Rabu, 23 Januari 2019

Kebiasaan Sepele Yang Mengundang Penyakit

Kebiasaan Sepele Yang Mengundang Penyakit - Hampir semua orang pasti memiliki kebiasaan yang sepele dan sering dilakukan. Namun tahukah Anda bahwa ada sejumlah kebiasaan sepele yang biasa dilakukan oleh hampir semua orang yang dapat mengundang sejumlah gangguan kesehatan pada tubuh???

Kebiasaan Sepele Yang Mengundang Penyakit

Yup, ada banyak kebiasaan yang dianggap sepele oleh sebagian di antara kita. Bahkan kebiasaan ini merupakan hal yang paling umum dan hampir semua orang melakukannya. Namun, tanpa kita sadari ada banyak hal yang biasa kita anggap sepele dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang sering dianggap sepele namun dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Di antaranya yaitu :

  • Menahan Buang Air Kecil

Buang air kecil sendiri merupakan kebiasan atau proses alami yang semua orang mengalaminya. Namun tahukah sobat bahwa menahan buang air kecil ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan organ ginjal dan organ tubuh lainnya???

Nah, dari yang diketahui kebiasan menahan buang air kecil ini dapat mengganggu organ ginjal, sistem kemih dan usus loh. Kebiasaan menahan buang air kecil ini dapat melukai otot-otot yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih dan menyebabkan terjadinya konstipasi. Bahkan dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius lagi sepeti batu ginjal atau gagal ginjal.

  • Menahan Bersin

Bersin sendiri merupakan hal yang wajar yang dilakukan tubuh tepatnya sistem pernapasan sebagai efek pertahanan diri terhadap bakteri, virus atau partikel berdebu. Nah, tanpa disadari tenyata menahan bersih juga dapat berdampak buruk loh bagi kesehatan.

Ketika kita menahan bersin, maka kotoran seperti partikel debu termasuk bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung tidak akan dikeluarkan dan akan menetap di dalamnya. Sehingga dapat menimbulkan sejumlah gangguan pada kesehatan pernapasan kita. Bahkan menahan bersih juga dapat menyebabkan seluruh kekuatan bersin dapat kembali dan melukai pendengaran, meningkatkan tekanan darah, bahkan merusak kerongkongan.

  • Menggunakan Tusuk Gigi

Tidak sedikit orang yang sering menggunakan tusuk gigi sebagai alat untuk mencongkel atau mengeluarkan makanan yang masuk ke sela-sela atau lubang pada gigi. Namun, tanpa kita sadari kebiasaan sepele ini diketahui dapat membahayakan gusi kita loh. Yup, tanpa kita sadari gesekan dari tusuk gigi dapat menyebabkan gusi mengalami cedera dan menimbulkan infeksi.

  • Membaca Sambil Berbaring

Membaca sambil berbaring merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan hampir oleh semua orang terutama anak-anak dan remaja. Namun yang perlu kalian sadari membaca sambil berbaring dapat mempengaruhi kesehatan mata kalian loh.

Yup, membaca sambil berbaring diketahui dapat menyebabkan mata, sumsum tulang belakang dan kulit leher menjadi bermasalah. Kabarnya jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka sejumlah gangguan pada mata, sumsum tulang dan leher dapat terjadi. Seperti mata menjadi rabun, posisi atau bentuk tulang berubah dan leher menjadi kaku. Untuk itu, jika Anda tidak ingin mengalami gangguan semacam itu, sebaiknya mulai saat ini hindarilah kebiasaan membaca buku sambil berbaring.

  • Mencukur Bulu Ketiak

Menurut pemaparan dari Anderson Cancer Center bahwa wanita yang mencukur bulu ketiaknya ternyata 10 kali lebih rentah terhadap kanker payudara dibandingkan wanita yang membiarkan bulu ketiaknya tumbuh apa adanya. Dr. Therese Bevers dari M.D Anderson juga mengungkapkan, bahwa dengan mencukur bulu ketiak, maka di ketiak akan muncul banyak luka tak kasat mata dan pori-pori di daerah ketiak akan membesar. Nah, kondisi inilah yang akan memungkinkan toxin dan zat kimia dari berbagai produk seperti deodorant, bedak atau krim akan dengan mudah masuk ke dalam kulit. Bahkan deodorant antiperspirant diketahui akan mempermudah toxin masuk ke dalam kulit. Hal ini dikarenakan antiperspirant sendiri diketahui dapat mencegah pengeluaran keringat yang bisa membantu melunturkan toxin yang masuk. Dari yang diketahui toxin yang masuk ke dalam kulit akan tertimbun di payudara dan mengakibatkan munculnya sel kanker. 

Bevers menjelaskan bahwa bulu ketiak sendiri berfungsi untuk melindungi ketiak dari zat racun yang hendak masuk dari luar tubuh. Hal ini dikarenakan di ketiak terdapat kelenjar limfa yang memudahkan transportasi racun terutama ke payudara dan bagian tubuh lainya.

Kesimpulan mengenai hubungan kanker dan mencukur bulu ketiak ini diperoleh dari hasil data riset terhadap wanita di Amerika Serikat dan Eropa selama 10 tahun terakhir. American Cancer Society memperkirakan bahwa pada tahun 2002 saja timbul 175.000 kasus baru kanker payudara ganas di Amerika Serikat dan akan terjadi 43.000 kematian karena kanker payudara. Nah, dengan kesimpulan tersebut Bevers pun menyarankan agar wanita tidak perlu mencukur bulu ketiaknya karena bahanya jauh lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya.

  • Minum Sambil Berdiri

Nah, tanpa kita sadari ternyata kebiasaan sepele ini ternyata dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan loh. Yup, hal ini dikarenakan ketika kita minum sambil berdiri, maka air yang masuk ke dalam tubuh tidak akan bisa memberikan kesegaran pada tubuh secara optimal, karena air yang masuk ke dalam tubuh akan cepat turun ke organ tubuh bagin bawah. Kondisi ini terjadi karena air yang dikonsumsi tidak tertampung di dalam lambung, yang mana hal ini menyebabkan air yang masuk ke dalam tubuh tidak akan terpompa ke seluruh bagian tubuh. Nah, jika kondisi tersebut terjadi maka tanpa panjang lebar tubuh akan mengalami dehidrasi. yang mana hal ini juga dapat menyebabkan sejumlah gejala-gejala yang serius dan memperburuk kesehatan tubuh. Bahkan jika tubuh mengalami kekurangan asupan cairan dengan selisih 20 persen maka kondisi ini dapat menyebabkan kematian. Sehingga tidak heran jika ada kasus orang meninggal karena dehidrasi.

  • Makan Sambil Berdiri

Tidak hanya minum sambil berdiri saja yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Ternyat makan sambil berdiri atau berjalan juga dapat berisiko menimbulkan penyakit loh. Yup, hal ini dikarenakan ketika kita makan sambil berdiri, maka kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinynay reflux lambung. Nah, dengan kata lain, asam lambung akan naik ke saluran esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi yang terkadang dapat ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di dada. Bila kebiasaan ini terus disepelekan dalam, maka dalam jangka waktu panjang iritasi sel-sel kerongkongan akan berakumulasi dan menyebabkan munculnya kanker esofagus.

  • Minum Es Setelah Makan

Mungkin minum es sehabis makan merupakan hal yang paling nikmat ya guys. Tapi jangan salah loh guys, ternyata kebiasaan seperti ini diketahui dapat mengundang penyakit pada tubuh loh. Yup, memang rasanya nikmat dan segar minum es setelah makan, namun hal ini diketahui dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh kita. Kondisi ini dikarenakan air es yang dikonsumsi setelah makan dapat membekukan makanan berminyak yang baru kita makan. Sehingga hal ini dapat menyebabkan proses pencernaan makanan tersebut menjadi lambat. Bahkan jika lemak-lemak tersebut terbentuk atau menumpuk di usus, maka hal ini dapat menyebabkan saluran pencernaan menjadi menyempit dan lama kelamaan dapat menyebabkan lemak berkumpul di dalam tubuh. Nah, kondisi ini diketahui dapat menyebabkan tubuh kita menjadi gemuk dan mengundang sejumlah penyakit pada tubuh.

  • Duduk Terlalu Lama

Nah, hati-hati bagi sobat yang sering duduk terlalu lama karena pekerjaan. Yup, duduk terlalu lama juga diketahui dapat mengundang penyakit loh guys terutama pada persendian. Hal ini dikarenakan duduk terlalu lama sering membuat kita kurang bergerak, sehingga sendi-sendi akan menjadi kaku dan bisa mengakibatkan terjadinya gangguan persendian. Konon terlalu sering duduk juga diketahui dapat menyebabkan penyakit wasir. Selain itu, duduk terlalu lama juga diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Hal ini dikarenakan dengan hanya duduk tidak akan membuat kita melakukan aktivitas atau gerakan yang dapat membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Begitu pula dengan kesehatan psikologis.

Nah, untuk membantu agar terhindar dari kondisi buruk tersebut ada baiknya lakukanlah aktivitas yang kuat selama 1 jam atau setidaknya cobalah untuk menggerakan badan beberapa menit setiap setengah jamnya. Dengan begitu, tubuh dan pikiran akan tetap baik.

  • Jarang Minum Air

Air sendiri merupakan asupan yang harus dipenuhi oleh tubuh. Karena jika tubuh kekurangan air, maka hal ini akan dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan  memicu munculnya berbagai penyakit pada tubuh bahkan juga dapat menyebabkan terjadinya kematian.

  • Tidur Dekat Ponsel

Nah, bahaya yang sering mengintai ini seringkali disepelekan dan tidak jarang orang sering melakukan kebiasaan ini. Yup, tidur dekat ponsel diketahui sebagai kebiasaan yang buruk. Di mana radiasi dari ponsel diketahui dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Dari yang diketahui radiasi dari ponsel dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenarasi sel yang nggak wajar dan ini bisa menyebabkan kanker. Waduh!!! Jadi mulai saat ini pertimbangkan lagi kebiasaan kalian yang sering tidur didampingi ponsel ya guys jika tidak ingin mengalami gangguan kesehatan tersebut.

  • Terlambat Makan

Bagi kalian yang berpikir bahwa menahan lapar dapat membuat berat badan menjadi turun, hal ini salah besar loh. Karena menunda makan, diketahui malah akan membuat nafsu makanmu menjadi meningkat di waktu setelahnya. Bahkan bisa jadi porsi kamu jadi lebih banyak dari biasanya.

Kebiasaan menunda makan juga diketahui dapat melambatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan merasa lemas. Selain itu, dengan menunda makan juga dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik. Buruknya lagi, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes loh.

Nah, untuk menghindari kebiasaan tersebut, sebaiknya Anda jangan pernah melawatkan waktu makanmu. Luangkanlah waktumu sejenak untuk makan supaya kamu dapat tetap fokus dan semangat beraktivitas.

  • Makan Di Saat Tidak Lapar

Jika kalian sering melakukan kebiasan di mana makan di saat tidak lapar, sebaiknya ubahlah kebiasaanmu tersebut. Walau hanya sekedar memakan camilan atau melampiaskan diri dari rasa stres. Makan yang terlalu sering mungkin akan menimbulkan kalori berlebih di dalam tubuh. Yang mana hal ini akan menyebabkan berat badanmu menjadi naik di atas normal dan akhirnya obesitas. Kalian gak mau kan mengalaminya, oleh karena itu lebih baik mulai saat ini perbaikilah kebiasaan mu tersebut. Karena obesitas sendiri dikenal sebagai kondisi yang dapat meningkatkan banyak risiko penyakit.

  • Terlalu Lama Membuka Media Sosial

Dari hasil penelitian telah banyak menemukan bahwa mereka yang selalu berkutat atau aktif dengan medis sosial banyak yang terisolasi. Nah, isolasi sosial tersebut diketahui dapat memperburuk kesehatan mental dan fisik. Kebanyakan orang yang berkutat pada media sosial sering menghabiskan sebagian besar waktunya dengan mengamati media sosial, tanpa melakukan aktivitas yang membuat tubuh bergerak. Bahkan penelitian juga menunjukkan bahwa telalu lama mengamati media sosial dapat menimbulkan rasa iri dan menurunkan mood sehingga meningkatkan risiko terjadinya depresi.

  • Menahan Marah

Mungkin banyak di antara kita berpikir bahwa menahan marah merupakan kebiasaan yang baik. Namun dalam dunia kesehatan melampiaskan marah sesekali sangatlah penting dan bermanfaat bagi kesehatan mental loh. Yup, ketika marah ada baiknya kita melampiaskannya namun pada hal yang dapat memberikan hal yang positif bagi kita. Karena dari yang diketahui, jika kita memendam rasa marah dapat mengakibatkan terjadinya stres dan jika meluapkannya secara memuncak dapat membahayakan kesehatan. Nah, dilansir dari situs WebMD, profesor Harvard Laura Kubzansky menyatakan bahwa mereka yang membangun emosi mereka dan mengalami ledakan kemarahan yang tiba-tiba jauh lebih rentan terhadap penyakit jantung. Selain itu, memendam rasa marah juga dapat menyebabkan munculnya kepribadian yang buruk dan mengganggu kesehatan mental.

  • Meremehkan Bahaya Polusi Udara

Sikap Anda yang tidak peduli akan bahaya polusi udara diketahui dapat mengundang sejumlah penyakit khususnya penyakit paru-paru dan jantung. Kebanyakan orang menganggap hal ini merupakan masalah yang sepele, sehingga seringkali orang tersebut meremehkan bahaya yang sedang mengancam kesehatannya. Salah satunya adalah berpergian keluar, apalagi dengan menggunakan kendaraan motor dan terkadang lupa menggunakan masker. Nah, udara yang dihirup saat itu, mengandung berbagai macam zat kimia dan zat yang tidak dikenal terutama di lingkungan kerja tertentu dan kota-kota besar. Yang mana hal ini akan mengundang berbagai penyakit khususnya penyakit paru-paru dan jantung yang telah disebutkan sebelumnya.

  • Menkritik Keras Diri Sendiri

Yup, sebagian di antara kita mungkin ada yang mengalami masalah mengenai kepribadian diri sendiri. Salah satunya adalah kebiasaan di mana ketika melakukan kesalahan atau kekurangan yang disengaja maupun tidak disengaja, biasanya terkadangan kita akan mengkritik diri kita bodoh dan sebagainya. Nah, kebiasaan ini memang tidak langsung merujuk pada kesehatan kita. Namun, menempatkan diri sendiri pada posisi yang buruk diketahui dapat merusak kesehatan mental kita loh./Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan bahwa kritik diri yang keras meningkatkan terjadinya gejala depresi.

  • Terlalu Banyak Menonton TV atau Main Laptop dan Ponsel

Dalam berbagai sumber menyebutkan bahwa kebiasaan menontong tv, memainkan laptop atau ponsel merupakan kebiasaan yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Walau dikenal sebagai kegiatan bersantai, nayatanya beberapa hal tersebut diketahui dapat menyimpan berbagai pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh. Para ahli kesehatan juga telah mengaitkan kelamaan menontong tv dan menggunakan gadget dengan peningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan emboli paru.

Selain itu, terlalu lama menonton tv dan menggunakan gadget yang tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik dapat menurunkan kemampuan kognitif otak. Hal ini terbukti seperti dilansir dari VeryWell.com bahwa sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di JAMA Psychiatry, mengadakan tes kognitif bahwa orang yang rata-rata menontong tv lebih dari 3 jam per hari selama 25 tahun tampil buruk dalam tes tersebut dibandingkan dengan roang yang tidak banyak menonton TV.

  • Begadang

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh sejumlah orang ini diketahui dapat memicu sejumlah penyakit pada tubuh loh. Yup, begadang dikenal sebagai kebiasaan yang dapat merusak kesehatan tubuh. Orang yang terjaga pada malam hari diketahui cenderung tidak melakukan aktivitas fisik esok harinya dan juga mengganggu waktu makan. Jika, Anda memiliki kebiasaan ini, ada baiknya mulai saat ini ubahlah kebiasaan Anda ini secara perlahan sampai tubuh Anda terbiasa dan Anda dapat berkativitas dengan normal.

Ok sobat itulah dia beberapa kebiasaan atau hal yang sering dianggap sepele namun berisiko merusak kesehatan tubuh. Untuk mencegah terjadinya serangan penyakit yang diakibatkan oleh sejumlah hal yang kebiasaan sepele tersebut, ada baiknya mulai ubahlah kebiasaan buruk Anda tersebut ke arah yang lebih baik. Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Ok guys, langsung aja klik di sini!!!

Nah guys, sekian yang dapat disampaikan untuk ulasan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekalian dan terimakasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar