Jumat, 25 Januari 2019

Awas!!! Sering Mendengkur Dapat Mengundang Bahaya

Awas!!! Sering Mendengkur Dapat Mengundang Bahaya - Hmm, mungkin banyak di antara kita menganggap bahwa mendengkur adalah kondisi yang normal. Atau bahkan kita malah meremehkannya dan sering dijadikan sebagai bahan olokan. Namun ketahuilah guys, ternyata mendengkur dapat mengundang bahaya bagi kesehatan tubuh loh. Penasaran??? Yuk, kenali lebih jelasnya mengenai efek dari mendengkur yang bahaya bagi kesehatan!!!

Awas!!! Sering Mendengkur Dapat Mengundang Bahaya

Suara dengkuran sendiri dapat terjadi akibat udara yang melewati struktur saluran pernapasan terhambat saat tidur. Nah, pada saat kita tidur nyenyak, secara otomatis tubuh akan menarik dan menghembuskan nafas, otot saluran udara akan semakin menyempit, lidah akan bergerak ke belakang menuju saluan udara dan bergetar berlawanan dengan langit-langit mulut yang lunak dan anak lidah. Semikin kita tertidur nyenyak maka otot-otot akan semakin rileks dan pada kondisi tersebutlah tubuh kita akan berusaha lebih keras untuk menghirup udara, dan saat itu juga terjadilah kondisi yang sering kita sebut dengan ngorok atau mendengkur.

Penyebab Mendengkur

Namun, selain itu, juga diketahui ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mendengkur.

  • Posisi Tidur Yang Terlentang

Dari sejumlah sumber menyebutkan bahwa tidur terlentang dapat menyebabkan tenggorokan menyempit dan lidah menjadi turun ke bawah. Hal ini diketahui terjadi karena adanya gaya gravitasi bumi yang secara otomatis akan menimbulkan tarikan pada tubuh sehingga menimbulkan gaya berat yang menekan saluran udara dalam tenggorokan. Nah, kondisi inilah yang menyebabkan aliran udara menjadi terhambat yang terkadang dapat menyebabkan kita sulit untuk menarik dan menghembuskan napas.

  • Ada Gangguan Anatomi Mulut

Biasanya orang yang sering mendengkur juga sering dikaitkan dengan sejumlah kondisi yang mengganggu saluran pernapasan terutama pada bagian mulut. Sejumlah kondisi tersebut biasanya sering dikaitkan dengan kondisi langit-langit yang rendah, posisi rahang yang salah akibat otot yang tegang, dan tenggorokan yang menutup ketika tertidur. Bahkan kondisi ini juga diketahui dapat terjadi akibat gangguan amandel. Di mana ukuran amandel yang membesar dalam tenggorokan dapat membuat saluran udara semakin kecil dan mengakibatkan kondisi mendengkur.

Baca juga : Obat Amandel Herbal

  • Ada Gangguan Hidung

Kondisi seperti hidung tersumbat akibat flu, demam atau polip juga diketahui dapat memungkinkan seseorang mendengkur. Hal ini dikarenakan pada saat masalah hidung tersebut terjadi, orang tersebut harus menarik, dan membuang udara dengan kuat agar bisa bernapas. Nah, kondisi inilah yang sering membuat orang tersebut mendengkur.

  • Berat Badan Berlebih

Mungkin kalian juga sudah memahami kondisi ini. Yup, biasanya orang yang mendengkur seringkali dialami oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih. Nah, kondisi ini bisa terjadi karena jaringan berlemak dan massa otot yang dimilikinya menyebabkan bertambahnya beban tambahan di sekitar leher dan tenggorokan. Yang mana hal ini dapat menekan dan menghambat saluran udara di tenggorokan yang akhirnya menyebabkan orang tersebut mengeluarkan suara dengkuran.

  • Bertambahnya Usia

Bukan hanya berat badan yang dapat menyebabkan seseorang mendengkur. Seiring bertambahnya usia juga diketahui bisa menyebabkan seseorang mendengkur. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya usia, kondisi ini dapat membuat otot-otot dan jaringan saluran aliran udara bagian atas mengalami penurunan kelenturan. Dari yang diketahui sepertiga dari orang yang berusia 55 sampai 84 tahun mengalami kondisi ini.

  • Penggunaan Obat Penenang, Merokok, dan Kelelahan

Dari yang diketahui penggunaan obat penenang dapat menyebabkan otot-otot menjadi lemas atau mengendur karena obat-obatan tersebut biasanya menimbulkan tekanan pada saraf pusat. Nah, kondisi inilah yang akhirnya dapat menyebabkan orang yang mengkonsumsinya mendengkur saat tidur.

Bahaya Dari Mendengkur

Ok, kebanyakan orang mungkin menganggap tidur merupakan tanda seseorang sedang tertidur nyenyak. Nah, namun jangan salah loh guys, tenyata kondisi mendengkur ini bukanlah tanda bahwa tidur seseorang sedang nyenyak. Yang perlu sobat ketahui kondisi mendengkur ini diketahui dapat mengundang sejumlah gangguan kesehatan yang cukup serius bagi tubuh loh. Yup, hal ini dikarenakan dalam dunia kedokteran tenyata mendengkur merupakan kondisi gangguan tidur yang terjadi pada seseorang. Dalam istilah kedokteran kondisi mendengkur ini dikenal sebagai sleep apnea. Jika kondisi ini telah dialami dalam jangka waktu yang cukup lama, maka kondisi ini diketahui dapat menyebabkan berbagai penyakit serius loh. 

Nah, berikut ini beberapa penyakit yang bisa muncul karena mendengkur, di antaranya :

  • Hipertensi

Hipertensi sendiri dikenal sebagai suatu kondisi di mana terjadinya peningkatan tekanan darah pada seseorang yang melebihi batas normal. Nah, dari hasil penelitian, menemukkan bahwa kondisi sleep apnea atau mendengkur menjadi penyebab utama terjadinya tekanan darah tinggi pada seseoang. Bahkan semakin parah kondisi sleep apnea yang dialaminya maka semakin tinggi pula risiko tekanan darah yang dialaminya.

  • Stroke

Sleep apnea yang terjadi karena mendengkur juga diketahui dapat menyebabkan ternjadinya peningkatkan kekentalan darah pada penderita. Nah, kondisi inilah yang akan meningkatkan risiko seseorang yang sering mendengkur terkena stroke.

Baca juga : Obat Stroke Herbal

  • Penyakit Jantung

Kondisi sleep apnea yang tidak diatasi atau dirawat merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Hal ini dapat terjadi karena sleep apnea dapat menyebabkan risiko denyut jantung menjadi tidak beraturan, dan berisiko menimbulkan penyakit jantung koroner, serangan jantung dan penyakit jantung kongestif. Dari hasil sebuh penelitian menyebutkan bahwa jantung penderita sleep apnea menjadi membengkak dan di satu sisi dindingnya menjadi menebal serta menyebabkan berkurangnya kemampuan untuk memompa darah.

  • Kerusakan Pada Otak

Sleep apnea juga diketahui dapat menyebabkan terjadinya kerusakan permanen pada otak. Kerusakan yang terjadi mempengaruhi bagian otak untuk mengontrol ingatan, tekanan darah, dan emosi.

  • Depresi

Dari hasil riset menunjukkan bahwa depresi sering terjadi pada penderita sleep apnea. Bahkan sleep apnea ringan saja diketahui sudah dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena depresi. Peningkatkan risiko depresi juga akan meningkatkan seiring dengan meningkatnya derajat keparahan henti napas yang dialami.

Baca juga : Obat Depresi Herbal

  • Diabetes

Sleep apnea juga diketahui dapat mengganggu metabolisme tubuh. Bahkan gangguan metabolisme yang terjadi juga dapat menyebabkan tubuh tidak mampu mentoleransi glukosa dan juga resisten terhadap insulin. Sehingga hal ini dapat meningkatkan terjadinya peningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2 pada orang yang mengalami sleep apnea yang tidak melakukan perawatan.

  • Kematian

Bahkan dalam dua penelian di Jurnal Sleep tahun 2008 juga menunjukkan bahwa penderita sleep apnea mempunyai risiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak mendengkur. Risiko ini diketahui akan meningkat bersamaan dengan peningkatkan derajat keparahan henti napas. Apalagi jika sleep apnea dibiarkan saja.

Ok sobat, itulah bahaya mendengkur yang tidak dirawat yang dapat disampaikan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar