Jumat, 25 Januari 2019

Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan - Siapa yang tak mengenal salah satu jenis rempah Asia ini. Yup, dia si kapulaga, jenis rempah yang banyak digunakan sebagai penambah cita rasa. Namun tahukah kalian di samping bermanfaat untuk penyedap rasa, ternyata kapulaga dapat memberian manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja itu??? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya!!!

Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

Nih, guys sebuah fakta mengenai kapulaga. Ternyata kapulaga merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki harga jual yang tinggi dan termahal ketiga setelah saffron dan vanilli. Yup, kapulaga dikenal sebagai jenis rempah yang biasa digunakan sebagai penambah cita rasa dan aroma pada sejumlah hindangan. Jenis rempah ini diketahui sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat Asia terutama wilayah India dan sekitarnya. Namun, disamping bermanfaat baik untuk setiap hidangan ternyata kapulaga juga telah lama dikenal sebagai jenis rempah yang kaya akan kandungan berkhasiat bagi tubuh. Di mana ada banyak manfaat yang sangat luar biasa dari kapulaga ini.

Manfaat kapulaga sendiri diketahui telah lama dikenal di berbagai negara India dan Arab. Dari sejumlah sumber menyatakan bahwa kapulaga dikenal sangat efektif dalam membantu menurunkan kolesterol dan mencegah kanker.

Kandungan Kapulaga Yang Dikenal Baik Untuk Kesehatan

Ada begitu banyak senyawa yang terkandung dalam kapulaga yang sangat baik bagi kesehatan. Nah, sejumlah kandungan tersebut yang menjadikan kapulaga dikenal sebagai rempah yang berkhasiat obat. Berikut ini merupakan beberapa senyawa baik yang terkandung dalam kapulaga di antaranya yaitu :
  • Protein.
  • Sineol.
  • Borneol.
  • Silikat.
  • Terpineol.
  • Sebinena.
  • Mirtenal.
  • Betakamer.
  • Mirkena.
  • Karvona.
  • Kersih.
  • Kalori.
  • Serat.
  • Karbohidrat.
  • Minyak astsiri.
  • Kalium.
  • Kalsium.
  • Natrium.
  • Zat besi.
  • Vitamin A, B dan C.
  • Magnesium.
Di samping itu, kapulaga juga dikenal sebagai rempah herbal dengan kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan. Tidak hanya itu, senyawa yang terkandung dalam kapulaga juga berperan sebagai terapeutik yang berguna sebagai obat antiseptik, antispasmodik, karminatif, menjaga pencernaan, diuretik, ekspektoran, stimulan, obat perut dan tonik.

Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

Nah, dengan banyaknya kandungan senyawa yang terkandung dalam kapulaga, maka tidak heran juga jika kapulaga lebih dikenal sebagai rempah herbal yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Dan berikut inilah beberapa manfaat baik dari kapulaga :

  • Baik Untuk Membantu Mengontrol Kolesterol

Dari hasil penelitian menemukan bahwa kapulaga mengandung mikronutrien yang dapat membantu mengatasi lonjakan lipid dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Toxicology Divisi Famakologi dan di Hindustan India oleh Dhuley dengan percobaan enzim antioksidan hati dan jantung dari kapulaga pada tikus yang diberi makan diet tinggi lemak menunjukkan bahwa enzim antioksidan memiliki pengaruh pada tingkat kolesterol dengan membantu mengendalikan secara signifikan.

  • Mencegah Kanker

Kapulaga juga dikenal dengan kandungan IC3 (indole-3-carbinol) dan DIM (diindolylmethane) nya. Di mana kedua kandungan kapulaga ini merupakan phytichemical yang dapat membantu mencegah kanker yang berhubungan dengan respon horon sepeti kanker payudara, kanker ovairum, dan kanker prostat. Kapulaga juga bersifat sebagai antikarsinogenik yang bertugas untuk menghambat perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Kapulaga juga mengandung antioksidan yang dapat memberikan perlindunga pada tubuh dari efek radikal bebas yang bisa memicu munculnya sel kanker dalam tubuh.

Baca juga : Obat Kanker Herbal

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kapulaga juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Di mana telah kita ketahui bahwa kapulaga memiliki kemampuan yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Yang mana hal ini akan sangat baik untuk kesehatan jantung. Di samping itu, kapulaga juga mengandug magnesium yang dapat bekerja untuk membantu mengontrol tekanan darah dengan baik. Nah, dengan kemampuannya tersebut, maka tidak heran jika kapulaga dikenal sebagai rempah herbal yang baik untuk kesehatan jantung.

  • Detoksifikasi Racun Yang Baik

Yup, kapulaga juga dikenal memiliki kemampuan detoksifikasi yang baik dalam mengeluarkan limbah racun dalam tubuh melalui ginjal. Nah, manfaat kapulaga yang satu ini terdapat pada kandungan minyak esensial dan biokimia yang dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Racun yang kian menumpuk dalam tubuh akibat dampak radikal bebas dapat menyebabkan beberapa penyakit, termasuk kanker dan penuaan dini. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan nutrisi dalam kapulaga sangat efektif untuk melawan sel-sel kanker.

  • Anti-depresan Yang Baik

Kandungan minyak esensial dalam kapulaga juga dikenal memiliki kemampuan yang baik sebagai anti-depresan. Di mana aroma dari kapulaga dapat berperan sebagai aromaterapi yang dapat mengurangi ketegangan saraf dan memberikan efek menenangkan pada penderita depresi. Dengan menyeduh satu gelas kapulaga saat depresi diduga akan mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Di samping itu, kapulaga juga sering menjadi alternatif yang baik sebagai obat untuk gangguan perut dan baik untuk penderita paru-paru.

Baca juga : Obat Depresi Herbal

  • Baik Untuk Ginjal

Dari hasil sejumlah penelitian membuktikan bahwa kapulaga juga bisa menjadi obat diuretik yang dapat membantu melancarkan pengeluaran urin. Kemampuan yang dimilikinya ini juga akan berperan untuk melindungi ginjal dari beragam penyakit. Dengan kemampuan diuretiknya tersebut, kapulaga juga dapat bermanfaat untuk mencegah nefritis, sistitis, serta penyakit lain yang berhubungan dengan saluran urin.

  • Mencegah Osteoporosis

Kapulaga juga diketahui mengandung dua zat penting yang baik untuk kesehatan tulang. Kedua zat tersebut adalah vitamin D dan C. Nah, kedua kandungan vitamin tersebut dikenal memberikan manfaat baik bagi kesehatan tulang dan bahkan mampu mencegah tulang dari osteoporosis.

  • Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin C dalam kapulaga yang dapat berperan sebagai antioksidan juga memiliki manfaat lain yang sangat baik untuk tubuh. Di mana kandungan vitamin tersebut juga berfungsu untuk merangsang sistem imun tubuh dan memperkuanya. Dengan kemampuan tersebut maka dengan begitu tubuh pun dapat lebih kuat untk melawan serangan bakteri dan patogen lainnya yang dapat memberikan penyakit pada tubuh.

  • Meningkatkan Peredaran Darah

Nah, sudah kita bahas sebelumnya bahwa kapulaga berperan baik untuk membantu mengontrol tekanan darah dan juga baik untuk mencegah pembekuan darah. Sehingga kemampuan dari kapulaga ini juga sangat baik untuk peredaran darah yang lancar. Hal ini juga dikaitkan lagi dengan kandugan serat dan kalium yang terkandung di dalamnya. Tekanan darah bisa menjadi normal jika kadar natrium dalam tubuh juga netral.

  • Mengobati Asma

Rempah herbal yang satu ini juga diketahui sangat baik untuk dijadikan sebagai obat asma dan masalah pernapasan lainnya. Dari hasil sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak mentah dari kapulaga cukup efektif untuk membantu membuka penyempitan saluran udara dalam tubuh serta efektif untuk menciptakan relaksasi pada jaringan trakea.

Baca juga : Obat Asma Herbal

  • Baik Untuk Penderita Maag

Yup, kapulaga juga dikenal sangat baik untuk penderita maag. Di mana maag sendiri banyak terjadi karena disebabkan oleh sejumlah faktor seperti faktor saraf, psikosomatis, kebiasaan makan atau sebagai akibat dari gaya hidup yang tidak teratur. Nah, peranan kapulaga dalam mengatasi maag ini akan bertugas untuk memberikan efek dingin pada perut yang akan bermanfaat untuk meredakan gastritis. Hal ini terkait peran kapulaga dalam membantu empedu.

Baca juga : Obat Maag Herbal

  • Mencegah Penuaan Dini

Nah, sifat antioksidan dari minyak esensial yang terkandung dalam kapulaga juga diketahui sangat baik untuk kesehatan kulit. Di mana efek antioksidannya tersebut diketahui dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Yup, minyak esensial dari kapulaga dapat menyamarkan hingga menghilangkan kerutan, garis-garis halus dan juga flek atau bintik-bintik hitam.

  • Menjaga Kecantikan Kulit dan Kesehatan Rambut

Kapulaga kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk perawatan kesehatan kulit dan rambut. Nah, kandungan seperti minyak atsiri, vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam kapulaga dikenal sangat baik dalam mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Nutrisi kapulaga tersebut juga diketahui mampu berperan untuk menghambat pembentukan keriput, dan juga baik untuk obat awet muda.

Kapulaga juga dikenal dengan vitamin C nya yang cukup tinggi. Nah, dengan kandungan tersebut kapulaga juga dapat membantu kulit bersinar dan kenyal. Bahkan kapulaga juga mampu mengatasi jerawat dan flek hitam. 

Selain itu, kapulaga juga diketahui memiliki efek antiinflamasi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bahkan kapulaga juga diketahui berkerja sebagai antibakteri yang dikenal efektif untuk membantu mempertahankan kesehatan kulit dari alergi. Kapulaga mampu memberikan nutrisi terbaik yang dibutuhkan kulit dan kelembaban kulit kepala. Menerapkan kapulaga pada rambut dapat membuat rambut menjadi kuat, bersih dari ketombe dan membuat rambut berkilau.

Ok sobat, itulah dia beberapa ulasan mengenai manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kapulaga. Sekian yang dapat disampaikan untuk ulasan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian dan terimakasih atas kunjungannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar