Selasa, 12 Februari 2019

Wowww... Ternyata Menangis Berdampak Positif Bagi Kesehatan Lho!!!

Wowww... Ternyata Menangis Berdampak Positif Bagi Kesehatan Lho!!! -  Hallo guys??? Siapa di sini yang mudah nangis atau sering nangis. Ok gak usah malu buat ngakuinnya guys. Nih yang perlu kalian tahu, ternyata menangis merupakan sesuatu yang dapat menyehatkan lho. Kok bisa??? Ok simak informasi lengkapnya berikut ini aja ya guys!!! :)

Wowww... Ternyata Menangis Berdampak Positif Bagi Kesehatan Lho!!!

Menangis sendiri sangat identik dengan anak kecil atau bayi. Kebanyakan bayi atau anak-anak menangis karena merasa tidak nyaman atau ketakutan, sehingga hal ini dapat dikatakan sebagai hal yang wajar bagi seorang anak kecil. Namun berbeda dengan orang dewasa nih guys. Pasalnya jika orang dewasa menangis, banyak orang yang sering menjadikan hal tersebut sebagai ejekan. Yup, ketika ada orang dewasa menangis hal ini sering dijadikan sebagai bahan lelucon, banyak yang bilang bahwa orang dewasa menangis itu cengeng atau tanda orang yang lemah. Sehingga tidak heran jika banyak orang dewasa sering menghindari situasi yang dapat membuatnya menangis di depan orang, terutama bagi kaum cowok yang memiliki mental kuat, dewasa dan kekar. Padahal dari segi kesehatan ternyata menangis dapat berpengaruh baik bagi kesehatan lho guys.

Menangis sendiri dikenal sebagai proses alami tubuh dikala merespons sesuatu baik itu stres ataupun emosi tertentu. Nah, dibalik sifat yang dikenal dengan istilah cengeng atau lemahnya tersebut, ternyata tanpa disadari ada banyak dampak positif yang bisa diberikan saat tubuh mengeluarkan air mata tangisan. Apa saja manfaat positif menangis bagi tubuh kita??? Nah, berikut ini adalah beberapa dampak positif dari menangis untuk tubuh, baik dari segi fisik maupun mental :

  • Melepaskan Stres Yang Baik Untuk Kesehatan Mental

Dari sebuah penelitian medis menujukkan bahwa air mata yang keluar karena respon emosional, dapat membuat hormon stres ikut keluar saat sedang menangis. Bahkan racun lainnya yang menumpuk saat mengalami stres juga akan ikut dikeluarkan. Tidak hanya itu dari hasil studi lain pun menunjukkan bahwa dengan menangis dapat merangsang hormon endorfin yang merupakan pembunuh rasa sakit alami yang dapat membuat Anda merasa lebih baik setelah Anda mengeluarkan semua emosi dengan tangisan.

Yup, sebagian orang pasti mengiyakan hal ini, karena hal ini mungkin memang terjadi pada dirinya. Saat kita sedang mengalami stres dan kita menangis untuk meluapkan rasa emosi yang terjadi pada tubuh. Maka setelahnya perasaan menjadi lebih baik, dan pikiran pun menjadi lebih tenang dari sebelumnya. Wowww.. keren kan guys. Jadi, bagi kalian yang stres akan suatu hal, jangan pernah malu untuk meluapkannya dengan tangisan. Karena dengan menangis akan membantu Anda menjadi lebih baik, dan bahkan saat semuanya telah membaik tanpa disadari otak kita akan menjadi lebih rileks untuk memikirkan jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Memperbaiki Mood

Mood sendiri berkatan dengan suasana hati. Kalian juga mungkin tahu bahwa terkadang suasana hati bisa saja berubah-ubah tanpa sebab yang jelas. Nah, dari yang diketahui kondisi tersebut bisa terjadi karena pengaruh dari kadar mangan yang ada dalam tubuh. Jika kadar mangan dalam tubuh berlebih hal ini diketahui dapat menyebabkan suasana hati menjadi tidah stabil dan sering menimbulkan perasaan seperti cemas, gelisah, depresi, kesal atau bete dan gangguan emosi lainnya. 

Nah, saat emosi yang terjadi memicu tubuh mengeluarkan air mata, maka jangan di tahan untuk mengeluarkannya guys. Karena air mata yang keluar karena dipicu oleh emosi tersebut diketahui dapat menurunkan kadar mangan yang berlebih dalam tubuh. Bahkan air mata yang keluar karena emosi juga diketahui mengandung protein albumin lebih tinggi yang bermanfaat untuk membawa molekul-molekul kecil seperti sejumlah zat beracun dalam tubuh untuk dikeluarkan. Nah, hal ini juga diketahui dapat membantu memperbaiki mood Anda yang tak karuan tersebut menjadi lebih baik.

Bahkan dari hasil studi penelitian yang dilakukan oleh University of South Florida membuktikan bahwa dengan menangis dapat memberikan ketenangan dan membantu meningkatkan mood dengan sangat efektif. Bahkan air mata yang keluar saat menangis juga diketahui memiliki efek melebihi efek antidepresan.

  • Membunuh Bakteri

Manfaat menangis lainnya yang dikenal sangat baik adalah manfaatnya yang mampu membunuh bakteri. Yup, dari yang diketahui tubuh dapat memproduksi air mata secara menerus-menerus. Nah, air mata yang satu ini diketahui mengandung cairan lysozyme yang berfungsi sebagai anti-bakteri. Kandungan tersebut diketahui dapat membunuh bakteri sebanyak 95% dalam 5-10 menit dengan cara menghacurkan dinding sel bakteri tersebut. Dari hasil sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Mucrobiology juga menunjukkan bahwa air mata mengandung protein anti-mikroba yang dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis microba jahat.

  • Membersihkan Mata Dari Kotoran

Yup, pada saat menangis secara otomatis kotoran yang menempel pada area di sekitar mata akan terhapus. Air mata yang mengalir akan membantu Anda mengeluarkan kotoran yang menempel pada mata dan area disekitarnya dan bahkan dorongan dari air mata yang mengalir diketahui memiliki kekuatan yang dapat membersihkan kotoran yang tidak bisa dihilangkan dengan hanya mencuci mata dari luar. Nah, hal ini juga sangat baik untuk menjaga dan memperbaiki penglihatan yang bermasalah karena kotoran yang menempel di mata. Selain itu, air mata juga diketahui berfungsi untuk menjaga agar mata tetap segar dan tidak kekeringan dan membantu penglihatan menjadi lebih jernih dari sebelumnya.

  • Mengurangi Tekanan dan Rasa Sakit

Menangis juga dikenal sebagai cara tubuh untuk mengekpersikan suatu emosi yang sedang terjadi. Ada banyak emosi yang diluapkan dengan menangis beberapa di antaranya yaitu karena perasaan tertekan atau stres dan rasa sakit karena suatu hal seperti terjatuh atau ada yang melukai perasaan. Nah, dikala hal tersebut terjadi, saat menangis tanpa disadari setelahnya kita akan merasa lebih baik. Karena dengan menangis emosi yang sedang terjadi pun akan pergi begitu saja. Hal ini akan meringankan beban yang sedang terjadi pada Anda. Dan hal ini juga menunjukkan bahwa air mata membawa dan membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit yang sedang dirasakan.

Nah, guys jadi gimana masih malu untuk menangis. Ok jika sobat malu untuk menangis di depan orang. Anda bisa menangis sendirian di tempat yang dapat membuat Anda lebih nyaman untuk meluapkannya, sehingga Anda tidak perlu takut untuk diejek. Namun, ada baiknya Anda juga bisa meluapkannya dengan didampingi seseorang yang bisa dipercara oleh Anda. Dengan meluapkannya di depan orang yang Anda percaya, mungkin hal ini menjadi jauh lebih baik, sehingga Anda juga bisa mengutarakan perasaan yang Anda alami dan meluapkannya dengan tenang. Nah, hal ini juga dapat membantu meringankan beban yang Anda alami. Tapi ingat ya guys, menangis memang sangat bemanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Namun berlarut-larut dalam tangisan berkepanjangan juga diketahui tidak baik lho guys. Jadi, jangan biarkan diri Anda berlarut dalam tangisan yang mana hal ini malah akan membuat keadaan menjadi lebih buruk. Usahkan untuk tetap berpikir positif ya guys. :)

Ok sobat, sekian yang dapat disampaikan untuk ulasan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus