Selasa, 08 Januari 2019

Manfaat Tidur Siang Bagi Si Kecil

Manfaat Tidur Siang Bagi Si Kecil - Tahukan Bun, tanpa Bunda sadari bahwa tidur siang ternyata akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi si kecil baik itu untuk kesehatannya ataupun untuk perkembangannya.

Yup, selain makan dan minum, tidur juga menjadi kebutuhan penting yang harus terpenuhi oleh setiap orang baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Selain tidur di malah hari, ternyata tubuh juga diketahui sangat membutuhkan yang namanya tidur siang. Terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Pada orang dewasa tidur siang minimal 30 menit saja sudah dapat membantu meningkatkan produktivitas di saat mereka bekerja dan otak menjadi lebih segar.

Sementara untuk si kecil, tidur siang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mentalnya, sehingga kesehatan si kecil akan jauh lebih baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Namun yang perlu di ingat bahwa tidur siang yang terlalu lama tidak diperbolehkan, karena hal ini diketahui dapat menyebabkan tidur malamnya tergangganggu. Untuk orang dewasa waktu tidur yang paling efektif adalah 30 hingga 60 menit, sedangkan untuk anak-anak yaitu sekitar 1-3 jam.

Manfaat Tidur Siang Bagi Si Kecil

Manfaat yang dapat diperoleh si kecil saat tidur siang sangatlah banyak, beberapa di antaranya yaitu :

  • Merangsang Tumbuh Kembang Anak

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Medical School Harvard University mengungkapkan bahwa anak yang rutin melakukan tidur siang, pertumbuhannya diketahui jauh lebih baik dan optimal dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang.

Hal ini dikarenakan pada saat tidur siang, hormon yang berperan dalam pertumbuhan si kecil yakni human-Growth hormon (h-Gh) menjadi lebih aktif mengalir di dalam darah. Sehingga hal ini akan mempermudah hormon tersebut untuk merangsang pertumbuhan si kecil secara optimal.

Nah, hormon tersebut diketahui diproduksi oleh otak dan bekerja sama dengan hormon lainnya untuk membantu proses perkembangan dan pertumbuhannya.

  • Memperbaiki Mood Si Kecil

Dari yang diketahui balita di usia 2 tahun yang tidak tidur siang  atau waktu tidur siangnya kurang, ternyata lebih cenderung mengalami stres dan tidak bahagia. Sehingga hal ini diketahui cenderung berisiko menyebabkannya mengalami gangguan mental pada saat dewasa.

Kondisi ini bisa terjadi, karena pada saat anak kurang beristirahat atau kurang tidur, hal ini dapat menyababkannya cenderung lebih rewel dan cemas serta membuatnya menjadi tidak tertarik denganhal yang ada di sekitarnya.

Maka dari itu, tidur siang ini sangat penting untuk membantu si kecil terhindar dari perasaan stres dan cemas dan membuat mood si kecil menjadi jauh lebih baik lagi.

  • Mencegah Penyakit Pada Tubuh

Si kecil yang kurang istirahat juga diketahui dapat menyebabkan sistem imun tubuhnya melemah. Sehingga hal ini akan membuat tubuhnya rentan terserang penyakit. Nah, untuk mencegah kondisi ini terjadi, sebaiknya usahkan untuk membuat si kecil dapat beristirahat yang cukup, salah satunya dengan tidur siang.

  • Mampu Meningkatkan Daya Kreativitasnya

Pada saat tidur siang, kemampuan otak si kecil akan berkembang dan mampu meningkatkan persepsi sensorik yang sama seperti halnya dengan tidur malam. Sehingga hal ini dapat membantu si kecil untuk menciptakan beragam ide dan kreasi baru yang luar biasa.

Si kecil yang aktif melakukan tidur siang, cenderung jauh lebih baik dalam menciptakan berbagai macam ide dan karya yang sangat luar biasa. Tentunya hal ini bisa menjadi sangat bermanfaat untuk si kecil, karena dengan pola tidur yang baik tentu mampu menciptakan kualitas tidur yang baik juga.

  • Mengembalikan Stamina

Tidur siang juga bisa menjadi obat yang cukup mujarab untuk mengembalikan stamina tubuh yang terkuras saat si kecil melakukan berbagai macam kegiatan atau aktivitas yang melelahkannya. Dengan tidur siang tubuh si kecil akan menjadi lebih bugar dan tentunya akan dapat membuat si kecil kembali aktif untuk menjalankan berbgaai macam kegiatan atau aktivitas yang akan dapat selanjutanya, karena tubuh telah terisi oleh energi dan optimal saat ia tidur siang.

Ok, Bun jadi jangan pernah anggap sepele lagi tidur siang ya. Karena tidur siang si kecil memiliki peranan penting di masa pertumbuhan dan perkembangannya. Jika Bunda ingin membuat pertumbuhan dan perkembangannya si kecil menjadi jauh lebih baik, tidur siang bisa menjadi alternatif terbaiknya untuk si kecil.

Ingin tahu informasi seputa kesehatan lainnya??? Yuk, langsung saja klik di sini!!!

Nah, Bun sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar