Jumat, 11 Januari 2019

6 Jenis Olahraga Yang Efektif Hilangkan Stres

6 Jenis Olahraga Yang Efektif Hilangkan Stres - Berbagai aktivitas dan beban pikian membuat Anda sering stres??? Awas jangan biarkan stres terus menghantuimu!!! Kondisi stres memang hal yang cukup umum terjadi di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Namun, ketahuilah memelihara stres terlalu lama juga diketahui tidak baik bagi kesehatan tubuh.

6 Jenis Olahraga Yang Efektif Hilangkan Stres

Stres sendiri merupakan salah satu kondisi gangguan yang umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Banyak hal yang bisa membuat seseorang stres, mulai dari tekanan hidup, pekerjaan, masalah keluarga dan berbagai hal lainnya. Namun tanpa disadari stres mampu mempengaruhi kesehatan tubuh dari kaki hingga ujung rambut loh. Dari yang diketahui hampir 77% orang yang mengalami stres merasakan sejumlah gangguan kesehatan seperti sakit kepala, cemas, insomnia, berat badan naik, nyeri otot, gangguan pencernaan dan sulit berkonsentrasi.

Yup, walaupun diketahui bahwa mengatasi stres tanpa menyelesaikan akar permasalahannya memang sangatlah sulit. Namun, mempelajari bagaimana cara untuk menghadapi dan mengelola stres merupakan cara terbaik untuk menekan beberapa gejala stres. Salah satu cara yang dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan nyaman ketika stres melanda yaitu dengan melakukan sejumlah aktivitas fisik salah satunya adalah dengan berolahraga.

Nah, dari beberapa kasus, terdapat beberapa jenis olahraga yang diketahui mampu membantu mengurangi tingkat keparahan stres, di antaranya yaitu :

  • Jalan Santai atau Jalan Cepat

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang paling ringan dan mudah untuk dilakukan. Anda bisa menjadikan olahraga ringan yang satu ini menjadi kegiatan rutin untuk dilakukan. Dari yang diketahui dengan melakikan jalan santai atau jalan cepat, gerakan kaki berulang ini dapat membantu melepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf dan juga melatih pernapasan Anda jadi lebih baik.

  • Menari

Walau dikatakan sebagai seni, namun menari juga dapat dikatakan sebagai olahraga, karena melibatkan berbagai gerakan tubuh sama halnya dengan olahraga lainnya. Nah, dari yang diketahui menari ini mampu membuat tubuh menjadi lebih lincah saat bergerak. Kondisi ini terjadi karena pada saat menari tubuh diketahui harus menegang sekaligus melakukan relaksasi. Selain itu, setiap gerakan yang dilakukan saat menari juga diketahui dapat meningkatkan detak jantung. Nah, pada saat menari secara spontan pikiran akan teralihkan untuk menyesuaikan gerakan tubuh dengan nada atau rhitme dari musik yang diputar sehingga hal ini akan sangat baik bagi Anda yang sedang mengalami stres. Tekanan beban yang mungkin sedang Anda pikirkan akan teralihkan dengan musik dan gerakan tarian yang Anda lakukan. Nah, hal ini juga diketahui mampu membuat otak menjadi fresh kembali dan Anda dapat berpikir jerni kembali.

  • Yoga

Yoga merupakan olahraga yang melibatkan gerakan tubuh dan pikiran. Sehingga hal ini dapat membuat pikiran Anda teralihkan untuk fokus pada gerakan atau musik yang diputar untuk mengiringi gerakan yoga yang sedang dilakukan. Nah, jadi dengan kata lain gerakan dan musik dalam yoga tersebut secara tidak langsung mampu membuat tekanan beban yang sedang Anda pikirkan teralihkan dan membuat Anda jauh lebih rileks dan tenang. Dan tanpa sadar hal ini dapat mengurangi stres yang Anda alami.

  • Berenang

Olahraga air yang satu ini bisa menjadi altenatif terbaik untuk menghilangkan stres. Yup, seiring tubuh masuk ke dalam kolam, kondisi ini akan memberikan sensasi rasa bahagia dengan begitu rasa penat atau tekanan beban yang terjadi dapat teralihkan. Berenang sendiri dikenal sebagai olahraga air yang banyak diminati karena selain dapat memberikan kesehatan pada tubuh, dengan berenang suasan hati pun menjadi lebih tenang dan lebih nyaman. Jadi hal ini akan sangat efektif untuk membantu menghilangkan stres yang terjadi dengan mudah. 

  • Jogging dan Bersepeda

Yup, di samping dapat memberikan kesehatan pada tubuh, dengan jogging atau bersepeda apalagi jika dilakukan di tempat yang membuat Anda lebih nyaman dan rileks. Nah, dengan jogging maupun bersepeda Anda akan pikiran Anda akan teralihkan dengan keadaan di sekitar yang mana hal ini akan sangat bermanfaat untuk meredakan dan meringankan stres yang sedang di alami. 

  • Kickboxing

Walaupun dikenal dengan olahraga yang cukup banyak digandrungi oleh kaum adam. Namun jangan salah tidak sedikit wanita juga menyukai olahraga ini. Yup, dengan olahraga ini mungkin Anda akan bisa meluapkan emosi dengan cara memukul, menendang atau sebagainya untuk menghilangkan kepenatan dan beban pikiran yang membuat Anda stres. Dengan begitu Anda akan sedikit lebih tenang.

Ok sobat, itulah dia beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba untuk menghilangkan stres yang sedang Anda alami. Nah, ingin tahu infomasi seputar kesehatan lainnya??? Yuk, langsung aja klik di sini!!!

Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar