Senin, 22 April 2019

Mengenal Gandapura, Herbal Tertua Di Dunia

Mengenal Gandapura, Herbal Tertua Di Dunia - Pernah mendengar kata gandapura??? Yup, mungkin sebagian orang akan mengenal nama tersebut sebagai nama jalan atau tempat. Namun bagi kalangan usia lanjut mungkin juga akan mengenal nama tersebut sebagai tanaman kaya manfaat. Yup, gandapura yang saya maksud kali ini adalah tanaman herbal yang kaya akan manfaat. Nah, konon katanya tanaman ini dikenal sebagai bahan obat tradisional penyembuh penyakit tertua di dunia. Benarkan demikian??? Ok lebih jelasnya, yuk langsung aja informasinya berikut ini!!!
Mengenal Gandapura, Herbal Tertua Di Dunia
Sekilas Mengenai Gandapura

Gandapura sendiri merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang daunya sering digunakan sebagai obat/minyak gosok. Gandapura dengan nama ilmiahnya Gaultheria punctata ini biasanya hidup dan tumbuh di dataran tinggi antara 1500-2700 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini memiliki daun yang berwarna violet dan biru tua. Warna tersebut membuat berbagai jenis serangga menghampiri tanamanan yang satu ini.

Daun dari tanaman gandapura seringkali digunakan sebagai obat-obatan, dan lebih sering dijadikan sebagai minyak gosok. Dari yang diketahui gandapura memiliki sejumlah kandungan kimia penting nan berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh.

Khasiat atau manfaat dari gandapura sendiri diketahui memang sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita. Bahkan tanaman yang satu ini dianggap sebagai herbal tertua yang diketahui memiliki kegunaan sebagai obat.

Di berbagai daerah gandapura memiliki nama yang berbeda-beda, dan beberapa diantara nama daerah tersebut gandapura dikenal dengan nama kapasan, kaworo, regula, kasturi, waron, kastore, bukal, sedeki, rewulow dan kakapasan sedeki.

Mengenal Senyawa yang Terkandung Dalam Gandapura

Dalam daun, akar dan batangnya terkandung senyawa saponon dan flavonoid. Selain itu, daun gandapura juga mengandung sejumlah kandungan lain seperti minyak atsiri, tanin, metil salisilat, glikosida, zat samak, dan harsa. Serta akar dan batangnya mengandung senyawa polifenol.

Menurut hasil studi Tim Herbarium Fakultas Farmasi UGM yang dimuat di academia.edu menyebutkan bahwa gandapura memiliki khasiat karminatif dan antiseptik.

Mengetahui Kegunaan Tanaman Gandapura Dalam Dunia Kesehatan

Nah, minyak atsiri dari daun gandapura diketahui berguna sebagai obat luar yang dapat membantu mengatasi rambut rontok, rematik, masuk angin dan pengobatan luar lainnya. Selain itu, daun gandapura juga dapat dimanfaatkan sebagai penyegar, yang diseduh seperti teh.

Di lansir dari Wikipedia, penggunaan gandapura sebagai obat atau minyak gosok dimulai oleh bangsa Indian di daratan Amerika dan menjadikan daun ini sebagai salah satu sistem penyembuhan penyakit tertua di dunia ini. Bangsa Indian menggunakan daun dari gandapura sebagai obat rematik, nyeri sendi, sakit gigi, sakit kepala dan sejumlah penyakit lainnya.

Penggunaan gandapura sebagai herbal telah menyebar luas di sejumlah negara. Nah, selain di Amerika, gandapura juga dikenal di Prancis sebagai tanaman kaya manfaat. Dari yang diketahui bangsa Prancis menggunakan daun dari gandapura sebagai bahan dasar untuk membuat teh yang juga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti pernapasan, masalah mulut, mengobati nyeri punggung dan nyeri sendi. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 1800-an, khasiat dari daun gandapura untuk menyembuhkan penyakit ini disebabkan karena kandungan aspirin nya yang cukup besar.

Minyak gosok yang memanfaatkan daun gandapura sebagai bahan tambahannya diketahui menjadi obat penting yang berguna untuk menghilangkan nyeri sendi, kejang otot, terkilir, rematik, peradangan dan penyembuhan luka dan tak jauh dari penggunaan minyak gosok pada umumnya.

Nah, mengutip kembali dari situs Useful Tropical Plants, daun gandapura mengandung 1.25% minyak esensial. Selain dapat digunakan sebagai obat atau minyak gosok penghangat, minyak esensial gandapura juga dapat dimanfaatkan dalam industri parfum dan kosmetik sebagai minyak rambut.

Di samping itu, minyak esensial dari daun gandapura juga diketahui memiliki manfaat untuk mengobati cacing tambang. Ekstrak daun gandapura secara tradisional juga sering dimanfaatkan sebagai obat batuk. Sementara buanya yang belum matang sering dimanfaatkan sebagai obat sakit perut.

Penelitian yang dipublikasikan pada 2015, seperti dimuat dalam situs US National Library of Medicine, National Institute of Health, menyebutkan flavonoid baru yakni dhasingreodise dan tujuh komponen lain berhasil diisolasi dari daun dan batang gandapura. Penelitian tersebut juga berhasil membuktikan bahwa dhasingreodise dan beberapa komponen itu menunjukkan aktivitas melawan radikal bebas.

Nah, dengan kemampuannya tersebut daun gandapura juga dipercaya memiliki kemampuan untuk mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Manfaat dari Tanaman Gandapura Sebagai Obat

Nah, untuk membantu kamu mengingat manfaat dari gandapura ini, berikut merupakan sejumlah rincian mengenai manfaat gandapura yang telah banyak dibuktikan :

  • Bersifat sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan.
  • Meredakan nyeri yang disebabkan karena terkilir atau salah urat.
  • Meringankan gejala rematik dan nyeri di persendian lainnya.
  • Menyembuhkan batuk serta mengencerkan dahak.
  • Mengatasi sembelit atau susah buang air besar (BAB).
  • Bersifat diuretik yang dapat membantu meluruhkan saluran kemih.
  • Menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan lain sebagainya.
  • Menyembuhkan pegal linu dan sakit pinggang.
  • Mengurangi nyeri pada saat sakit gigi dan gusi bengkak.
  • Bersifat anti-piretik yang dapat membantu menurunkan demam.
  • Meredakan sakit kepala atau pusing.
  • Melancarkan sistem pernapasan yang tekait dalam penyembuhan asma atau sesak napas.
  • Mempercepat penyembuhan luka.
  • Mengobati kejang pada otot dan juga urat.
  • Mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

Adapun sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ramuan herbal dari tanaman gandapura yaitu :

  • Resep 1


Siapkan sekitar 10-15 gram akar gandapura yang masih segar. Kemudian rebus dengan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa setengahnya. Setalah itu saring dan minum.

  • Resep 2


Potong 10 gram akar gandapura segar. Kemudian rebus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tersisa satu gelas. Minum 2x sehari masing-masing setengah gelas. Cara ini umum digunakan untuk mengatasi batuk.

  • Resep 3


Sediakan daun gandapura secukupnya. Kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, aplikasikan pada kulit yang gatal, korengan, bisul, dan patah tulang. Untuk lebih maksimal kamu bisa mencampurnya dengan kapur sirih.

  • Resep 4


Rendam daun gandapura pada minyak kelapa. Kemudian bubuhkan pada kulityag ingin diobati. Biasanya resep ini digunakan untuk rematik dan peredam rasa nyeri.

Sumber referensi : http://www.satuharapan.com/read-detail/read/gandapura-penyembuh-penyakit-tertua-di-dunia dan https://khasiatq.blogspot.com/2016/02/15-khasiat-tanaman-gandapura-untuk.html

Ok guys, demikianlah sejumlah informasi mengenai gandapura yang dikenal sebagai obat herbal tertua di dunia. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kamu sekalian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

1 komentar: