Kamis, 25 April 2019

Cemara, Icon Natal Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Cemara, Icon Natal Yang Bermanfaat Baik Bagi Kesehatan - Yups, seperti yang kita ketahui sendiri, pohon cemara merupakan icon yang wajib ada di saat natal. Namun, selain sebagai icon dari natal, ternyata pohon cemara memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan lho. Penasarankan??? Ok yuk, langsung aja intip ulasan lengkapnya berikut ini!!!
Cemara, Icon Natal Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
Pohon cemara sendiri dikenal sebagai salah satu jenis tumbuhan yang memiliki ragam manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu kegunaan yang paling sering kita ketahui yaitu sebagai pohon hias yang wajib ada ketika natal. Dengan ukurannya yang tinggi pohon cemara juga diketahui mampu menjadi tameng terhadap tsunami untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Nah, namun dibalik kegunaanya tersebut ternyata pohon cemara juga dikenal memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya???

Manfaat dari Pohon Cemara Bagi Kesehatan

Ok untuk menghilangkan rasa penasaran kamu mengenai manfaat pohon cemara bagi kesehatan, berikut kami rangkumkan beberapa manfaat pohon cemara yang dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di antaranya :

  • Mampu Memengaruhi Alam Bawah Sadar

Seorang psikolog lingkungan dari University of Surrey, Inggris, Dr. Brigitta Gatersleben menyampaikan bahwa pohon cemara yang seringkali digunakan untuk acara natal ternyata mampu memengaruhi alam bawah sadar menjadi lebih nyaman dan damai. Hal ini diketahui karena pohon cemara selalu dikaitkan dengan kesejahteraan dan juga kepuasan dalam hidup. Dr. Brigitta juga mengatakan kalau pohon cemara mengandung arti mampu memberikan nuansa alam yang dapat mengurangi stres dan penyakit mental.

Secara psikologis, warna hijau digunakan sebagai warna alam dan dedaunan yang dapat mendatangkan kesegaran, relaksasi, alami, kesejukan dan bersifat menenangkan. Jadi, tak heran jika kamu merasa nyaman dan tenang ketika berlama-lama duduk di depan pohon cemara.

  • Meredakan Penyakit Bronchitis dan Batuk

Pohon cemara juga diketahui memiliki efek yang sangat baik untuk penderita bronchitis dan batuk. Yup, pasalnya aroma alami yang dikeluarkan dari pohon cemara sangat baik untuk kondisi mental seseorang. Minyak yang dihasilkan dari batang pohon cemara juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk meredakan penyakit sinus dan batuk. Cara penggunaanya pun cukup sederhana, yaitu kamu hanya perlu meneteskan minyak cemara ke dalam wadah yang berisi air panas. Setelah itu, hirup uap yang keluar dari wadah secara perlahan-lahan. Kamu juga bisa menutup kepala kamu dengan handuk atau kain supaya uap tersebut tidak bercampur dengan udara dari luar.

Baca juga : Obat Bronkitis Alami dan Praktis

  • Meredakan Sakit Otot

Selain memiliki manfaat yang bagus untuk terapi bronkial atau penyakit bronchitis, minyak yang dihasilkan dari pohon cemara juga bisa kamu gunkaan untuk meredakan sakit otot. Kamu bisa menggunakan sebagai minyak pijat. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah jangan memiliki minyak yang berasal dari pohon cemara berjenis P. Sylvestris karena minyak dari pohon cemara tersebut justru bisa membuat kulit kamu menjadi iritasi. Manfaat pohon cemara ini bisa kamu dapatkan secara maksimal jika kamu menggunakan pohon cemara asli. Meski terkesan lebih merepotkan, penggunaan cemara asli lebih memberikan manfaat baik bagi kesehatan kamu.

Baca juga : Obat Nyeri Otot Alami dan Praktis

  • Mengobati Cacingan

Akar cemara diketahui telah digunakan secara turun temurun untuk mengobati anak yang terserang cacingan. Dari yang diketahui akar dari pohon cemara dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh untuk mengobati cacingan sebelum ditemukan resep obat konvesional yang mudah didapatkan di apotik seperti sekarang ini.

  • Sebagai Bumbu Masakan

Nah, manfaat yang lebih menariknya lagi, ternyata kambium dari pohon cemara bisa kamu gunakan sebagai bumbu masakan yang sehat lho. Kambium tersebut diketahui sangat berkontribusi pada rasa olahan masakan yang dibuat. Di mana dengan kambium pohon cemara tersebut bisa membuat rasa masakan menjadi lebih sedap.

  • Mengandung Vitamin C

Pohon cemara sendiri memiliki buah yang disebut dengan pinus. Nah, dari yang diketahui ternyata pinus tersebut memiliki kandungan senyawa vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di mana kandungan vitamin C nya tersebut diketahui memiliki kesetaraan dengan sumber vitamin C lainnya yang sudah dikenal lebih lama seperti dalam jeruk dan buah jambu. Dari yang diketahui temuan ini juga telah diteliti sebelumnya dan bahkan peneliti juga menemukan bahwa pinus dari pohon cemara juga mengadung flavanol dan bioflavonoid yang dapat berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

  • Menyehatkan Kulit

Berkat vitamin C nya yang terkandung di dalam kulit pohon cemara, tumbuhan yang satu ini juga dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C serta antioksidan dari flavanol dan bioflavonoid yang terkandung di dalamnya dikenal sebagai agen yang ampuh untuk perawatan kulit. Semua zat tersebut juga telah teruji secara klinis dapat membantu memberikan kesehatan terbaik untuk kulit seperti membantu mencerahkan kulit dan mengusir tanda-tanda penuaan dini, sehingga kulit senantiasa awet muda dan segar berseri.

Ok guys, itulah di sejumlah manfaat dari pohon cemara yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar