Senin, 22 April 2019

Kebaikan Dari Tanaman Sidaguri Bagi Kesehatan

Kebaikan Dari Tanaman Sidaguri Bagi Kesehatan - Tanaman sidaguri dikenal sebagai jenis tanaman liar yang memiliki manfaat obat. Di Indonesia tanaman ini dikenak dengan sidaguri, sedangkan di dunia perdagangan obat-obatan tradisional, tanaman ini dikenal dengan arrowleaf sida. Dari yang diketahui sidaguri mengandung senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Ada banyak kebaikan yang bisa diberikan oleh tanaman yang satu ini bagi kesehatan tubuh. Apa saja itu??? Ok selengkpanya, simak ulasan berikut ini sampai akhir!!!
Kebaikan Dari Tanaman Sidaguri Bagi Kesehatan
Sekilas Mengenal Tanaman Sidaguri

Tanaman sidaguri diketahui sebagai jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di Indonesia karena iklim tropisnya yang baik untuk pertumbuhan tanaman yang satu ini. Walau dikenal sebagai tanaman liar nyatanya tanaman ini diketahui memiliki manfaak baik untuk kesehatan tubuh.

Situs Useful Tropical Gardern menyebutkan bahwa tanaman yang awalanya dikenal sebagai gulma ini kemudian dikenal sebagai sumber obat tradisional dan sumber serat. Nah, dari yang diketahui sidaguri ini merupakan bahan obat herbal atau tradisional yang terkenal di Australia sebagai minuman teh.

Di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerahnya seperti guri, saliguri (Minangkabau), sidaguri (Melayu), sidaguri, daun otok-otok (Jawa Tengah), sidagori, sadagori (Sunda), dan lain-lain.

Tanaman yang satu ini memiliki daun tunggal dengan bentuk bulat, dan terkadng hampir sama dengan bentuk jantung dan memiliki gerigi pada tepi daunnya. Selain itu, tanaman yang satu ini juga dihiasi oleh bunga tunggal yang berwarna kuning terang dan terdapat benang sari berbentuk tabung yang tumbuh di bagian bawah bunga.

Kandungan Senyawa dari Tanaman Sidaguri

Walau dikenal sebagai tanaman liar, ternyata tanaman sidaguri ini memiliki sejumlah kandungan senyawa yang berkhasiat sebagai obat. Beberapa senyawa tersebut seperti alkaloid, tannin, asam amino, oksalat, saponin, dan fenol. Selain itu, tanaman yang satu ini juga menghasilkan minyak atsiri yang berperan dalam pengobatan tradisional.

Semua bagian dari tanaman sidaguri diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun dari semua bagian tanaman sidaguri yang biasa dimanfaatkan untuk membantu pengobatan secara tradisional, bagian daun dari tanaman sidaguri adalah bagian yang paling mudah dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan tradisional.

Manfaat Dari Daun Sidaguri Bagi Kesehatan Tubuh

Dari yang diketahui kandungan senyawa yang terkandung dalam daun sidaguri memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Nah, beberapa manfaat tersebut di antaranya yaitu :

  • Meredakan Nyeri

Senyawa alkaloid dalam daun sidaguri diketahui memiliki efek yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit yang terjadi pada sejumlah bagian tubuh. Jadi bagi kamu yang merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh, kamu bisa memanfaatkan daun sidaguri sebagai alternatif herbalnya.

  • Menenangkan Sistem Saraf

Selain dapat membantu menghilangkan rasa nyeri pada bagian tubuh, kandungan alkaloid dalam daun sidaguri juga diketahui memiliki manfaat untuk membantu memberikan ketenangan pada sistem syaraf. Nah, dengan kemampuannya tersebut, maka sistem syaraf pun bisa bekerja dengan baik.

  • Meredakan Batuk

Senyawa yang terkandung dalam daun sadaguri juga menjadikan tanaman ini baik untuk dijadikan sebagai obat pereda batuk. Pasalnya sejumlah senyawa dalam daun sidaguri mampu bekerja sebagai ekspektoran yang dapat meluruhkan batuk secara alami dan efektif.

  • Mengatasi Diare

Diare sendiri terjadi akibat adanya aktivitas bakteri di saluran pencernaan. Nah, daun sidaguri juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah diare. Pasalnya senyawa tanin yang terkandung dalam daun sidaguri mampu bekerja sebagai antibakteri yang dapat membantu melawan dan membunuh sejumlah bakteri, termasuk bakteri penyebab diare.

  • Mengatasi Sesak Napas

Daun sidaguri juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sesak napas. Yup, hal ini dikarenakan senyawa yang dimiliki daun sidaguri juga mampu berperan untuk mengatasi penyumbatan yang terjadi di saluran pernapasan.

  • Meringankan Asam Urat

Dengan meminum air rebusan daun sidaguri secara rutin diketahui dapat membantu meringkan gejal dari asam urat secara menyeluruh. Hal ini dikarenakan kandunagn dalam daun sidaguri dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh. yang mana hal tersebutlah yang menjadi penyebab terjadinya penyakit asam urat.

  • Mencegah Osteoporosis

Kandungan senyawa dalam daun sidaguri juga diketahui mampu bekerja untuk membantu menjaga kepadatan tulang dan memperbaiki struktur tulang yang rusak. Nah, dengan kemampuannya tersebut, sidaguri juga dipercaya menjadi obat untuk mencegah osteoporosis.

  • Mengatasi Malaria

Meminum air seduhan daun sidaguri secara rutin ketika megalami malaria juga diketahui dapat membantu proses penyembuhannya. Yup, hal ini dikarenakan kandungan alkaloid dalam daun sidaguri mampu mengatasi sejumlah gejala yang disebabkan oleh malarian dengan efektif.

  • Mengobati Jerawat

Jerawat sendiri dapat muncul akibat bakteri yang menempel di kulit wajah. Nah, dengan sifat antibakteri nya, daun sidaguri juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat di kulit wajah.

  • Mengatasi Mimisan

Mimisan biasanya terjadi akibat adanya pembuluh darah yang pecah. Mengatasi mimisan juga dapat dilakukan dnegan menggunakan daun sidaguri. Kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya juga diketahui dapat membantu proses pembekuan aliran darah.

  • Mengatasi Sakit Gigi

Dengan efek antinyeri yang dimilikinya, daun sidaguri juga sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi secara tradisional.

Nah guys, demikian informasi mengenai kebaikan tanaman sidaguri yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar