Selasa, 23 April 2019

Thyme, Herbal Mungil yang Memberikan Banyak Manfaat

Thyme, Herbal Mungil yang Memberikan Banyak Manfaat - Thyme dikenal sebagai tanaman herbal berukuran mungil namun mampu memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya tersebut??? OK yuk, langsung aja simak informasi lengkapnya di ulasan berikut ini!!!
Thyme, Herbal Mungil yang Memberikan Banyak Manfaat Baik
Mengenal Sekilas Tanaman Thyme

Thyme merupakan salah satu jenis tanaman herbal berwujud daun mungil yang sering digunakan sebagai rempah dapur dan sangat populer di Mesir. Tanaman herbal yang satu ini diketahui masuk dalam keluarga mint (Lamiaceae). Daun thyme sendiri sering digunakan sebagai salah satu rempah untuk hiasan atau penambah rasa dan aroma spesian pada masakan.

Dalam sejarahnya tanaman thyme sering dijadikan sebagai ramuan kesehatan oleh masyarakat Yunani Kuno. Selain itu pada zaman Mesir Kuno daun thyme sering digunakan dalam praktek pemberian balsem pada tubuh. Sedangkan pada zaman Yunani Kuno selain dijadikan sebagai ramuan kesehatan, daun thyme juga sering digunakan sebagai dupa karena aromanya yang khas.

Selain digunakan sebagai rempah dapur, daun thyme juga banyak digunakan sebagai herbal yang baik untuk kesehatan tubuh. Thyme dikenal sebagai obat yang efektif dan terkenal untuk membantu mengobati batuk dan sakit tenggorokan. Namun seiring perkembangan, semakin banyal penelitian yang dilakukan mengenai tanaman herbal yang satu ini. Dari sejumlah hasil penelitian yang telah dilakukan menemukkan bahwa banyak manfaat kesehatan dalam tanaman thyme, di antaranya yaitu sebagai anti-mikroba, anti-kanker, dan banyak lagi manfaat kesehatan lainnya.

Kebaikan dan Manfaat dari Si Mungil Daun Thyme

Adapun sejumlah kebaikan dan manfaat lain yang dimiliki tanaman thyme ini di antaranya yaitu :

  • Menghilangkan Batuk, Infeksi Pernapasan, Bronkitis, dan Batuk Rejan

Dari yang diketahui di Jerman tanaman thyme telah diakui secar resmi sebagai herbal untuk pengobatan batuk, infeksi saluran pernapasan, bronkitis, dan batuk rejan. Hal ini dikarenkaan protein dalam daun thyme mengandung flavonoid yang dapat mengendurkan otot di trakea yang terkait dengan batuk dan pembengkakan. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, kamu bisa membuat teh dari daun thyme untuk menghilangkan batuk. Kamu bisa menambahkan 2 sendok teh daun thyme yang dihancurkan, segar atau kering ke satu cangkir air matang.Biarkan direndam selama 10 -15 menit. Saring lali minumlah dan rasakan sendiri khasiatnya.

Baca juga : Obat Bronkitis Alami dan Praktis
  • Membantu Mencegah atau Mengobati Kanker

Penelitian di jurnal BMC Research Notes menemukan bahwa thyme dalam kombinasi dengan oregano Timur Tengah efektif dalam menghambat sel leukimia manusia, menunjukkan bahwa ramuan tersebut dapat berpotensi dalam pengobatan kanker secara alami.

Thyme jua diketahui mengandung flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan tinggi. Selain itu, kandungan vitamin K yang terdapat di dalam daun thyme juga mampu melindungi tubuh dari kelebihan radikal bebas atau dikenal dengan sebutan stres oksidatif, penyebab seseorang berisiko terserang penyakit jantung dan kanker.

Baca juga : Obat Kanker Alami dan Praktis

  • Mengobati Jerawat

Thyme diketahui memiliki sifat antibakteri yang dapat bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi jerawat. Para peneliti di Inggis menguji efek thyme terhadap penggunaanya sebagai obat jerawat, mereka menemukan bahwa ramuan alami ini ternyata lebih baik mengobati jerawat dibandingkan dengan produk antijerawat.

Baca juga : Obat Jerawat Alami

  • Memperbaiki Masalah Pernapasan

Kandungan dalam daun thyme diketahui mampu mengurangi lendir berlebihan serta memiliki senyawa yang bersifat anti-inflamasi. Sehingga cairan di dalam hidung dapat berkurang dan membantu sistem pernapasan menjadi lebih baik. Kamu dapat mencampurkan bubuk thyme dalam cangkir dengan air mendidih. Diamkan selama 10 menit dan minum 1 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Baca juga : Obat Infeksi Saluran Pernapasan Alami

  • Menghangatkan Tubuh

Daun thyme dikenal memiliki sifat antiseptik dan antibiotik yang dapat meredakan pilek, batuk atau radang tenggorokan. Menurut sebuah studi, ramuan ini dikenal dapat mengobati bronkitis dan batuk. Meminum secangkit teh thyme juga bisa membantu menghangatkan tubuh di cuaca dingin.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Tanaman thyme diketahui mampu memberikan perlindungan antioskidan bersama dengan properti anti-inflamasi yang dimilikinya. Hal ini dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh peradangan.

Baca juga : Obat Penyakit Jantung Alami dan Praktis

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, tanaman thyme juga memiliki efek yang sangat baik untuk tulang. Di mana thyme sendiri merupakan sumber yang kaya akan vitamin K, kalsium, zat besi, mangan dan vitamin lainnya. Mineral dalam thyme mampu membantu mempertahankan tulang yang kuat, mengembangkan kekuatan tulang dan juga mencegah berbagai penyakit tulang.

Baca juga : Obat Osteoporosis Alami dan Praktis

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Daun thyme juga mengandung vitamin C dan juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin A. Nah, sejumlah kandungan yang ada dalam thyme mampu membnatu kamu kembali pada kondisi bugar. Dengan sejumlah kandungan lainnya pun thyme diketahui mampu bekerja untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

  • Meningkatkan Mood

Minyak esensial yang dimiliki thyme sering kali digunakan sebagai aroma terapi karena intensitasnya dari zat aktif yang disebut carvacol.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2013, carvacol terbukti dapat mempengaruhi aktivitas neuron dengan cara meningkatkan rasa tenang. Jadi, dengan menggunakan thyme atau minyak thyme secara teratur dapat memberikan efek positif pada perasaan dan suasan hati kamu.

Selain itu, daun thyme juga mengandung vitamin B6 yang berguna untuk mengurangi ketegangan akibat stres berlebih.

  • Menjaga Tekanan Darah dan Detak Jantung

Thyme juga mengandung kalium yang salah satu fungsinya adalah untuk menjaga tekanan darah dan detak jantung. Bagi penderita kolesterol serta tekanan darah tinggi, daun thyme bisa menjadi alternatif pengobatan terbaik untuk kamu. Kamu bisa memanfaatkan tanaman thyme yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan bahan makanan lainnya. Duan ini mampu menggantikan garam di dalam masakan.

Baca juga : Obat Hipertensi Alami dan Praktis

  • Menjaga Kesehatan Mata

Nah, tanaman thyme juga diketahui mengandung unsur karotenoid serta vitamin A. Di mana kedua kandungan ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja antioksidan dan memperbaiki jaringan organ mata. Karotenoid dapat menetralkan kadar radikal bebas dalam organ mata yang akan memperlambat terjadinya degenerari makula, penurunan kemampuan memandang lurus ke depan serta penyakit katarak.

Baca juga : Obat Katarak Mata Alami dan Praktis

  • Membantu Pencernaan

Minyak atsiri yang dimiliki daun thyme diketahui dapat memberikan bantuan dari kram usus. Nah, hal ini akan sangat baik untuk kesehatan pencernaan kamu.

Baca juga : Obat Irritable Bowel Sindrome Alami dan Praktis

Untuk mendapatkan manfaat dari tanaman atau daun thyme sendiri, secara sederhana kamu bisa mencampurkannya pada makanan kamu. Walau memiliki banyak manfaat baik, namun kamu juga diwajibkan untuk bijaksana dalam mengkonsumsimnya. Tetap konsumsi tanaman thyme ini pada takaran yang tepat yakni satu kali sehari. Daun ini tidak menyebabkan alergi, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, apalagi bagi kamu yang memiliki perut sensitif.

Ok guys, itulah dia sejumlah informasi mengenai thyme, herbal mungil yang dapat memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kamu sekalian, dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar