Jumat, 25 Januari 2019

Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan

Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan - Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal biji wijen sebagai penghias makanan. Yup, memang secara umum biji wijen ini hanya dikenal sebagai campuran atau toping dalam sejumlah makanan seperti kue, roti, salad, sushi, onde-onde dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda ternyata biji wijen tersebut mengandung sejumlah kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan??? Ok, untuk lebih jelasnya yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!!!

Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan

Yup, sesuai dengan namanya, biji wijen ini termasuk ke dalam jenis biji-bijian yang dapat dimakan oleh manusia dengan cara diolah terlebih dahulu. Biji wijen sendiri berasal dari tamanan wijen yakni Sesamum Indicum L. syn. Sesamum orientalis L. dan termasuk ke daam famili Pedaliaceae. Nah, di samping dapat dijadikan sebagai campuran makanan, ternyata biji wijen yang berasal dari Afrika ini sering dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati atau lebih sering dikenal sebagai minyak wijen. 

Kita pun pasti sudah tahukan bentuk dari biji wijen ini. Yup, biji wijen memiliki ukuran yang sangat kecil dan lebih kecil dari jenis biji-bijian lainnya. Walau demikian, tapi jangan salah loh guys, ternyata dibalik ukurannya yang mungil, biji wijen mengandung sejumlah asupan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Dengan sejumlah kandungan yang terkandung dalam biji wijen tersebut, maka biji wijen ini pun dikenal memiliki banyak manfaat yang sangat baik tubuh. 

Kandungan Biji Wijen

Sejumlah kandungan yang terkandung dalam biji wijen ini di antaranya yaitu :
  • Megnesium.
  • Protein.
  • Lemak nabati.
  • Vitamin E.
  • vitamin B6.
  • Asam folat.
  • Antioksidan.
  • Mangan.
  • Kalsium.
  • Tembaga.
  • Besi,
  • Tryptophan.
  • Thiamin.
  • Zinc.
  • Serat.
  • Fosfor.
Nah, kandungan yang terkandung dalam biji wijen ini diketahui sangat tinggi, sehingga hal ini membuatnya dikenal sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Biji Wijen Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari biji wijen.

  • Melindungi Tubuh Dari Radiasi


Salah satu manfaat yang dikenal baik dari biji wijen ini adalah kemampuannya yang sangat baik dalam melindungi tubuh dari paparan radiasi yang berbahaya. Yup, hal ini dikarenakan biji wijen ini memiliki komponen sesamol yang dapat melindungi DNA dari bahaya radiasi yang ada di sekitar tubuh kita. Kandunga yang paling efektif dari biji wijen dalam melindungi tubuh dari paparan radiasi adalah kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Kalian mungkin sudah mengenal manfaat dari antioksidan. Yup, antioksidan dikenal sebagai komponen yang dihasilkan dari sejumlah senyawa berkhasiat yang berfungsi untuk menangkal sejumlah radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh termasuk radiasi. Nah, dengan kemampuannya tersebut maka tubuh dapat terhindar dari serangan penyakit kanker yang disebabkan akibat mutasi sel tubuh.

Baca juga : Obat Kanker Herbal

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Biji wijen telah dikenal sebagai jenis biji-bijian yang mengandung minyak alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Di mana ternyata minyak alami tersebut memiliki manfaat baik yang berkhasiat untuk membantu mengurangi ketegangan pada otot pada sistem kardiovaskular. Selain itu, biji wijen juga mengandung magnesium yang sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.


  • Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh


Biji wijen juga dikenak akan kandungan proteinnya yang tinggi. Kandungan proteinnya yang tinggi tersebut akan diserap oleh tubuh dan kemudian didistribusikan ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan kandungan protein. Di mana protein tersebut nantinya akan berperan untuk meningkatkan energi, pertumbuhan sel tubuh yang sehat, sehingga dengan begitu dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.


  • Melancarkan Sistem Pencernaan


Walau memiliki bentuk yang mungin, namun biji wijen ini ternyata kaya akan serat loh. Jadi dengan kata lain, mengkonsumsi biji wijen ini akan sangat baik untuk pencernaan Anda. Hal ini dikarenakan serat yang ada pada biji wijen mampu membantu meningkatkan gerakan peristaltik pada usus. Sehingga hal ini dapat melancarkan proses pencernaan makanan Anda. Nah, dengan begitu sejumlah masalah pencernaan seperti diare, atau konstipasi dapat dicegah dengan menyatap biji wijen secara rutin. 

  • Merawat dan Meningkatkan Kesehatan Tulang


Biji wijen juga dikenal kaya akan kalsium, yang mana hal ini akan sangat baik untuk kesehatan tulang. Dari hasil studi menyebutkan bahwa, beberapa biji wijen memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan setegak gelas susu. Selian itu, kandungan zinc dalam wijen pun mampu meningkatkan kepadatan tulang.


  • Mencegah Diabetes


Magnesium yang terkandung dalam biji wijen juga diketahui sangat efektif untuk membantu mencegah diabetes. Nah, disamping itu, kandungan magnesium dalam biji wijen juga diketahui sangat baik untuk membantu mengurangi gejala dari diabetes yang sering dialami oleh penderita diabetes.


  • Sebagai Anti-inflamasi Yang Baik


Manfaat lain dari biji wijen yaitu membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada sendi, tulang dan otot. Bahkan biji wijen juga diketahui mampu mebantu memperkuat dinding pembuluh darah. Yuh, hal ini dikarenakan biji wijen mengandung tembaga yang tinggi. Tembaga sendiri merupakan jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk penyerapan zat besi yang mana merupakan komponen penting kunci dari hemoglobin sehingga dapat memaksimalkan sirkulasi dan memastikan bahwa sistem organ dari seluruh tubuh menerima cukup oksigen.


  • Baik Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut


Biji wijen juga mengandung seng dan zinc yang sangat tinggi. Di mana zat tersebut dapat membantu pembentukan kolagen yang berfungsi memperkuat jaringan otot, rambut dan kulit. Minyak wijen telah terbukti dapat mengurangi munculnya luka bakar dan masalah lainnya di kulit juga mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti garis atau flek hitam di wajah.

Ok sobat, sekian yang dapat saya sampaikan mengenai manfaat biji wijen bagi kesehatan. Semoga apa yang tepat disampaikan dapat bermanfaat bagi kesehatan dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar