Kamis, 17 Januari 2019

Manfaat Air Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Muda - Siapa sih yang gak kenal dengan buah kelapa??? Kalau gak tahu, kebangetan deh. Hampir semua orang pasti mengenalnyakan. Yup, daging buah dari kelapa yang sudah tua biasanya sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan santan dan minyak kelapa. Dan kebanyakan orang sering memanfaatkan buah kelapa hijau sebagai minuman pelega dahaga. Nah, namun tanpa kalian sadari ternyata meminum air kelapa muda diketahui dapat memberikan kita banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Manfaat Air Kelapa Muda

Yup, pohon kelapa seringkali dijuluki sebagai tree of life atau pohon kehidupan. Hal ini dikarenakan hampir semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia, mulai dari akar, batang, daun, buah, serabut dan batoknya bisa dimanfaatkan loh. Wow.. hebat juga ya si pohon kelapa ini. 

Nah, untuk buah kelapanya sendiri, baik tua maupun muda juga diketahui dapat bermanfaat. Banyak orang memanfaatkan buah kelapa tua sebagai bahan untuk membuat minyak kelapa dan santan. Dan untuk buah buah mudanya banyak orang memanfaatkannya untuk diambil daging buah dan airnya. Air kelapa muda diketahui menjadi salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang. Selain dapat memberikan kesegaran dalam melepas dahaga, senyawa dan nutrisi yang terkandung dalam air kelapa juga diketahui dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. 

Ada sejumlah senyawa dan nutrisi yang menjadikan air buah kelapa muda sebagai minuman berkahsiat bagi tubuh. Beberapa kandungan yang terkandung dalam air buah kepala muda di antaranya yaitu, vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat.

Manfaat Air Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan sejumlah kandungan tersebut ada banyak manfaat air buah kelapa muda yang baik bagi kesehatan yang telah terbukti efektif dan bermanfaat. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari air buah kelapa muda yang telah banyak dibuktikan oleh sejumlah orang yang pernah merasakan khasiatnya :

  • Menetralisir Racun Di Tubuh

Manfaat air kelapa muda yang satu ini sebenarnya telah diketahui sejak lama oleh beberapa orang terdahulu. Mereka sering menjadikan buah ini sebagai bahan untuk menghilangkan racun dalam tubuh secara alami. Hal ini dikarenakan air dalam buah kelapa muda mengandung tanin dan antidotum (anti racun) yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk mengeluarkan dan menetralkan racun yang ada di dalam tubuh. Bahkan air buah kelapa muda juga diketahui memiliki enzim yang dapat menguraikan sifat racun dalam tubuh.

  • Menghilangkan Dehidrasi

Nah, untuk manfaat air kelapa muda yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Saking populernya manfaat air kelapa muda ini banyak perusahaan minuman yang memanfaatkan air dari buah kelapa muda ini sebagai bahan produksi minuman kemasan. Kalian bisa lihat sendiri, dengan banyaknya minuman kemasan yang mengunggulkan air buah kelapa muda. Manfaat air kelapa muda ini ada pada kandungan elektrolitnya. Yup, air buah kelapa muda dikenal akan kandungan elektrolitnya yang sangat tinggi. Kandungan elektrolit tersebutlah yang akan bertugas untuk mengganti cairan yang hilang dalam tubuh saat beraktivitas. Sedangkan sejumlah kandungan lainnya seperti potasium akan berfungsi untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Serta air kelapa muda juga dikenal sangat mudah diserap oleh tubuh, sehingga tidak heran jika air kelapa muda ini dikenal sebagai penghilang dehidrasi yang efektif.

  • Menurunkan Berat Badan

Mungkin kalian juga tahu, bahwa air dari buah kelapa muda mengandung lemak, kadar gula dan kalori yang sangat rendah. Sehingga akan sangat baik bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan dengan aman tanpa efek samping.

  • Obat Demam

Sejumlah kandungan yang tekandung dalam air buah kelapa muda dipercaya dapat membantu menurunkan panas atau demam. Dan bahkan sebagian orang menduga bahwa air kelapa muda ini sangat baik untuk penderita tipus dan DBD. Air dari buah kelapa muda ini diketahui bisa menjadi pertolongan pertama denga cara mencampurkan segelas air kelapa muda dengan satu sendok makan madu ke dalam air hangat lalu diminumkan kepada penderita demam.

  • Baik Untuk Ibu Hamil

Yup, kandungan yang terkandung dalam buah kelapa diyakini mampu menjaga kesehatan janin bahkan hingga membuat kulit bayi putih dan halus. Di samping itu, air buah kelapa muda juga diketahui memiliki efek antibakteri yang dapat membuat si ibu tehindar dari berbagai serangan penyakit.

  • Mengontrol Tekanan Darah, Gula Darah dan Kolesterol

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko tejadinya serangan jantung dan stroke. Kandungan kalium yang tinggi dan natriumnya yang rendah dalam air buah kelapa dikenal baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, sejumlah kandungan lainnya dapat membantu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan mengurangi pembentukan plak gigi serta mengatur penyerapan gula dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Baik Untuk Sistem Pencernaan

Air dari buah kelapa muda diyakini bisa menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, infeksi kandung kemih, gangguan ginjal dan cacingan. 

Air kelapa muda sendiri telah banyak digunakan untuk mengganti cairan yang hilang ketika diare melanda. Hal ini karena air kelapa muda memiliki kandungan elektrolit yang berguna untuk mengganti cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Osmolaritas air kelapa diketahui lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk mengobati diare. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa muda mempunyai osmolaritas tinggi. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino, yang mana merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Kandungan enzim yang terkandung dalam air kelapa muda juga diketahui dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Air kelapa muda diketahui banyak mengandung enzim bioaktif alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Yang mana hal ini akan sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

  • Memperlambat Penuaan

Dengan meminum air kelapa muda secara rutin dan teratur diketahui dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Air kelapa muda sendiri diketahui mengandung sitokin, jenis hormon pertumbuhan yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan dan penuaan sel. Kandungan sitokin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik dan anti-trombotik (anti pembengkuan darah). Sitokin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghindari jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Jika Anda ingin awet muda, minuman air kelapa mungkin menjadi salah satu caranya.

Ok, itulah dia informasi mengenai manfaat air kelapa muda yang telah banyak dibuktikan oleh sejumlah orang dan terbukti efektif. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Klik di sini!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar