Senin, 08 April 2019

Manfaat Tanaman Bakung Untuk Kesehatan Juga Kecantikan

Manfaat Tanaman Bakung Untuk Kesehatan Juga Kecantikan - Mengenal tanaman bakung??? Yup, tanaman bakung atau lebih dikenal dengan daun bakung sendiri diketahui sebagai salah satu jenis tanaman yang cukup populer dikalangan masyarakat. Pasalnya tanaman yang satu ini merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang biasanya sering dicampurkan dengan makanan berkuah seperti sop, soto dan gulai ataupun masakan khas Indonesia lainnya. Namun dibalik itu, daun bakung juga mengambil alih sebagai tanaman hias karena bentuk nya yang menarik. Selain itu, tidak hanya sekedar untuk menghiasi taman atau halaman rumah saja, ternyata lebih dari itu, tanaman bakung juga ternyata punya andil besar dari di dunia kesehatan dan kecantikan. Yup, efek farmakologis yang dimiliki oleh tanaman ini berasal dari daun, akar, bunga dan bijinya. Sehingga tanaman yang satu ini juga layak untuk digolongkan ke dalam tanaman herbal.
Manfaat Tanaman Bakung Untuk Kesehatan Juga Kecantikan
Tanaman bakung sendiri memiliki nama ilmiah yaitu Crynum asiaticum L, yang telah lama digunakan dalam pengobatan ala Cina kuno. Tanaman yang satu ini diketahui memiliki bunga yang beraroma wangi dan mempunyai variasi warna seperti putih, ungu, kuning, merah muda, jingga, merah, dan kehitaman. Sebagian varietas punya corak seperti bintik-bintik.

Nah, selain sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan masakan alias bumbu dapur dan sayuran, tanaman bakung dan daun bakung juga memiliki banyak sekali manfaat lainnya, terutama dalam hal kesehatan dan juga farmakologi. Ada beberapa efek farmakologi yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan tanaman bakung. Yup, hal ini dikarenakan dalam tanaman bakung sendiri terkandung beragam senyawa penting yang sangat menyehatkan tubuh, seperti flavonoid, tannin dan saponin. Nah, sedangkan akar tanaman bakung diketahui memiliki kandungan zat krinin, alkaloid likorin dan asetilkorin. Dari sejumlah senyawa penting yang dimilikinya daun bakung diketahui memiliki sifat sebagai analgesik, anti-inflamasi, diuretik, dan ekspektoran.

Manfaat dan Kegunaan Tanaman Bakung Bagi Kesehatan Juga Kecantikan

Nah, tanaman bakung sendiri tergolong ke dalam famili Liliaceae yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa gangguan kesehaatn seperti sakit gigi, keseleo, rematik, dan banyak lagi. Adapun beberapa cara untuk memanfaatkan tanaman bakung ini sebagai obat di antaranya yaitu :

  • Meredakan Sakit Gigi

Sering kali orang dengan sakit gigi mengeluhkan bahwa rasa sakit yang dirasakannya sangatlah tidak nyaman dan teramat sakit hingga bahkan sangat mengganggu. Nah, untuk mengobatinya secara alami dan efektif, bagi kamu yang sedang sakit gigi, bisa memanfaatkan tanaman bakung sebagai obat herbalnya. Seperti yang telah diketahui bahwa tanaman bakung ini memiliki sifat analgesik yang dapat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit yang terjadi pada tubuh, salah satunya rasa sakit pada gigi akibat sakit gigi. Adapun cara untuk memanfaatnya yaitu :

♦️ Siapkan akar bakung yang telah dicuci bersih.
♦️ Kemudian tumbuhk akan tanaman bakung tersebut.
♦️ Setelah itu, tempelkan pada gigi yang terasa sakit.
♦️ Tunggu beberapa saat, biarkan kandungan dari akar bakung yang telah di tumbuk tersebut meresap pada bagian gigi yang sakit.

  • Mengobati Nyeri Pinggang

Selain bisa membantu meredakan sakit gigi, tanaman bakung juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat nyeri pinggang. Yup, sifat analgesik dan anti-inflamasi yang dimiliki tanaman bakung inilah yang akan berkontrimbusi mengobati nyeri pinggang yang terjadi. Di mana analgesiknya tersebut akan dapat membantu meredakan rasa sakit di area pinggang kamu, dan untuk anti-inflmasinya sendiri akan membantu meredakan peradangan yang terjadi pada pinggang yang sakit. Dengan begitu kemampuannya bisa terasa maksimal. Untuk memanfaatkan tanaman yang satu ini juga cukuplah mudah yakni dengan memanfaatkan bunganya dengan cara berikut ini.

♦️ Sediakan bunga bakung dan jahe merah masing-masing 10 gram dan telah dicuci bersih.
♦️ Kemudian haluskan kedua bahan tersebut.
♦️ Setelah itu, oleskan pada pinggang kamu yang terasa sakit, biarkan kandungan dari bunga bakung dan jahe tersebut meresap pada area pinggang yang sakit.

  • Menyembuhkan luka memar

Luka memar sendiri dapat tejadi akibat benturan dan cedera yang menyembabkan pembuluh darah menjadi cedera. Nah, untuk mengatasi masalah luka memar tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman bakung sebagai obatnya. Kandungan dari tanaman bakung akan membantu mempercepat penyembuhan luka memar yang kamu alami. Untuk cara memanfaatkannya pun sangatlah mudah yakni hanya dengan menempelkan daun bakung yang telah dipanaskan di atas api kecil yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak kelapa. Cara ini juga berlaku untuk mengobati cedera akibat keseleo.

  • Mengobati Anyang-anyangan

Anyang-anyangan sendiri dikenal sebagai salah satu gangguan saluran kencing. Kondisi ini menimbulkan rasa sakit atau sulit buang air kecil. Nah, salah satu obat herbal yang bisa kamu gunakan untuk mengobati kondisi tersebut adalah tanaman bakung. Yup, seperti yang telah dijelaskan bahwa tanaman bakung memiliki sifat diuretik. Nah, dengan sifatnya tersebut tanaman bakung bisa membantu untuk meluruhkan air seni dan melancarkan sistem berkemih. Adapun cara untuk membuat ramuan herbal dari tanaman bakung untuk mengobati anyang-anyangan yaitu :

♦️ Siapkan daun bakung yang telah dibersihkan dan minyak kelapa secukupnya.
♦️ Kemudian tumbuh daun bakung tersebut dan tambahkan minyak kelapa yang telah disiapkan sebelumnya.
♦️ Setelah itu, tempelkan ramuan herbal tersebut pada area kandung kemih.
♦️ Lakukanlah perawatan ini dengan rutin hingga penyakit sembuh.

  • Mengurangi Pembengkakan

Nah, sifat anti-inflamasi yang dimiliki tanaman bakung, selain dapat mengatasi nyeri pinggang juga dikenal baik untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi pada tubuh. Anti-inflamasi yang dimiliki tanaman bakung akan membantu mengurangi bengkak yang terjadi pada tubuh kamu secara alami dan efektif. Untuk memanfaatkan tanaman bakung sebagai pereda bengkak juga sangatlah mudah yaitu dengan menempelkan daun bakung yang sebelumnya telah diberi minyak kelapa dan dipanaskan di api kecil pada area tubuh yang bengkak.

  • Meredakan Gejala Rematik

Di samping dapat membantu meredakan nyeri pinggang dan sakit lainnya. Tanaman bakung juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu meredakan gejala rematik. Cara pemanfaatnya pun juga sangatlah mudah yakni :

♦️ Siapkan daun bakung yang telah dibersihkan.
♦️ Kemudian panaskan daun bakung tersebut pada api kecil.
♦️ Setelah itu oleskan minyak wijen pada daun tersebut.
♦️ Lalu aplikasikan pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

  • Mengurangi Pembengkakan Kelenjar Limfa

Nah, manfaat lain dari tanaman bakung adalah kemampuannya yang dapat membantu meredakan bengkak yang terjadi pada kelenjar limfa. Yup, penggunaannya sebagai obat luar dari tanaman bakung ini bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi bengkak yang tejadi di ketiak dan lipatan lainnya. Untuk cara pemanfaatannya pun sangatlah mudah yakni dengan ara menumbuk daun bakung dan bawang merah hingga keduanya menjadi lumat. Setelah itu, tempelkan pada bagian tubuh yang bermasalah.

  • Sebagai Peluruh Keringat

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan bau keringat, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman bakung sebagai alternatif herbalnya. Kandungan pada tanaman bakung juga dikenal memiliki efek yang sangat baik untuk membantu meluruhkan keringat dan mengatasi bau keringan pada tubuh kamu. Caranya untuk membuat ramuan herbal dari tanaman bakung sebagai peluruh keringat juga sangatlah mudah yakni :

♦️ Siapkan akar bakung yang telah dicuci bersih.
♦️ Kemudian potong-potong akar bakung tersebut.
♦️ Setelah itu rebuslah dengan 2 gelas air.
♦️ Tunggu sekitar 20 menit, lalu setelah itu saring dan gunakan airnya untuk 2 kali pemakaian.
♦️ Minum airnya di pagi dan malah hari.

  • Mengobati Penyakit Patek (Frambusia)

Frambusia atau penyakit patek sendiri dikenal sebagai jenis penyakit kulit yang dapat menular. Nah, untuk membantu mengatasi penyakit tersebut, tanaman bakung juga bisa menjadi alternatif perantara penyembuhanya. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ramuan herbal dari tanaman bakung sebagai obat penyakit patek ini yaitu :

♦️ Sediakan biji dan bunga bakung yang telah dicuci bersih.
♦️ Kemudian tumbuk keduanya hingga lembut.
♦️ Lalu tambahkan sedikit tepung beras.
♦️ Setelah itu, terapkan pada area kulit yang terkena patek.

  • Mengobati Luka Borok (Ulkustripikum)

Nah, bagi kamu yang memiliki luka ulkustripikum, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman bakung sebagai obatnya. Kandungan pada tanaman bakung bisa membantu kamu untuk mempercepat luka ulkustripikum yang kamu miliki. Untuk cara penggunaanya pun mudah kok, yaitu :

♦️ Siapkan daun bakung segar yang telah dicuci bersih.
♦️ Kemudian tumbuk daun bakung tersebut hingga lumat.
♦️ Lalu peras untuk mendapatkan airnya.
♦️ Kemudian terapkan pada kulit yang bermasalah.

Adapun cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu dengan memanfaatkan irisan umbi bakung yang telah dipanaskan dengan api kecil selama 2 menit untuk diaplikasikan pada area kulit yang timbul luka ulkustripikum.

  • Memperindah Kulit

Mungkin manfaat dari tanaman bakung yang satu ini tidak banyak diketahui. Selain dapat mengobati sejumlah masalah kulit, ternyata daun bakung diketahui bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mempercantik kulit secara alaami. Khasiatnya diketahui akan lebih terasa jika daunnya digunakan bersama dengan bunganya. Daun bakung ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk lulur yang dapat langsung diaplikasikan pada kulit seluruh tubuh. Jika dilakukan secara rutin secara perlahan kulit akan terlihat lebih indah dan sehat karena nutrisi yang dibutuhkan kulit dapat terpenuhi.

  • Mempertahankan Keelastisan Kulit

Selain dapat membuat kulit terlihat lebih indah, daun bakung juga bisa menjaga kulit tetap elastif karena kandungan senyawa dalam daunbakung dapat mempertahankan kadar kolagen di lapisan kulit. Cara menggunakannya bisa dijadikan sebagai bahan lulur atau dikonsumsi air rebusannya secara rutin. Memang hasilnya tidak instan, namun jika terus diterapkan maka kulit akan terlihat lebih kenyal dan sehat.

Efek Samping Tanaman Bakung

Walau memiliki banyak manfaat, namun kamu juga harus tahu bahwa umbi dari tanaman bakung tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena bersifat racun. Gejala yang bisa muncul akibat keracunan tersebut yaitu diare parah, napas tidak teratur, denyut nadi makin cepat, dan suhu tubuh panas. Nah, untuk mengobati keracunan karena umbi bakung ini, kamu bisa memompa lambung penderita hingga bahan yang tertelah dapat dimuntahkan. Lalu berikan teh tanpa gula kepada penderita, untuk berkumur. Atau jus jahe yang dicampur dengan cuka beras putih.

Ok guys, itulah dia beberapa manfaat dari tanaman bakung yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar