Jumat, 18 Januari 2019

Cara Cepat Menghilangkan Sensasi Pedas Di Mulut

Cara Cepat Menghilangkan Sensasi Pedas Di Mulut - Makanan pedas memang selalu saja menggiurkan. Akan tetapi efek panas atau pedas yang diberikan terkadang membuat kita menangis atau bahkan jungkir balik karena saking pedasnya. :D 

Ok, untuk membantu kalian yang suka makanan pedas namun tak tahan dengan sensasi pedas yang ditimbulkannya. Pada ulasan kali ini saya akan memberikan beberapa cara menghilangkan rasa pedas di mulut saat makan makanan pedas.

Cara Cepat Menghilangkan Sensasi Pedas Di Mulut

Yup, tidak semua orang menyukai makanan pedas. Namun tak sedikit juga orang yang menyukai makanan pedas. Makan pedas sendiri dikenal sebagai salah satu makanan ekstrim bagi sebagian orang yang tidak menyukai makanan pedas, dan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi penikmat makanan pedas. Ya, terkadangan bagi sebagian orang Indonesia sering bilang kalau gak pedas rasanya gak nampol.

Nah, uniknya dari makanan pedas ini, jika seseorang yang mengkonsumsinya sudah merasa kepedasan, mereka biasanya akan langsung menggila atau berteriak kepedesan, atau bahkan menjadi tak karuan dan mencari air untuk menetralkannya. Tapi jangan salah nih guys, ternyata meminum air saja tidak cukup untuk menghilangkan sensasi pedas di mulut dengan cepat loh. Ok, untuk membantu Anda yang suka makanan pedas dan selalu ingin menghabiskannya tapi tak tahan dengan sensasi pedas di mulutnya. Nih, saya kasih cara efektif dan cepat untuk menghilangkan sensasi pedas yang terjadi :

  • Minum Susu

Yup, susu dikenal sebagai penetral pedas terbaik loh. Hal ini dikarenakan susu mengandung kasein yaitu senyawa yang berfungsi untuk menetralkan rasa pedas yang membakar mulut dan lidah. Daripada kalian minum air putih banyak-banyak yang malah bikin perut kembung, lebih baik kalian meminum satu gelas susu atau mengunyah makanan yang mengandung susu, dijamin sensasi pedas akan hilang dengan cepat.

  • Makan Roti atau Buskuit

Sejatinya, cabai yang membuat kita kepedasan ini akan menghasilkan minyak jika dikonsumsi di dalam mulut. Nah, roti sendiri dikenal kaya akan serat yang baik untuk tubuh, jadi dengan kata lain jika kita mengkonsumsi roti atau biskuit maka secara otomatis serat dari roti atau biskuit tersebut akan langsug menyerap minyak tersebut dan rasa pedas pun akan hilang.

  • Makan Nasi

Yup, nasi juga bisa menjadi penetral pedas terbaik loh. Sobat tahu sendiri kan nasi dan roti itu hampir sama. Ya, kedua makanan tersebut mengandung serat baik untuk tubuh. Maka jika tidak ada roti, Anda bisa mengkonsumsi nasi sebagai penetral pedasnya.

  • Mengkonsumsi Yogurt

Efek yogurt hampir sama dengan susu, yatu mampu meredakan pedas di mulut dengan cepat. Pada saat mengkonsumsi makanan pedas, suhu tubuh diketahui akan meningkat. Nah, dengan mengonsumsi yogurt sesaat setelah mengkonsumsi makanan pedas, senyawa yang terkandung dalam yogurt diketahui dapat menurunkan suhu tubuh yang meningkat akibat kepedasan. Di samping itu, yogurt juga dapat membantu tubuh untuk mencerna makanan pedas yang terkadang sulit untuk dicerna. Jadi, dengan kata lain yogurt ini bisa menjadi pendamping makanan pedas Anda.

  • Mengkonsumsi Sedikit Selain Kacang

Dari yang diketahui selai kacang atau kacang-kacangan seperti kacang tanah memiliki kandungan lemah yang berfungsi untuk melunturkan rasa pedas. Dengan sedikit mengkonsumsinya saja diketahui sudah dapat menentralkan rasa pedas yang menggigit di mulut.

  • Makan Pisang atau Minum Jus Buah

Pisang atau jenis buah-buahan yang kaya serat juga dikenal baik untuk penetral pedas di mulut. Serat yang dimilikinya diketahui akan menyerap lemak yang dihasilkan cabai saat dikonsumsi di mulut, sehingga dengan begitu akan mampu menetralkan sensasi pedas di mulut dengan cepat.

  • Cuci Mulut Dengan Minyak Zaitun

Yup, senyawa yang terkandung di dalam minyak zaitun dipercaya dapat mengusir rasa pedas yang menempel di lidah dan mulut. Anda hanya perlu menuangkan minyak zaitun dalam sendok makan kemudian masukkan ke dalam mulit lalu berkumurlah. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Maka dengan begitu sensasi pedas akan hilang seketika.

  • Minum Air Lemon atau Sari Asam

Nah, selain dengan susu, mengusir rasa pedas juga dapat dilakukan dengan minum air lemon atau minuan yang asam-asam juga diketahui dapat membantu Anda menghilangkan sensasi pedas di mulut dan lidah. Anda bisa mengkonsumsi buah jeruk atau menghisap lemon langsung, untuk menetralkan rasa pedas di mulut. Rasa asam yang muncul akan membantu menetralkan sensasi panas di mulut dan membuat mulut menjadi lebih segar.

  • Minum Air Hangat

Mungkin cara ini dapat terbilang ekstrim mengingat sensasi pedas ditambah air hangat diketahui akan menghasilkan sensasi panas di lidah. Namun yang perlu Anda tahu sensasi panas tersebut hanya akan bertahan sekejap dan menghilang bersamaan dengan sensasi pedas yang ditimbulkan oleh makanan pedas. Cara ini juga terbilang efektif loh. Untuk membuktikannya sobat bisa mencobanya sendiri di rumah.

  • Gula Atau Madu

Yup, selain susu, gula atau madu juga menjadi cara alternatif yang praktis untuk menyelamatkan Anda dari efek pedas dari senyawa capsaicin yang dimiliki cabai. Dengan mengisap gula atau madu di dalam mulut, rasa manis yang dimilikinya akan dapat membantu menetralkan rasa pedas yang menyebar di mulut.

Nah, untuk membuktikannya, sobat bisa mencobanya sendiri di rumah, yang pastinya beberapa cara di atas sangat mudah untuk dilakukan dan tidak akan menimbulkan efek samping yang akan merugikan tubuh.  Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Ok, langsung klik aja di sini!!!

Ok sobat, itulah beberapa cara yang bisa sobat coba untuk menghilangkan rasa pedas yang menyebar di mulut akibat makanan pedas yang sobat makan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar