Sabtu, 12 Januari 2019

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan - Musik??? Siapa sih yang gak suka dengan musik. Hampir semua orang pasti pernah mendengarkan musik, baik itu musik religis, pop, dangdut, jazz, regge, rock, ballad, dan lain sebagainya. Yup, setiap individu pasti memiliki selera musik yang berbeda-beda. Namun tahukan kalian bahwa selain dikenal dengan seni, tanpa disadari ada banyak manfaat musik bagi kesehatan. Penasaran??? Yuk, langsung aja simak ulasan berikut ini sampai akhir!!!

Musik sendiri merupakan karya seni yang banyak diminati baik oleh anak-anak maupun orang tua. Bagaiman tidak dengan mendengarkan musik, irama, rhytme, instrumen dan kombinasi suara yang terdengar oleh telinga diketahui dapat menstimulus otak dan memberikan kebagian tersenderi bagi yang mendengarkannya. Eits, namun jangan salah loh, di samping dapat memberikan rasa bahagia, alunan musik juga diketahui dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya loh bagi tubuh.

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Yup, musik diketahui dapat memberikan efek positif pada tubuh baik secara fisik maupun mental. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan tubuh.

  • Menurunkan Tingkat Stres

Dengan mendengarkan musik, alunan yang muncul diketahui dapat membuat kondisi psikologis menjadi jauh lebih baik. Nah, berdasarakan penelitian di University of Gothenburg, menyatakan bahwa dengan mendengarkan musik yang disukai setiap harinya dapat menurunkan tingkat stres. Alunan nada dan kombinasi antara suara dan kalimat yang diucapkan pada lagu diketahui dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh yang dapat melawan efek stres kronis. 

Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang secara aktif berpatisipasi dalam bermusik dengan memainkan berbagai instrumen perkusi dan bernyanyi, maka sistem imun tubuhnya akan lebih baik daripada mereka mendengarkan musik secara pasif. Untuk membantu Anda lebih rileks, Anda bisa memutar musik kesukaan Anda dan ikut bernyanyi bersama dan dapat diiringi dengan mengehentakan kaki mengikuti ketukan untuk mendapatkan manfaat penyembuhan maksimal.

  • Baik Untuk Kesehatan Jantung

Mungkin Anda berpikir bahwa musik tidak ada kaitannya dengan jantung. Namun pada sebuah penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26%. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih aliran darah akan menurun hingga enam persen. Mungkin Anda dapat merasakannya sendiri ketika mendengarkan musik dengan nada yang ceria maka tubuh terasa menjadi ringan dan bahkan membuat hati menjadi lebih baik. Nah, hal ini kemungkinan manandakan bahwa aliran darah Anda sedang lancar-lancarnya. Lalu kemudian Anda ubah lagu ceria tersebut dengan nada yang sedih, perasaan ringan dan ceria tersebut sedikit akan terasa berbeda dan menurun. Hal itu bisa menandakan bahwa aliran daran Anda menjadi menurun namun tidak dengan tingkatan yang tinggi.

  • Meredakan Rasa Sakit

Dari hasil penelitian di University of Utah Pain Research Center mengungkapkan bahwa mendengarkan musik bisa membantu partisipan untuk menurukan rasa sakit dan nyeri. Kondisi ini dikenal dengan metode pengalihan, musik ditengarai bisa membuat partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka. 

Sedangkan menurut penelitian lain di Drexel University di Philadelphia menemukan bahwa terapi musik dapat mengurangi rasa sakit pada pasien kanker. Peneletian lainnya juga menunjukkan bahwa musik klasik dan musik meditatif dapat mengurangi rasa sakit pada pasien perawatan intensif dan pasien perawatan geriatrik. Mungkin Anda juga akan mengingat tentang kutipan dari seorang Bob Marely seniman musik legendaris. 

Kutipan tersebut adalah "One goog think about music, when it hits you, you feel no pain" ~ Bob Marely "Satu hal yang baik dari musik, ketika itu menyentuhmu, kamu tidak akan merasakan rasa sakit"

  • Memperkuat Daya Ingat

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer Disease mengungkapkan bahwa bernyanyi ternyata bermanfaat bagi kesehatan jiwa. Selain itu, musik juga diketahui dapat menjaga ketenangan penderita gangguan ingatan atau alzheimer. 

Dari hasil riset studi di University Helsinki Finlandia menunjukkan bahwa bernyanyi berpengaruh terhadap daya ingat penderita gangguan ingatan. Efek ini sangat menonjol pada orang dengan gangguan ingatan ringat dan mereka yangberusia di bawah 80 tahun. Bahkan denagn bernyanyi dan mendengarkan musik yang disukai juga turut ikut mengurangi depresi pada penderita alzheimer ringan.

Dan pada hasil penelitan lain yang dilakukan di Hongkong menyebutkan musik bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik.

  • Meningkatkan Kecerdasan Verbal

Sebuah penelitiandi University York menunjukkan bahwa 90% anak-anak antara usia 4 dan 6 tahun memiliki peningkatkan yang signifikan dalam kecerdasan verbal. Penelitian Sylvain Moreno menyarankan bahwa pelatihan musik "efek transfer" yang meningkatkan kemampuan anak-anak untuk memahami kata-kata dan menjelaskan maknanya. 

Menurut penelitian lain, menemukan bahwa wanita dewawa dan anak-anak yang terlatih kemampuan bermusiknya bisa mengalahkan yang tidak berlatih musik pada tes ingatan verbal.

  • Meningkatkan Kinerja IQ dan Akademik

Selain baik untuk kecerdasan verbal, mendengarkan musik juga diketahui dapat meningkatkan IQ loh. Dalam sebuah penelitian, menyebutkan bahwa anak usia 6 tahun yang mengambil pelajaran keyboard atau menyanyi dalam kelompok kecil selama 36 minggu, mereka mengalami peningkatkan IQ secara signifikan.

Untuk membnatu anak-anak Anda mencapai keunggulan akademik, dorong mereka untuk bernyanyi atau belajar memainkan alat musik.

  • Mengurangi Tingkat Depresi

Dari hasil riset menunjukkan bahwa lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia menderita depresi dan sebanyak 90% dari mereka juga mengalami insomnia. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Hans Joachim Trappe di Jerman menunjukkan bahwa dengan mendengarkan musik dapat bermanfaat bagi pasien dengan gejala depresi, tergantung pada jenis musiknya. Suara-suara meditatif dan musik klasik bisa memperbaiki mood seseorang, tetapi techno dan heavy metal membuat orang semakin terpuruk. Dari hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa gejala depresi menurun secara drastis pada orang yang mendengarkan musik klasik sebelum tidur.

Untuk membantu meringankan gejala depresi yang sedang terjadi, Anda bisa menggunakan musik klasik sebagai media perantara untuk membakar semangat Anda.

  • Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Lebih dai 30% penduduk di Amerika menderiat Insomnia. Di Indonesia sendiri seperinya banyak yang mengalami hal serupa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendengarkan musik klasik semala 45 menit sebelum tidur, maka secara signifikan mereka bisa tidur lebih nyenyak daripada siswa yang tidak mendengarkannya. Jika Anda kesulitan tiudr cobalah mendengarkan sedikit musik klasik dari Bach atau Mozart sebelum tidur.

  • Membuat Pasien Menjadi Rileks Sebelum atau Setelah Pembedahan

Yup, alunan musik santai yang didengarkan pada pasine sebelum operasi juga diketahui dapat mengurangi kecemasan. Bahkan lebih efektif daripada memberikan obat secara oral. Penelitian lain juga menunjukkan mendengarakan musik yang menenangkan saat beristirahat di tempat tidur setelah operasi juga bisa membantu meningkatkan relaksasi. 

  • Meningkatkan Pemulihan Pada Pasien Stroke

Dari hasil penelitian lain di Universitas Helsinki menunjukkan bahwa pasien stroke yang mendengarkan musik favoritnya selama 2 jam sehari, telah terbukti dapat meningkatkan pemulihan fungsi kognitif dibandingkan denagn mereka yang tidak mendengarkannya. Sebagian besar musik mengandung lirik yang menunjukkan bahwa itu adalah kombinasi musik dan suara yang mendukung pendengaran dan memori verbal pasien.

Ok sobat, itulah dia beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Yuk, lansung klik di sini!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar