Selasa, 08 Januari 2019

Cara Efektif Menghilangkan Stres Dengan Mudah dan Cepat

Cara Efektif Menghilangkan Stres Dengan Mudah dan Cepat - Hampir semua orang pasti pernah yang mengalami yang namanya stres walaupun tanpa disadari. Kondisi seperti ini bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa.

Banyak sekali kondisi yang mempengaruhi kondisi mental ini. Mulai dari masalah keluarga, tekanan hidup, beban dan target kerja di kantor dan masalah di sekolah merupakan hal yang paling sering menjadi penyebab seseorang mengalami stres. Biasanya, hal pertama yang sering menjadi pertanda seseorang sedang mengalami stres atau beban pikiran adalah perubahan sikap. Di samping itu, stres juga dapat berisiko menyebabkan kondisi kesehatan memburuk.

Nah, jika seseorang sudah menunjukkan tanda-tanda ia mengalami stres, tentunya tidak boleh kita abaikan atau pandang sebelah mata. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka kondisi ini diketahui dapat menimbulkan berbagai masalah lainnya dan bahkan dapat menimbulkan bahaya. Mungkin kalian tahu banyak orang yang mengalami stres atau beban pikiran berkepanjangan seringkali membuat dirinya dalam posisi yang tidak menguntungkan dan bahkan pikiran untuk mengakhiri hidup pun sering sekali bermunculan. Nah, untuk itu jangan anggap sepele masakah kondisi mental ini. Untuk itu penting untuk kita membantunya mengatasi stres yang dialami. 

Cara Efektif Menghilangkan Stres Dengan Mudah dan Cepat

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan stres dengan mudah dan cepat :

  • Olahraga

Aktivitas fisik yang satu ini selain dikenal sebagai aktivitas yang dapat memberikan kesehatan pada tubuh, juga sangat efektif untuk membantu menghilangkan stres. Terdapat banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan baik itu latihan intensitas ringan maupun latihan interval intensitas tinggi. Nah, dari yang diketahui dengan berolahraga yang baik dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan atau meningkatkan kadar endorfin. Kadar endorfin sendiri merupakan jenis hormon yang berfungsi untuk membantu membangkitkan perasaan bahagia dan tenang dalam diri. Berolahraga juga dapat memmbantu mengatasi stres dan melepaskan pikiran dari masalah tertentu.

  • Luangkan Waktu Sebentar

Mungkin hal ini akan sangat tepat untuk dilakukan. Yup, menyisihkan atau meluangkan waktu waluapun sebentar untuk diri sendiri setiap harinya seperti untuk jalan-jalan sebentar di pagi hari sebelum berangkat kerja atau meluangkan waktu sebentar di tengah kesibukan aktivitas dapat membantu merawat perasaan dan membantu menjernihakan pikiran. Yang mana hal ini akan sangat membantu untuk menghilankan stres.

  • Terapi Dengan Minyak Essensial

Dengan menghirup aroma esensial yang menyegarkan dan menengkan, hal ini dapat membantu Anda untuk melepas stres. Nah, dari yang diketahui saat stres terjadi, otot-otot tubuh cenderung tegang sehingga menyebabkan tubuh merasa lebih lelah dari biasanya. Terapi menggunakan minyak essensial seperti aroma lavender dan chamomile diketahui dapat membanut menenangkan pikiran. Anda bisa menambahkan beberapa tetes ke telapak tangan dan hirup aromanya. Aroma dari minya lavender diketahui sangat efektif untuk membantu meredakan sakit kepala, stres dan juga ketegangan di tubuh.

  • Mendengarkan Musik

Yup, musik dikenal sebagai media yang dapat membantu menghilangkan stres. Mengapa demikian??? Karena dengan mendengarkan musik yang disukai mampu menstimulus otak untuk lebih rileks dan membantu meningkatkan kadar hormon endorfin. Sehingga dapat membantu membangkitkan perasaan tenang dan senang, sehingga tekanan yang terjadipun dapat hilang dengan sendirinya.

  • Menari

Nah, untuk membantu menghilangkan stres menari yang diiringi musik juga dapat membantu Anda untuk menghilangkan beban pikiran atau stres yang sedang dialami. Di samping mampu meningkatkan fungsi otak, gerakan dalam tari juga dapat memberikan perasaan senang dan nyaman sehingga mampu membantu menghilangkan stres dengan mudah. Dan bahan dengan menari yang diiring dengan musik juga mampu membantu menstimulus otak dan meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh. Yang mana hal ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi stres dan beban pikiran yang dialami.

  • Mengkonsumsi Makanan Penghilang Stres

Yup, terdapat sejumlah makanan yang bisa menjadi alternatif penghilang stres yang baik. Salah satunya adalah cokelat, di mana makanan yang satu ini telah dikenal memiliki efek yang dapat memberikan perasaan senang pada otak. Sehingga banyak orang yang mengalami stres memilih untuk mengkonsumsi cokelat sebagai alternatifnya.

  • Istirahat Yang Cukup

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres adalah dengan tidur yang cukup. Ketika tubuh lelah, maka kondisi ini hanya akan menambah tekanan yang terjadi pada diri Anda. Jangan biarakan tubuh Anda terus memaksakan diri untuk menjalankan aktivitas. Tubuh yang lelah karena kurang istirahat diketahui hanya akan membuat konsentrassi menurun dan tidak fokus menghadapi berbagai masalah yang terjadi.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, biarkanlah tubuh untuk beristirahat dengan waktu yang cukup, yaitu selama 7-8 jam sehari. Dengan tidur yang cukup diketahui mampu meremajakan tubuh yang lelah sehingga ketika bangun, tubuh dan pikiran akan terasa lebih fresh dan siap menjalani aktivitas.

Yang perlu diketahui, tidak baik memelihara stres terlalu lama. Tanpa kita sadari seiring berjalannya waktu tekanan demi tekanan akan sering bermunculan yang kemudian akan membabani pikiran dan perasaan. Nah, hal ini tentunya tidak akan baik untuk kondisi kesehatan Anda. Oleh karena itu, ada baiknya jika mulai merasakan tekanan dan stres segeralah untuk mengatasinya dengan cara yang tepat. Anda bisa pilih salah satu cara yang dapat membuat Anda merasa nyaman atau Anda juga dapat mengkombinasikan beberapa cara yang bisa membantu Anda keluar dari tekanan yang terjadi. Dengan begitu stres yang sedang dialami dapat dengan cepat teratasi, sehingga rutinitas biasa yang sering dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Ok sobat, itulah dia tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangan tekanan atau stres yang dialami dengan mudah dan cepat. Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Yuk, langsung aja klik di sini!!!

Sekian yang dapat disampaikan, semoba bermanfaat dan terimakasih untuk kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar