Selasa, 08 Januari 2019

Manfaat Berenang Bagi Tubuh

Manfaat Berenang Bagi Tubuh - Ok, salah satu olahraga air yang banyak diminati baik oleh kalangan muda maupun tua ini diketahui memiliki banyak manfaat yang tak terduga loh. Yup, berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat menyenangkan dan mengasyikan di samping bermanfaat bagi tubuh. Sehingga tidak heran jika olahraga yang satu ini banyak diminati oleh banyak orang terutama anak-anak.

Manfaat Berenang Bagi Tubuh

Nah, banyak orang yang bilang dengan berenang maka tubuh pun akan menjadi tinggi. Yup, hal ini memang tidak sepenuhnya salah, jika olahraga ini dijalani dengan teratur dan rutin manfaatnya bisa dirasakan dengan cepat. Namun yang perlu diketahui nyatanya berenang tidak hanya dapat membuat tinggi badan menjadi meningkat. Olahraga air yang satu ini ternyata memiliki manfaat lain yang sangan baik untuk tubuh. Penasaran??? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari olahraga renang yang jika dilakukan dengan baik teratur dan rutin :

  • Meningkatkan Kekuatan Otot

Yup, mungkin manfaat berenang yang satu ini tidak perlu sobat ragukan lagi. Berenang sendiri diketahui sebagai olahraga yang memerankan otot dan tulang untuk pergerakannya. Pada saat berenang seluruh otot akan bergerak dan akan terbentuk sempurna. Yang mana hal ini bisa menjadi alternatif rutin yang tepat bagi sobat yang kebanyakan duduk tegak di sekolah atau kantor.

  • Melatih Pernapasan

Tanpa disadari gerakan-gerakan pada saat berenang dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan bahkan mampu membuat pernapasan terlatih menjadi lebih kuat dan panjang dengan sendirinya. Pada saat berenang tanpa sadar tubuh akan beradaptasi untuk menggunakan oksigen secara efisien. Dalam sebuah studi penelitian yang dilakukan di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menyebutkan bahwa dengan berenang jumlah udara yang masuk dan keluar dari paru-paru lebih baik dibandingkan dengan berlari.

  • Membantu Meningkatkan Tinggi Badan

Jika kebiasaan berenang dilakukan pada saat masa pertumbuhan, hal ini diketahui dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan otot. Sehingga dengan begitu kondisi ini dapat membantu meningkatkan tinggi badan.

  • Meredakan Stres dan Depresi

Tidak salah lagi, karena berenang dikatakan sebagai olahraga yang menyenangkan. Maka tidak heran jika olahraga yang satu ini dikenal mampu menghilangkan stres dan depresi. Yup, kemungkinan tanpa disadari saat tubuh menyentuh air, hati menjadi lebih senang dan tenang. Saat berenang tubuh akan merasa jauh lebih rileks dan membuat mood menjadi meningkat. Karena berenang sendiri merupakan olahraga yang membutuhkan gerakan yang banyak, maka kondisi ini akan sangat membantu untuk merangsang hormon endorfin yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang selalu mengajak berenang untuk menghilangkan stres dan depresi.

  • Menurunkan Berat Badan

Berenang juga diketahu sebagai olahraga yang sangat cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Yup, hal ini dikarenakan gerakan-gerakan saat berenang mampu membantu tubuh untuk membakar lemak secara alami. Dari yang diketahui dengan berenang selama 30 menit saja sudah dapat membakar 200-300 kalori di dalam tubuh. Hal ini dapat berjalan dengan baik jika diimbangi dengan gaya hidup yang sehat lainnya.

  • Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Mungkin kalian sudah tahu sendiri bahwa berenang sangat membutuhkan yang namanya keseimbangan tubuh, jika tidak maka tubuh akan mudah tenggelam. Nah, saat berenang kedua tangan dan kaki bergerak, mengembangkan otot-otot di perut dan punggung bawah. Berenang juga dapat membnatu meregangkan serat otot dan juga ligemen. Umumnya, orang yang rutin berenang memiliki keseimbangan yang stabil.

  • Menurunkan Risiko Terkene Diabetes

Bukan hanya mampu membakar lemak pada tubuh, nyatanya dengan berenang gula darah dan kalori yang berlebih juga dapat terbakar. Dengan berenang setidaknya tiga kali seminggu dengan durasi 30 menit setiap kalinya, mampu membakar kalori hingga mencapai 900 kalori. Yang mana hal ini akan sangat menguntungkan bagi penderita diabetes, dan sangat bermanfaat untuk membantu Anda terbebas dari diabetes.

  • Membuat Awet Muda

Menurut riset penelitian dari Indiana Unbersity, berenang mempengaruhi tekanan darah, kolesterol dan kesehatan jantung serta pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot, kimiawi darah yang lebih identik pada orang yang lebih muda. Yang mana hal ini akan mampu membuat Anda tetap bugar di usia senja dan usia bisa lebih panjang. Dan bakan jika kamu rutin berenang, usia senja nanti, Anda akan terlihat seperti 20 tahun lebih muda.

  • Mencerdaskan Otak

Satu hal lagi mengenai manfaat berenang bagi tubuh adalah yaitu dapat membantu mencerdaskan otak. Dalam sebuah studi di Journal of Physiology, aliran darah ke otak akan meningkat sampai 14% ketika pria menceburkan diri ke air sampai jantungnya. Mereka mengatakan bahwa tekanan air di rongga dada berhubungan dengan hal itu. 

Nah, bagaimana sobat??? Suguh bermanfaatkan olahraga renang itu. Yup, di samping baik untuk kesehatan tubuh, berenang juga sangatlah mengasyikan dan mampu melepaskan kita dari stres, depresi dan tekanan yang tak kunjung kelar juga. 

Ok, sobat itulah dia beberapa informasi manfaat berenang bagi tubuh. Sekian ulasan manfaat berenang bagi tubuh yang dapat disampaikan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi kalian, dan terimakasih untuk kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar