Kamis, 10 Januari 2019

Manfaat Dari Yoga Untuk Tubuh

Manfaat Dari Yoga Untuk Tubuh - Yoga menjadi salah satu olahraga yang semakin berkembang di zaman sekarang ini dan bahkan tidak sedikit orang yang menggemarinya. Hal ini dikarenakan yoga dikenal sebagai olahraga ringan namun membutuhkan tingkat kefokusan yang tinggi. Nah, di samping memberikan kesehatan tubuh, yoga diketahui mampu memberikan ketenangan bagi yang melakukannya. Penasaran manfaat apa saja yang bisa didapat dengan melakukan yoga??? Yuk, langsung simak ulasan selengkapnya berikut ini!!!

Manfaat Dari Yoga Untuk Tubuh

Yoga sendiri telah menjadi tren gaya hidup yang populer akhir-akhir ini. Di mana yoga ini telah dikenal sebagai jenis olahraga yang memiliki peningkatan pamor yang terus menanjak di mata publik dalam beberapa tahun belakangan ini.

Jenis olahraga ini juga diketahui telah berkembang sejak 5-10 ribu tahun lalu di India. Yoga sendiri merupakan jenis olahraga yang mengkombinasikan gerakan tubuh dan pikiran. Olahraga jenis ini juga diketahui sangat membutuhkan yang namanya tingkat konsentrasi dan ketenangan yang sangat tinggi saat melakukannya, dengan begitu manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

Jika dilakukan dengan benar dan baik olahraga yoga ini dapat memberikan kita sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan yoga tubuh akan terasa lebih segar dan bugar. Namun di samping itu, yoga juga diketahui mampu memberikan kita ketenangan jiwa dan pikiran serta mampu membantu kita untuk bisa mengendalikan stres dan mengurangi rasa gelisah. Ada banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dengan melakukan yoga di antaranya yaitu :

  • Menenangkan Pikiran

Yoga ini dikenal sebagai olahraga yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan bahkan mampu membuat pikiran merasa jauh lebih tenang. Biasanya yoga sering dilakukan di tempat yang menunjang konsentrasi, dan juga bisa menggunakan musik yang menenangkan sehingga memberik efek penyembuhan bagi batin-batin yang lelah.

  • Mengurangi Stres

Yup, mungkin kalian sudah mengetahui bahwa hampir semua olahraga dapat membantu seseorang mencegah dan mengatasi depresi. Hal ini juga berlaku untuk yoga. Dari sebagian studi menunjukkan bahwa dengan melakukan yoga seseorang dapat mengurangi rasa gelisah, stres serta memperbaiki mood dan kesejahteraan fisik dan psikisnya. Bahkan manfaat yoga juga diketahui dapat dirasakan pada mereka yang mengalami gangguan kecemasan, skizofrenia dan gangguan tidur.

  • Meningkatkan Kebugaran

Selain menguntungkan untuk kondisi psikis yang sedang terganggu, yoga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, dan bahkan mampu memperbaiki serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak dan kelenturan tubuh.

  • Mengurangi Masalah Asma

Yoga juga dikenal sebagai olahraga pernapasan yang sangat baik. Hal ini dikarenakan yoga ini mengkombinasikan beberapa gerakan yang berhubungan dengan pernapasan, seperti Pranayama yang diketahui dapat membantu meringankan gejala asma.

  • Meningkatkan Kesabaran dan Fokus

Manfaat yoga lainnya yaitu dapat memberikan efek rileks sehingga mampu memberikan ketenangan dan kesabaran. Hal ini dikarenakan yoga dikenal dengan olahraga yang mengandalkan pernapasan sebagai cara untuk membuat tubuh lebih rileks dan memberikan kesan ketenangan dan kesabaran. Orang yang rajin melakukan meditasi dan yoga biasanya memiliki pancaran aura yang menyejukkan. Selain itu, seseorang yang rutin melakukan yoga biasanya juga dapat lebih tenang untuk menghadapi berbagai macam situasi dan tantangan yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Yoga juga dikenal mampu membantu tubuh dan persendian menjadi lebih fleksibel. Biasanya gerakan-gerakan dari yoga membutuhkan fleksibilitas tubuh, seperti gerakan memutar, menyilangkan kaki, ataupun gerakan kayang. Semakin sering Anda melakukan gerakan-gerakan, maka tanpa sadar kefleksibilitasan tubuh dan persendian menjadi lebih terjaga dan semakin meningkat.

  • Membakar Lemak dan Menurunkan Berat Badan

Yup, pada umumnya semua gerakan olahraga dapat membantu membuat lemak di dalam tubuh terbakar secara alami. Hal ini juga diketahui berlaku untuk olahraga yoga, dari yang telah diketahui terdapat banyak gerakan yang bisa dilakukan saat melakukan yoga. Nah, semua gerakan tersebut mampu membantu Anda dalam membakar lemak di tyubuh. Yang mana hal ini dapat Anda lihat dari banyaknya keringat yang keluar ketika Anda melakukan yoga. Yup, keringat yang keluar merupakan hasil dari pembakaran lemak yang terjadi dalam tubuh. Nah, hal ini juga akan membantu dalam penurunan berat badan. Di samping itu, keringat yang keluar juga bukan hanya pertanda bahwa lemak dalam tubuh terbakar bahkan keringat yang keluar karena gerakan-gerakan yoga diketahui sebagai sejumlah hasil detoksifikasi racun di dalam tubuh.

  • Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Dalam dunia yoga, terdapat sejumlah gerakan-gerakan kecil dari anggota tubuh. Nah, oleh karena itu pada saat melakukan yoga, kita dituntut untuk berkonsentrasi penuh agar bisa melakukan gerakan-gerakan kecil pada dunia yoga dengan baik. Selain itu, pada saat akan melakukan relaksasi Anda juga akan terlatih untuk meningkatkan konsentrasi. Konsentrasi tersebut akan berbanding lurus dengan kemampuan daya ingat. Sehingga jika konsentrasi Anda sudah meningkat makan dapat dipastikan daya ingat Anda pun akan ikut meningkat dan lebih baik setelah melakuan yoga.

  • Melancarkan Peredaran Darah 

Nah, yoga juga dikenal akan kemampuannya yang dapat melancarkan peredaran darah. Di mana gerakan-gerakan dari yoga juga diketahui dapat memperbaiki peredaran darah yang bermasalah dan membantunya agar menjadi lancar. Hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk membantu Anda agar terhindar dari beberapa penyakut jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Yuk, langsung aja klik di sini!!!

Ok sobat, gimana??? Banyak bukan manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan yoga. Nah, cukup sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian, dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar