Jumat, 25 Januari 2019

Khasiat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Khasiat Ubi Jalar Bagi Kesehatan - Ubi jalar sendiri dikenal sebagai salah satu jenis ubi-ubian yang cukup umum ditemukan di Indonesia. Bahkan salah satu bahan pangan ini juga sudah banyak menjadi olahan makanan yang banyak diminati karena rasanya yang khas. Namun tanpa kita sadari pangan sederhana ini juga ternyata mengandung sejumlah kandungan kompleks yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Ada banyak khasiat dari ubi jalar ini yang bisa kita peroleh untuk kesehatan tubuh. Penasaran khasiat apa saja yang bisa kita dapatkan dari ubi jalar ini??? Ok, yuk langsung aja disimak informasi lengkapnya!!!

Khasiat Ubi Jalar Bagi Kesehatan
Ubi jalar sendiri dikenal sebagai salah satu tanaman merambat yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian. Tanaman yang satu ini juga diketahui sebagai tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Nah, selain itu dari yang diketahui ternyata di sebagian daerah terntentu, ubi jalar sudah dikatakan sebagai komoditi untuk bahan makanan pokok. Bukan hanya itu, ubi jalar juga diketahui memiliki kandungan yang lebih baik dan lebih bermanfaat dibandingkan dengan nasi. Loh kok bisa???

Yup, dari hasil penelitian mengenai ubi jalar diketahui bahwa ubi jalar memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah dan baik untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dan khasiat yang dimiliki ubi jalar ini.

Ubi jalar sendiri diketahui memiliki berbagai jenis varian yang diantaranya yaitu ubi jalar ungu, ubi jalar jingga, ubi jalar putih. Nah, dari yang diketahui ubi jalar berwarna ungu diketahui sebagai jenis ubi yang memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ubi jalar lainnya. Sementara itu, ubi jalar kuning atau jingga diketahui kaya akan kandungan betakaroten yang baik untuk kesehatan tubuh. Di samping itu ada ubi jalar putih yang dikenal sebagai sumber energi yang kaya akan karbohidrat kompleknya.

Kandungan Ubi Jalar Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Walaupun dikatakan demikian nyatanya semua jenis ubi jalar yang ada sama-sama memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan semua jenis ubi jalar memiliki kandungan yang seimbang dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan yang diketahui terdapat di dalam ubi jalar di antaranya :

Menurut rincian gizi dari hasil database gizi nasional USDA satu buah ubi jalar berukuran sedang menyediakan :
  • 162 kkl/kalori, 
  • 0 gram lemak, 
  • 37 gram karbohidrat (termasuk 6 gram serat dan 12 gram gula)
  • 3.6 gram protein. 

Selain kandungan tersebut, ubi jalar juga diketahui dapat memberikan lebih dari 100% kebutuhan harian untuk vitamin A, serta 37% vitamin C, 15% vitamin B6, 10% asam pantotenat, 15% kalium, dan 28% mangan. Bukan hanya itu, dengan mengkonsumsi ubi jalar berukuran sedang, sobat juga bisa mendapatkan sejumlah zat bergizi lainnya. Yang di antaranya yaitu kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, vitamin E thiamin, riboflavin, dan asam folat.

Di samping itu, ubi jalar juga dikenal sebagai sumber beta-karoten dan antioksidan yang kuat yang biasa kita temukan dari sayuran dan buah-buahan yang memiliki warna cerah. Yang mana kandungan betakarotennya ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Nah, dengan dimilikinya berbagai jenis kandungan tersebut menjadikan ubi jalar dikenal sebagai makanan yang berkhasiat sebagai :
  • Sumber Energi

Yup, manfaat dari ubi jalar ini sangatlah tepat. Hal ini dikarenakan dari yang telah kita ketahui ubi jalar ini kaya akan karbohidrat kompleksnya yang mana hal ini menjadi salah satu sumber energi tambahan bagi tubuh. Di samping itu, zat besi yang terkandung di dalam ubi jalar juga diketahui memiliki peranan penting untuk membantu melancarkan aliran oksigen ke dalam tubuh. Yang mana hal ini sangat baik untuk menjaga metabolisme agar tetap lancar dalam menghasilkan zat yang berguna untuk tubuh salah satunya untuk membantu mendapatkan asupan energi yang cukup dan baik untuk tubuh. 

Baca juga : Obat Penambah Stamina
  • Memelihara Kesehatan Mata

Selain dikenal akan karbohidrat kompleksnya, ubi jalar juga dikenal sebagau sumber vitamin A yang sangat baik untuk melindungi mata dari serangan penyakit dan membantu mengatasi sejumlah penyakit yang bersarang di mata. Kandungan vitamin yang dimiliki ubi jalar ini didapat dari kandungan betakarotennya yang sangat tinggi. Di mana dari yang diketahui kandungan betakaroten pada setiap buah ataupun tanaman akan diubah menjadi vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.
Nah, untuk mendapatkan kandungan betakaroten yang tinggi, sobat bisa menglonsumsi ubi jalar berwarna jingga. Yang mana dari yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ubi jalar jingga ini dikenal akan kandungan betakarotennya yang sangat tinggi. Jadi bagi Anda yang ingin merawat kesehatan mata atau ingin mengatasi masalah kesehatan mata, ubi jalar berwarna jingga ini bisa menjadi alternatif terbaiknya. 

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Di samping baik untuk kesehatan mata, ubi jalar juga diketahui sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Yang mana hal ini sangat baik bagi mereka yang memiliki masalah pada sistem imun tubuhnya. Kandungan vitamin C yang dimiliki ubi jalar diketahui dapat membantu memenuhi asupan vitamin C harian tubuh. Di mana jika kandungan vitamin C dalam tubuh terpenuhi maka, hal ini dapat membantu tubuh untuk merangsang pembentukan sistem imun tubuh yang baik bagi tubuh. Dengan begitu, bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem imun tubuh Anda atau ingin meningkatkan sistem imun tubuh yang lemah. Mengkonsumsi ubi jalar bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda. Di samping dapat meningkatkan sistem imun tubuh, kandungan lain dari ubi jalar pun akan dapat membantu memperbaiki masalah kesehatan lainnya dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.
  • Mencegah Diabates

Walaupun ubi jalar ini diketahui memiliki rasa yang manis, namun rasa manis yang dimilikinya ini tidak akan membuat indeks glikemik sobat berada pada tingakatan yang tinggi. Hal ini dikarenakan karbohidrat kompleks yang dimiliki ubi jalar diketahui berbeda dengan karbohidrat yang dimiliki nasi putih. Karbohidrat yang dimiliki ubi jalar diketahui tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat.

Nah, hal ini membuat para penderita diabetes masih bisa mendapatkan karbohidrat kompleks dari ubi jalar.

  • Menurunkan Hipertensi

Hipertensi merupakan suatu kondisi yang menjadi salah satu penyebab sakit kepala atau pusing berkepanjangan. Bahkan jika hipertensi mulai menyerang terkadangan mereka yang mengalaminya akan cenderung lebih sensitif dan mudah marah. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, dari yang diketahui hipertensi bisa berujung pada penyakit stroke dan jantung yang dikenal sebagai salah satu penyakit mematikan.

Nah, untuk membantu mengatasinya ubi jalar dapat menjadi solusinya. Hal ini dikarenaka ubi jalar ini memiliki kandungan kalium yang cukup baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dengan mengkonsumsi ubi jalar secara rutin diketahui dapat membantu mengontrol tekanan darah sobat agar tidak mudah naik. Sehingga dengan begitu risiko penyakit stroke pun dapat dicegah.

  • Mengatur Kadar Kolesterol Dalam Darah

Ubi jalar juga diketahui dapat membantu melancarkan pencernaan, yang mana hal ini juga sangat baik untuk mengatur berbagai jenis asupan dan metabolisme tubuh. Di maan serat yang terkandung di dalam ubi jalar juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Nah, dari yang diketahui saat sobat mengkonsumsi ubi jalar maka, sert-serat yang terkandung di dalam ubi jalar akan mulai membantu penyerapan lemak jahat yang berlebih di dalam tubuh sehingga dengan begitu jumlahnya akan terkendali.

  • Mencegah Penuaan Dini

Selain kandungan seratnya yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh. Ubi jalar juga diketahui memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Di samping sangat baik untuk membantu meningkatkan kinerja ogran tubuh, vitamin E juga dikenal sebagai nutrisi yang sangat ampuh untuk membantu memperlambat penuaan dini yang terjadi akibat proses oksidasi.

Dengan mengkonsumsi ubi jalar secara rutin diketahui dapat membantu mencegah munculnya kriput dan bahkan garis halus. Sehingga dengan begitu sobat akan terlihat awet muda.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan dan Baik untuk Program Diet

Nah, kabar baik untuk sobat yang ingin menurunkan berat badan secara alami atau bagi sobat yang sedang mencari makanan yang baik untuk program diet yang sedang sobat jalani. Yup, ubi jalar juga menawarkan khasiat yang baik untuk sobat yang sedang ingin menurunkan berat badan secara alami tanpa menimbulkan efek samping. Di mana telah dijelaskan sebelumnya bahwa ubi jalar ini kaya akan serat yang tinggi dan bahkan rendah kalori. Yang mana hal ini sangat baik untuk membantu sobat dalam menurunkan berat badan berlebih.

Serat sendiri diketahui sebagai sumber asupan yang sangat baik untuk program diet. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, maka sobat akan mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Sehingga hal ini dapat membantu sobat untuk menekan rasa lapar dan mencegah kebiasaan mengemil yang sering muncul.

Walaupun dikenal sebagai makanan yang kaya serat dan karbohidrat kompleksnya, namun ubi jalar ini mengandung kalori yang rendah yakni hanya sekitar 300-4000 kkl. Di samping itu ubi jalar juga diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang kadar airnya cukup tinggi dibandingkan jenis karbohidrat lainnya. Sehingga dengan jenis karbohidrat ini akan dapat membuat sobat agar cepat merasa kenyang dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Denagn begitu diet yang dijalani pun akan terasa lebih mudah dan berhasil serta membuat berat badan cepat turun.
  • Mengatasi Stres

Ubi jalar diketahui sebagai salah satu makanan yang dapat membantu tubuh untuk tetap bersemangat dalam menjalani aktibitas tanpa stres. Hal ini dikarenakan ubi jalar juga dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan vitamin B5 dan asam pantotenat yang baik untuk tubuh.

Di mana kedua kandungan tersebut merupakan senyawa yang berfungsi untuk melancarkan kinerja sel-sel tubuh. Dari yang diketahui jika tubuh kekurangan asupan nutrisi tersebut, maka tubuh akan mudah lalh dan bahkan mudah marah. Hal ini dapat terjadi akibat kelenjar adrenalin yang mengatasi stress tidak berfungsi dengan baik. Sehingga hal ini sering menyebabkan seseorang yang kekurangan vitamin B5 dan asam pantotenat akan mudah marah dan stres.

Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut, sobat bisa mencoba untuk mengkonsumsi ubi jalar sebagai solusinya. Kandungan vitamin B5 dan asam pantotenat yang dimilikinya ini akan dapat membantu mencukupi kebutuhan kedua nutrisi tersebut.
  • Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Kanker sendiri dikenal sebagai salah satu penyakit yang sangat mematikan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker yang telah masuk ke dalam tubuh sangatlah cepat. Yang mana hal ini sering menjadi alasan mengapa obat-obatan sering sekali kesulitan untuk membasmi sel kanker tersebut.

Penyakit kanker sendiri terjadi karena disebabkan oleh radikal bebas yang berasal dari makanan, lingkungan, atau gaya hidup yang kurang sehat.

Nah, untuk mencegah penyakit kanker muncul, sobat disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kandungan antioksidan yang tinggi, salah satunya ubi jalar utamanya adalah ubi jalar ungu.

Antioksidan sendiri dikenal sebagai suatu zat yang dihasilkan dari sejumlah senyawa bermanfaat yang bisa kita dapatkan dari buah, sayuran dan makanan sehat lainnya. Nah, pasalnya antioksidan diketahii sebagai senyawa yang sangat efekfti untuk membantu menangkal berbagai jenis radikal bebas yang dapat memicu munculnya sejumlah penyakit, termasuk penyakit kanker. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi termasuk ubi jalar secara teratur, maka kandungan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi. Dengan begitu maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit dan terbebas dari ancaman penyakit-penyakit yang mematikan.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Khasiat lain yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi ubi jalar yaitu dapat menjaga kesehatan tulang kita. Ubi jalar juga dikenal memiliki mineral yang sangat baik untuk tubuh salah satunya adalah zat mangan, kalium dan kalsium. Di mana semua mineral tersebut dikenal sebagai zat yang berperan penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat.

Nah, karena kandungan mineral yang dimiliki ubi jalar ini diketahui sangat banyak, maka dengan mengkonsumsi ubi jalar secara rutin juga diketahui mampu membantu mencegah sobat dari osteoporosis atau pengeroposan tulang dan menyehatkan tulang sobat.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Telah kita ketahui sebelumnya pada ulasan khasiat ubi jalar di atas, bahwa ubi jalar ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Nah, bahkan dari yang diketahui kandungan serat yang dimiliki ubi jalar lebih tinggi dibandingkan denga kentang, loh. Yang mana hal ini membuat ubi jalar dikenal sebagai makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Dengan tingginya kandungan serat yang dimilikinya membuat makanan ini lebih mudah dicerna di dalam usus, sehingga frekuensi buang air besar jadi lebih lancar.

Di samping itu, ubi jalar juga diketahui memiliki kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, kalsium dan betakaroten. Yang mana semua kandungannya ini diketahui dapat membantu meringankan radang perut. Nah, jika sobat memiliki masalah pada lambung seperti maag atau tukak lambung, ubi jalar bisa menjadi makanan yang tepat untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan sejumlah senyawa yang dimiliki ubi jalar ini berperan sebagai anti inflamasi dan zat penenang alami yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit akibat peradangan atau asam lambung tinggi.

Baca juga : Obat Maag Herbal

Ok sobat, itulah dia beberapa khasiat dari ubi jalar yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Yuk, langsung aja klik di sini!!! :)

Nah, guys sekian yang dapat disampaikan untuk ulasan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua dan terimakasih banyak atas kunjungannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar