Sabtu, 12 Januari 2019

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo - Siapa sih yang gak kenal dengan si komedo??? Yup, komedo sendiri dikenal sebagai salah satu jenis masalah kulit yang amat menjengkelkan. Bagaimana tidak kemunculannya ini sering kali membuat orang yang memilikinya menjadi minder. Hal ini dikarenakan komedo dapat membuat penampilan menjadi tidak menarik. Sehingga sering membuat orang merasa tidak percaya diri untuk tampil di depan orang banyak. Apa lagi didepan gebetan, betul tidak??? :D

Ok, namun sobat tisak usah khawatir, karena pada saat ini banyak berbagai tips perawatan yang dapat dengan mudah yang dapat sobat coba untuk mengusir komedo dari kulit. Nah, untuk membantu sobat, di kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai tips menghilangkan komedo dengan cepat, aman dan alami yang bisa sobat coba sendiri di rumah.

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

Komedo???

Komedo sendiri merupakan salah satu jenis jerawat ringan berupa benjolan atau papula kecil yang ada pada permukaan kulit. Dari yang diketahui komedi ini dapat muncul pada bagian kulit manapun, namun yang paling sering terkena adalah zona T yaitu kening, hidung dan dagu. 

Komedo ini dapat muncul karena penyumbatan pori-pori akibat kumpulan sel kulit mati, minyak berlebih, kotoran, bakteri hingga folikel rambut. Selain itu, komedo juga diketahui dapat terjadi akibat dipicu oleh sejumlah faktor seperti :
  • Perubahan hormon.
  • Pengonsumsian pil KB.
  • Kulit yang berminyak.
  • Kontak berbagai jenis bahan kimia yang biasa ditemukan pada beberapa kosmetik.
  • Pecahnya foliker rambut, karena semacam trauma seperti memencet jerawar, mencuci muka secara berlebihan, peeling atau menggunakan bahan kimia dan terapi laser.
  • Merokok.
  • Beberapa produk makanan seperti makanan cepat saji, makanan yang mengandung susu, gula dan minyak yang berlebih.
  • Kulit yang kering. 
Nah, dari yang diketahui komedo ini memiliki dua jenis, yaitu :
  • Komedo putih, yaitu jenis komedo yang dikenal sebagai komedo tertutup sehingga tidak nampak dan bisa ditemukan dengan cara menekan pori-pori wajah.
  • Komedo hitam, yaitu jenis komedi yang bersifat terbuka dan ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum. Umumnya komedo ini terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.
Di jaman yang serba modern ini, telah banyak cara yang bisa sobat coba untuk mengatasi masalah komedo dengan cepat dan praktis yaitu dengan :
  • Menggunakan vacuum cleaner khusus komedo atau orang Indonesia biasa menyebutnya dengan mesin penyedot komedo.
  • Menggunakan plester khusus komedo.
  • Menggunakan alat dengan cara memencet komedo hingga keluar.
  • Menggaruk garuk sendiri menggunakan kuku jari tangan. 
  • Menggunakan masker wajah yang dipercaya dapat mengangkat komedo secara tuntas.
Di samping dengan cara tersebut, sobat juga dapat mencoba alternatif lain yang djuga diketahui efektif untuk membersihkan kulit dari komedo. Alternatif tersebut yaitu dengan memanfaatkan sejumlah bahan herbal dan alami yang efektif membantu mengangkat sel kulit mati dan mengatasi penyumbatan yang menjadi penyebab munculnya komedo.

Beberpaa bahan alami yang dapat soabt jadikan sebagai bahan untuk menagtasi komedo secara alami, aman dan cepat di antaranya yaitu :

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

  • Uap Air dan air hangat

Penggunaan uap air hangat ini sudah cukup tren sebagai perawatan kulit wajah yang dikenal efektif membantu mengatasi pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran dan sejenisnya. Dari yang diketahui uap air panas dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat sehingga dengan begitu kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori akan keluar dengan sendirinya.

Cara untuk memanfaatkan uap air juga terbilang sangat lah mudah, sobat hanya perlu menghadapkan wajah pada wadah yang berisi air panas atau air hangat. Dengan begitu uap air panas tersebut akan langsung menyentuh permukaan kulit wajah sobat dan membuka pori-pori wajah secara alami.

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

  • Baking soda

Ternya selain bermanfaat untuk membuat kue, baking soda juga bisa dimanfaatkan sebagai perawatan kulit loh guys. Yup, hal ini dikarenakan baking soda diketahui memiliki manfaat sebagai pengatur produksi minsay berlebih dan membantu menjaga kadar pH kulit serta mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

Untuk memanfaatkan soda kue sebagai bahan penghilang komedo, sobat hanya perlu membuat pasta dengan menggunakan baking soda, yang kemudian oleskan secara merata pada wajah.

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

  • Kopi dan Gula

Tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, kopi yang dicampur gula juga dapat bermanfaat sebagai scrub alami yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit wajah menjadi halus, mulus, bersih dan bebas dari komedo.

Cara memanfaatkan kedua bahan tersebut sangalah mudah, sobat hanya perlu membuat kedua pasta dari kedua bahan tersebut caranya yaitu dengan :
  • Campurkan 2 sdm bubuk kopi dan 1 sdm gula pasir.
  • Kemudian larutkan dengan menggunakan air. 
  • Sebelum mengaplikasikan scrub pada wajah, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.
  • Gosokan scrub secara merata pada wajah.
  • Lakukan gerakan menggososk wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.
Gunakan metode ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kandungan dari kopi dapat membantu memelihara kesehatan kulit Anda dan membantu mencerahkannya secara alami.

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

  • Garam

Pada umunya garam sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk penambah cita rasa asin pada masakan. Namun, sobat perlu tahu ingat, bahwa menurut ilmu kimia garam merupakan senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion) sehingga membentuk senyawa netral atau tanpa bermuatan. Dengan penerjemahan ilmu kimia ini, ternyata di samping dapat memberikan rasa asin pada masakan, garam juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo hitam. 

Untuk penggunaannya sendisi Anda hanya perlu melarutkan garam ke dalam air panas. Kemudian gunakan air panas tersebut sebagai terapi untuk menghilangkan komedo dengan cara membiarkan wajah terhempas uap yang dihasilkan oleh air panas tersebut.

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

  • Lemon

Lemon dikenal dengan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Nah, kandungan tersebut lah yang menjadi perantara yang baik untuk menghilangkan komedo secara alami. Selain itu, lemon juga dikenal dengan kandungan asam alpha hidroksi yang mampu menangkan radikal bebas yang ada di dalam kulit. Anda bisa menggunakan lemon sebagai alternatif herbal yang dapat membantu Anda menghilangkan komedo. Untuk cara penggunaannya sendiri sangalah mudah yaitu Anda hanya perlu mengoleskan air perasan lemon pada area wajah yang berkomedo dan diamkan selama 15 menit. Kemudian cuci hingga bersih. Anda bisa mengulangi metode ini secara rutin dan teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

  • Jeruk Nipis

Selain menggunakan lemon, Anda juga bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai alternatif untuk menghilangkan komedo secara alami. Senyawa yang terkandung dalam jeruk nipis hampir sama dengan kandungan yang dimiliki lemon. Yup, jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Kedua senyawa ini dikenal memiliki kemampuan yang dapat mencegah kulit dari jerawat, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati serta mencerahkan wajah. Nah, kemampuannya yang mampu mengatasi minyak berlebih di wajah dan mengangkat sel kulit matinnya inilah yang menjadikan jeruk nipis dipercaya mampu menghilangkan komedo putih dan hitam. Cara untuk memanfaatkan jeruk nipis sebagai penghilang komedo juga sangatlah mudah dan sama dengan penggunaan lemon yaitu dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis ke area wajah yang berkomedo kemudian diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

  • Kulit Jeruk

Tak disangka ternyata kulit jeruk yang biasa kita buang setelah memakan daging buahnya ini memiliki menfaat baik untuk mengatasi komedo. Yup, hal ini dikarenakan kulit jeruk diketahui memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya. Masker dari kulit jeruk diketahui mampu membantu mengecilkan pori-pori sehingga dengan begitu mampu mencegah kulit dari komedo. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah. Sobat hanya perlu menumbuk kulit jeruk yang telah kering yang kemudian dicampur air hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Nah, selain dapat mengatasi komedo, kulit jeruk juga diketahui memiliki kadar antioksidan yang dapat membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

  • Lidah Buaya

Mungkin sobat juga sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Yup, lidah buaya sendiri telah dikenal sebagai bahan yang sering dan banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan produk kecantikan. Nah, jadi tidak heran juga jika lidah buaya bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu menghilangkan komedo. Sejumlah senyawa yang terkandung dalam lidah buaya diketahui memiliki manfaat yang dapat membantu membersihkan komedo, mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah dan mengecilkan pori-pori wajah.

Cara penggunaanya pun terbilang sangatlah mudah yaitu hanya dengan mengoleskan gel yang dihasilkan dari tanaman lidah buaya pada area kulut yang berkomedo. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Tips Cepat - Aman - Alami Menghilangkan Komedo

  • Putih Telur

Anda juga mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaat dari putih telur. Yup, putih telur dipercaya mampu membuat wajah lebih kenyal dan membuat pori-pori wajah mengecil. Sehingga putih telur juga bisa sobat jadikan sebagai masker untuk mencegah timbulnya komedo pada kulit.

Ok sobat, itulah dia beberapa tips kesehatan yang dapat membantu Anda untuk menghilangkan komedo secara alami dan aman tanpa efek samping. Sekian dari saya, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi Anda sekalian dan terimakasih atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar