Selasa, 23 April 2019

Timun Suri, Si Pelepas Dahaga Yang Penuh Manfaat Baik

Timun Suri, Si Pelepas Dahaga Yang Penuh Manfaat Baik - Siapa yang tak mengenal buah yang satu ini??? Yup, timun suri, jenis buah yang satu ini walau dikenal dengan nama timun, namun nyatanya buah yang satu ini termasuk ke dalam jenis labu-labuan lho. Di Indonesia sendiri timun suri ini dikenal sebagai pelepas dahaga yang menyegarkan. Nah, namun dibalik satu manfaat tersebut, timun suri juga memiliki banyak manfaat baik lainnya lho. Apa saja itu??? Yuk, langsung aja kita intip manfaatnya tersebut di ulasan berikut ini!!!
Timun Suri, Si Pelepas Dahaga Yang Penuh Manfaat Baik -
Timun suri sendiri merupakan salah satu jenis buah yang sering diburu dan populer baik untuk dimakan langsung ataupun sebagai bahan untuk membuat beragam minuman menyegarkan seperti es timun suri atau es campur. Namun, dibalik itu semua timun suri menyimpan banyak nutrisi baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi tersebut seperti asam linoleat, glukosa, fluktosa, vitamin A, C, kalsium, potassium, magnesium, saponin, dan nutrisi penting lainnya yang semuanya bagus untuk kesehatan juga kecantikan tubuh.

Manfaat dan Kegunaan Timun Suri

Nah, dengan sejumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat timun suri ini menjadi buah yang kaya akan manfaat dan baik untuk dikonsumsi. Adapun sejumlah manfaat baik yang dimiliki timun suri bagi kesehatan tubuh di antaranya yaitu :

  • Baik Untuk Sistem Pencernaan

Karena kaya akan serat dan air, timun suri dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Dengan kandungan tersebut timun suri diketahui mampu membantu mengatasi dan mencegah sejumlah masalah pencernaan seperti sembelit, maag, gastritis, dan tukak lambung. Serat dari timun suri ini mampu membantu melancarkan sistem pencernaan, yang mana hal ini juga sangat baik untuk membantu mengurangi risiko penyakit kanker usus.

Baca juga : Obat Maag Alami dan Praktis

  • Menurunkan Berat Badan

Tak hanya baik untuk pencernaan, serat pada timun suri juga dapat berguna untuk mengoptimalkan proses penurunan berat badan. Memiliki tektur daging yang lembut dan mudah dicerna menjadikan timun suri sebagai buah yang dikenal efektif untuk menjaga kesehatan tubuh juga membuat perut kenyang lebih lama. Nah, manfaatnya tersebut akan sangat menguntungkan bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Baca juga : Penurun Berat Badan Alami dan Praktis

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Timun sendiri diketahui mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A, B dan C serta mineral seperti magnesium, kalium, mangan, silica dan antioksidan yang tinggi. Nah, sejumlah kandungan tersebut dikenal akan efeknya yang sangat baik untuk sistem imun tubuh. Dengan kandunga tersebut timun suri dipercaya mampu menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh. Sehingga dengan begitu bisa membantu tubuh agar terhindar dari sejumlah serangan penyakit.

  • Mengontrol Kolesterol

Buah labu yang satu ini juga dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Yup, hal ini dikarenakan timun suri mengandung potassium, saponin dan juga magnesium yang dapat bekerja untuk membantu mengotrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca juga : Obat Kolesterol Tinggi Alami dan Praktis

  • Baik Bagi Penderita Diabetes

Selain dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, timun suri juga dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki manfaat baik bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan timun suri sendiri merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan karbohidrat komplek yang berfungsi menaikan gula darah secara perlahan. Sehingga lonjakan gula darah dapat dihindari.

Baca juga : Obat Diabetes Alami dan Praktis

  • Meningkatkan Kekuatan Sendi

Manfaat yang tak terduga dari timun suri adalah kemampuannya yang dapat menjaga kesehatan persendian. Yup, hal ini dikarenakan timun suri mengandung silica. Di mana kandungan tersebut merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh agar sendi tetap kuat dan sehat. Selain itu, kandungan vitamin A, B1, B6, C dan D serta kalsium, folat dan magnesium dalam timun suri juga berguna untuk mengatasi gangguan rematik.

Baca juga : Obat Rematik Alami dan Praktis

  • Mencegah Alzheimer

Timun suri juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Seperti yang telah diketahui vitamin K sendiri merupakan salah satu jenis vitamin penting yang dapat bekerja untuk mengembangkan osteoptropik pada persendian dan meningkatkan massa tulang.

Namun di samping itu, vitamin K juga dipercaya dapat membatasi kerusakan neuronal di otak. Dengan mengkonsumsi timun suri dalam jumlah yang tepat, maka hal tersebut dapat membantu mencegah kamu dari penyakit Alzheimer.

Baca juga : Obat Alzheimer Alami dan Praktis

  • Melawan Radikal Bebas

Selain mengandung sejumlah nutrisi penting, timun suri juga mengandung sejumlah senyawa seperti flavonoid, lignin, triterpen, beta-karoten, dan vitamin C. Nah, dari yang diketahui sejumlah senyawa dan nutrisi tersebut juga dapat berperan sebagai antioksidan tinggi yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab sejumlah penyakit mengerikan.

  • Anti-kanker

Timun suri juga dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki sifat anti-kanker berkat sejumlah kandungan nutrisi dan senyawanya. Di mana dengan sifatnya tersebut, timun suri dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga tumor. Nah, menurut sebuah penilitian menunjukkan bahwa kandungan saponin dalam timun suri mampu bekerja menghalangi jalur sinyal yang penting untuk mencegah kerusakan metabolisme tubuh dan munculnya sel kanker.

Baca juga : Obat Kanker Alami dan Praktis

  • Membantu Melancarkan Buang Air Kecil

Berkat kandungan airnya yang tinggi, timun suri juga dipercaya mampu membuat buang air kecil menjadi lancar. Nah, dengan kata lain timun suri juga bisa kamu gunakan sebagai obat diuretik yang alami untuk mengatasi susah buang air kecil yang kamu alami.

Baca juga : Obat Anyan-anyangan Alami dan Praktis

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan yang ada dalam timun suri juga mampu bekerja untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, juga dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di di dalam tubuh. Bahkan vitamin C nya juga dapat membantu memproduksi kolagen yang baik, yang mana hal ini akan sangat baik untuk membuat kulit tetal sehat, lembab juga kenyal.

  • Menyehatkan Kuku dan Rambut

Selain baik untuk kulit, kandungan yang ada dalam timun suri juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan kuku dan juga rambut. Kandungan silica yang terdapat dalam timun suri diketahui dapat berperan aktif untuk mencegah kuku rusak atau pecah-pecah. Selain itu, mengkonsumsi timun suri juga dipercaya dapat membuat volume rambut meningkat. Walau begitu, sebaiknya kamu tidak hanya mengandalkan timun suri untuk perawatan rambut tetapi juga perawata lainnya.

  • Melancarkan Proses Detoksifikasi

Serat dan air yang terkandung dalam timun suri juga dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada did alam tubuh. Racun-racun yang bersumber dari polusi, makanan, dan minuman yang menumpuk di organ-organ penting tubuh. Nah, jika racun tersebut tidak segera dikeluarkan maka hal tersebut dapat berdampak bahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk salah satu alternatif terbaik untuk mengeluarkannya adalah dengan mengkonsumsi timun suri dengan jumlah yang cukup.

  • Menyehatkan Gigi dan Mulut

Saat mengkonsumsi timun suri mentah, produksi air liur akan meningkat, sehingga pH rongga mulut akan menjadi netral. Oleh sebab itu, manfaat timun suri bagus untuk kamu yang sedang sakit gigi atau menderita radang gusi.

Baca juga : Obat Radang Gusi Alami dan Praktis

  • Pelepas Dahaga

Bukan rahasia lagi, yup manfaat yang banyak diketahui dari timun suri adalah kemampuannya yang dapat membantu melepas dahaga. Hal ini dikarenakan kandungan airnya yang sangat tinggi. Nah, oleh sebab itu, khasiat timun suri sebagai pelepas dahaga tak perlu diragukan lagi, maka tak heran jika banyak orang memanfaatkan buah yang satu ini sebagai menu utama dalam berbuka puasa.

Ok guys, itulah dia sejumlah ulasan mengenai timun suri, si pelepas dahaga yang kaya akan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar