dengan mempelajari hal baru, otak akan terus bekerja sehingga sel-sel di dalamnya tetap saling terhubung dan hal ini akan sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak. Salah satunya adalah dengan meningkatkan konsentrasi. Dari yang diketahui dengan mempelajari hal baru kita membutuhkan kemampuan kognitif seperti menjahit atau merajut. Nah, menurut penelitian aktivitas tersebut memang cukup berhasil dalam menjaga daya ingat pada para lansia. 

Kunci untuk meningkatkan daya ingat yang baik hanya satu yaitu dengan mencari aktivitas yang disukai yang dapat menstimulasi otak. Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan dengan mudah untuk mengasah kemampuan Anda di antaranya yaitu dengan membaca buku, mempelajari instrumen musik, merakit puzzle, berkebun atau membuat kerajinan tangan.

  • Hindarilah Kegiatan Multitasking

Multitasking memang sangat menguntungkan terutama bagi para ibu rumah tangga, di mana dengan melakukan pekerjaan secara multitasking sendiri dapat membantu menghemat waktu dan membuat pekerjaan beres dengan cepat. Pekerjaan ini melibatkan beberapa kegiatan yang dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Namun kabarnya terlalu sering melakukan pekerjaan secara multitasking ini dapat berdampak negatif pada daya ingat.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa setiap manusia rata-rata membutuhkan sekitar 8 detik untuk menyimpan memori ke dalam otak. Namun ketika seseorang menelepon sambil mengangkut barang belanjaan dan meletakkan kunci, kemungkinan ia akan tidak fokus dan beberapa menit kemudian tidak berhasil mengingat salah satunya. Sebaliknya dengan orang yang hanya fokus pada satu kegiatan akan memiliki ingatan yang lebih baik. Oleh karena itu, ada baiknya selesaikan satu pekerjaan sebelum Anda mulai mengerjakan pekerjaan lainnya.

  • Melatih Konsep Mnemonik

Konsep mnemonik sendiri dikenal dengan jembatan keledai. Pada konsep ini mungkin Anda akan diajarkan untuk lebih mudah mengingat sesuatu dengan cara membuat jembatan keledai ini.

Mnemonik dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti :
* Membuat akronim atau singkatan.
* Memvisualisasikan suatu benda untuk mengingat hal yang harus dilakukan.
* Memotong-motong informasi sehingga lebih mudah untuk diingat seperti saat mencoba mengingat nomor telepon.

  • Tidur yang cukup di malam hari

Tidur sendiri menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi bagi setiap individu. Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University membuktikan bahwa manusia akan memiliki otak yang lebih kuat ingatannya jika mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk hal-hal yang lebih menantang.

Tidur yang cukup berlaku untuk perkembangan otak balita. Balita yang dibiasakan untuk tidur siang terbukti memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik ketika dewasa nantinya. Untuk itu penting bagi Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Sehingga dengan begitu dapat menghindarkan Anda dari kebiasaan lupa.

  • Melakukan Permainan Otak

Yup, permainan yang ditujukan untuk mengasah otak terbukti sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan otak terutama untuk mengingat. Pada permainan tersebut otak akan dibuat untuk bekerja dan berpikir sehingga tetap terhubung dengan sel-sel di dalamnya. Jika seseorang tidak atau jarang mengasah kemampuan otak, sel-sel dalam otak mulai terdegenerasi sehingga menjadi mudah lupa.

Permaianan otak yang dikenal sangat efektif untuk mengasah kemampuan otak adalah permainan catur. Namun, di zaman sekarang ini ada banyak permainan yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan otak dengan mudah. Anda bisa mencoba beberapa permaianan tersebut secara rutin untuk melatih otak, paling tidak selama 20 menit sehari. Jika Anda tidak terlalu menyukai permainan otak Anda juga bisa belajar bahasa asing atau mengembangkan hobi dan kemampuan baru.

  • Repetisi Ingatan

Repetisi atau pengulangan adalah sebuah cara memang dibutuhkan jika ingin meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat sesuatu. Setelah memperlajari sesuatu, berikan jeda beberapa saat, kemudian lakukan review kembali atas apa yang telah dipelajari. Hal ini akan membuat otak terlatih untuk membuka ingatan masa lalu sehingga tidak mudah melupakan hal-hal penting. 

Repitisi ingatan dapat dilakukan dengan bantuan mencatat hal yang penting di buku catatan, mengulangi nama seseorang yang baru dikenal berulang-ulang, serta mengulangi kalimat yang dikatakan seseorang pada Anda.

  • Hidup Terorganisir

Hidup yang lebih terorganisir diketahui dapat membantu mengurangi pikun karena kecerobohan diri sendiri. Buatlah sebuah agenda harian atau install aplikasi organizer pada smartphone Anda. Dengan memiliki agenda harian diketahui dapat membuat Anda lebih fokus dan meningkatkan ingatan. Jika memiliki sebuah agenda, usahakan untuk membawa ke mana pun sehingga ketika ada hal yang perlu dicatat, Anda sudah siap sedia dan tidak lupa untuk mencatatnya.

  • Visualisasikan

Yup, tidak semua orang memiliki ingatan fotografis (photographic memory). Nah, bagi mereka yang tidak memilikinya kemungkinan mengingat nama atau wajah seseorang menjadi hal yang sangat sulit. Terkadang ada orang yang hanya akan mengenali wajah orang lain namun tidak mampu mengingat namanya. Dan sebaliknya ada juga orang yang hanya mengingat nama seseorang namun tidak dapat membayangkan bagaiman wajahnya.

Solusi untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya Anda melakukan visualisasi demi ingatan yang lebih baik tentang orang lain. Visualisasi dapat dilakukan misalnya dengan mengambil foto bersama saat bertemu dan menyimpannya di ponsel sebagai foto kontak, sehingga ketika dihubungi selanjutnya Anda sudah mengenali nama dan wajah orang tersebut.

Visualisasi dapat pula dilakukan dengan mengibaratkan nama seseorang dengan suatu hal lainnya. Misalnya untuk orang yang benama Alissa, visualisasukan di dalam pikiran Anda bahwa alissa itu memliki alis yang indah sehingga ketika bertemu kembali Anda bisa langsung fokus pada alisnya dan mengingat namanya dengan benar.

Ok sobat, itulah dia beberapa informasi mengenai tips untuk meningkatkan daya ingat yang bisa Anda coba. Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Yuk, langsung aja klik di sini!!!

Nah, sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar