Rabu, 06 Februari 2019

Manfaat Terbaik Gula Aren Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Terbaik Gula Aren Untuk Kesehatan Tubuh - Siapa yang gak kenal dengan jenis gula yang satu ini??? Yup, gula aren, selain dapat memberikan efek manis, ternyata gula aren dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja itu??? Yuk, kenali lebih dekat dari si manis gula aren ini!!!

Gula aren atau juga lebih dikenal dengan sebutan gula merah sendiri sudah tidak asing untuk kita dengar. Pasalnya gula aren ini merupakan jenis pemanis alami yang dihasilkan dari ekstrak buah aren atau juga dikenal dengan kolang kaling atau kawung. Penggunaan gula aren dalam kehidupan sehari-hari juga diketahui cukup banyak yakni untuk penguat rasa manis pada sejumlah makanan dan minuman.

Nah, di balik rasa manisnya tersebut, gula aren juga dikenal mengandung sejumlah kandungan nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga tidak mengherankan juga jika gula aren juga dikenal sebagai gula yang lebih sehat di banding jenis gula lainnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada pada gula aren, di antaranya :
  • Karbohidrat.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Fosfor.
  • Vitamin B3 (niasin).
  • Vitamin C.
  • Serat baik.
  • Fruktosa.
  • Sukrosa.
Manfaat Terbaik Gula Aren Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Gula Aren Yang Telah Terbukti Efektif

Adapun sejumlah manfaat yang bisa diberikan oleh gula aren pada tubuh kita di antaranya yaitu :

  • Mencegah dan Mengatasi Anemia

Anemia sendiri dikenal sebagai suatu kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan darah yang disebabkan akibat tidak terpenuhinya asupan zat besi yang cukup. Saat anemia terjadi, sejumlah gejala bisa terjadi seperti lelah, pusing, dan daya tahan tubuh kurang baik. Sehingga hal ini dapat menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Nah, untuk mencegah kondisi terjadi, gula aren bisa Anda andalkan sebagai obatnya. Gula aren sendiri diketahui mengandung zat besi yang tinggi untuk membantu menambah produksi sel darah merah.

Baca juga : Obat Anemia Herbal dan Praktis

  • Penambah Tenaga

Mungkin manfaat gula aren yang satu sudah banyak yang tahu. Yup, hal ini dikarenakan orang tua dulu, sering menyarankan untuk meminum seduhan gula aren agar tetap kuat untuk menjalankan aktivitas yang cukup berat sepanjang hari. Nah, hal ini diyakini karena gula aren mengandung  kalori yang stabil. Biasanya para pendaki gunung sengaja membawa dan mengkonsumsi gula aren untuk menambah tenaga dan energi saat mengalami kelelahan dalam pendakian.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Selain dapat membantu membentuk sel darah merah. Gula aren juga diketahui dapat membantu melancarkan peredaran darah. Sehingga hal ini dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai macam gangguan-gangguan yang berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Saat peredaran darah terhambat, kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan jantung yang dapat berbahaya tubuh seperti menyebabkan kerja jantung menjadi lebih berat dan dapat berakibat pada gagal jantung, tubuh terasa cepat lemas dan lelah, suplay oksigen ke otak berkurang dan lain sebagainya.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan yang ada pada gula aren juga diketahui dapat membantu merangsang sistem imun tubuh dan meningkatkannya. Sehingga dengan begitu hal ini juga dapat membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit, serta membantu tubuh agar tidak mudah lelah dan selali merasa segar dan lain sebagainya.

  • Mengontrol Kadar Kolesterol Tubuh

Gula aren juga mengandung vitamin B3 atau niasin yang dapat berguna untuk menjaga kolesterol tubuh tetap normal. Dengan kata lain, kadar kolesterol yang tinggi bisa kembali normal dengan mengkonsumsi atau memakan gula aren. Saat kolesterol tinggi terjadi, maka kondisi ini dapat sejumlah penyakit mengintai kita seperti stroke, penyakit jantung, diabetes, asam urat, kurang konsentrasi, mudah mengantuk dan lain sebagainya.

Baca juga : Obat Kolesterol Tinggi Herbal dan Praktis

  • Sebagai Campuran Ramuan Obat Tradisional

Selain sering digunakan sebagai campuran atau penambah cita rasa pada masakan. Di Indonesia gula aren seringkali dijadikan sebagai  bahan campuran obat tradisional lho. Di mana gula aren tersebut diketahui dapat memaksimalkan manfaat dan fungsi dari ramuan yang telah dibuat. Biasanya jamu atau obat tradisional yang dicampur dengan gula aren diketahui sangat ampuh untuk menyembuhkan sejumlah penyakit ringan seperti rematik, asam urat, masuk angin, pegal-pegal, demam dan lain sebagainya.

  • Sebagai Scrub Alami Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Nah, selain baik untuk kesehatan tubuh dari dalam. Gula aren juga bisa sobat manfaatkan sebagai perawatan kesehatan dari luar. Di mana gula aren bisa sobat jadikan sebagai scrub alami yang bisa digunakan untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan juga komedo yang dikenal sebagai masalah kulit yang sangat umum terjadi. Gula aren memiliki butiran halus yang bisa mengangkat kotoran hingga ke bagian pori-pori terdalam.

Nah guys, itulah dia beberapa manfaat dari gula aren yang telah terbukti efektif membantu memberikan kesehatan pada tubuh.

Ok sobat, sekain yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar