Senin, 07 Januari 2019

Manfaat Buah Stroberi

Manfaat Buah Stroberi - Siapa sih yang gak kenal dengan si buah yang memiliki warna menggoda dengan bentuk yang unik, dan rasa masam manis yang menyegarkan di mulut ini??? Yup, dia si buah stroberi, buah yang hampir digemari oleh semua orang akan keunikannya. Namun, tahukan kalain bahwa selain keunikannya tersebut, buah ini juga dikenal akan manfaatnya yang sangat baik untuk tubuh. Penasaran??? Yuk, langsung aja disimak ulasan lengkapnya ya guys!!!

Manfaat Buah Stroberi

Buah yang dikenal dengan nama yang sama di hampir seluruh negara di dunia ini merupakan buah yang sangat populer akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Di mana kandungan antioksidan sendiri dikenal sebagai yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan kandungan tersebut beberapa kerusakan sel dan jaringan tubuh dapat diperbaiki secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

Bukan hanya kaya akan antioksidannya yang tinggi, buah yang satu ini juga dikenal memiliki senyawa bermanfaat lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa senyawa berkhasiat lainnya dari buah stroberi ini di antaranya yaitu vitamin C dan K, serat, folat, magnesium dan kalium. 

Nah, yang perlu diketahui ternyata manfaat dari buah stroberi ini telah dikenal sejak zaman Romawi kuno. Pada zaman tersebut buah ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk memutihkan gigi, mengobati iritasi pada kulit dan untuk memperbaiki masalah pencernaan.

Dengan tingginya kandungan senyawa dan nutrisi yang terkandung dalam buah stroberi, menjadikan buah yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dimiliki buah stroberi bagi kesehatan tubuh, di antaranya yaitu :

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Tingginya kadar vitamin C dalam buah stroberi tidak mengherankan jika banyak para ahli menyarankan buah ini untuk dikonsumsi sebagai bahan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C sendiri dikenal memiliki kemampuan yang dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh. Jika sistem imun tubuh kuat maka hal ini akan sangat membantu tubuh untuk melawan infeksi tertentu.

  • Mengurangi Risiko Penyakit jantung


Dari yang diketahui sejumlah senyawa yang terkandung dalam stroberi juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Di mana serat, folat, vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam stroberi dikenal mampu mencegah dan mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah, yang mana hal ini akan sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.


  • Melawan Kanker


Stroberi juga dikenal dengan kandungannya yang bernama asam ellagic yang memainkan peranan penting dalam menekan pertumbuhan sel kanker. Nah, di samping itu, zat antioksidan yang terkandungnya dapat membantu membuat sel kanker untuk menjauh. Serta dikombinasikan dengan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga mampu membantu tubuh untuk melawan sel kanker.

  • Menghilangkan Kerutan Di Wajah


Vitamin C yang terkandung dalam stroberi juga diketahui dapat menghasilkan kolagen yang berperanuntuk meningkatkan keelastisitasan kulit. Nah, para ahli menyebutkan bahwa tubuh manusia akan kehilangan kolagen ketika beranjak tua. Sehingga hal ini akan membuat elastisitas kulit berkurng, dan akan membuat kulit terlihat lebih tua dan lebih keriput. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, stroberi bisa menjado solusinya, di mana kandungan vitamin C nya akan dapat membuat kulit lebih elastis dan terlihat lebih muda.

  • Mengurangi Berat Badan


Kandungan kalori dalam buah stroberi diketahui hanya sedikit, namun kaya akan serat, sehingga hal ini akan sangat bermanfaat untuk membantu proses diet atau penurunan berat badan. Seratnya yang tinggi tersebut diketahui akan mampu memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Dan jika dikonsumsi sebelum makan, akan memberikan rasa kenyang yang cukup hanya dengan makan sedikit. Di samping itu, vitamin C nya akan dapat membantu meningkatkan metabolisme untuk membakar kalori lebih cepat.

  • Membuat Rambut Menjadi Lebih Sehat dan Berkilau


Di samping itu, nutrisi yang terkandung dalam stroberi juga diketahui efektif untuk membantu mencegah penipisan rambut, ketombe dan infeksi jamur di kulit kepala.

  • Membantu Meningkatkan Memori


Bukan hanya itu, stroberi juga diketahui mampu membantu meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan stroberi mengandung flavonoid yang disebut dengan fistein yang dapat meningkatkan memori otak. Dari hasil sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi dua atau lebih stroberi dalam seminggu sudah dapat membantu meningkatkan memori.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Perpaduan antara polifenol, potasium dan zat besi yang terkandung dalam stroberi memiliki manfaat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang mana hal ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit jantung atau kardiovaskular. Di samping itu, kandungan kaliumnya yang melimpah juga diketahui akan sangat bemanfaat dalam membantu mengatur tekanan darah.

Baca juga : Obat Darah Tinggi

  • Memutihkan Gigi


Kegunaan stroberi yang satu ini sudah tidak perli sobat ragukan lagi. Karena manfaat dari stroberi sebagai bahan pemutih gigi ini telah dikenal sejak zaman romawi. Nah, dari hasil penilitian yang telah terbukti, menyatakan bahwa asam malat yang terkandung dalam stroberi ini menjadi kandungan yang berperan dalam memutihkan gigi. Di mana kandungan tersebut diketahui mampu mengikis dan menghilangkan beberapa noda yang terdapat pada permukaan gigi. Hanya dengan mengunyahnya saja setiap hari hal ini sudah dapat membantu untuk menyehatkan mulut seperti, memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut dan membuat napas menjadi lebih segar.

  • Mengobati Jerawat


Stroberi juga diketahui memiliki senywa yang bernama asam salisilat yang berfungsi untuk mengobativ jerawat secara alami. Di samping itu, kandungan dari stroberi ini juga memiliki efek antiradang atau antiinflamsi yang dapat membantu mengatasi jerawat yang sudah meradang dan membantu menghilangkan flek atau noda hitam bekas jerawat.

  • Menghaluskan Kulit


Bukan hanya bermanfaat untuk mengobati jerawat, kandungan yang terkandung dalam stroberi juga diketahui mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk penggunaannya sendiri sobat hanya perlu menjadikan stroberi sebagai lulur mandi. Agar manfaat lebih baik, sobat dapat mencampurkan stroberi yang telah dihaluskan dengan susu dan minyak zaitun. Selain dapat membuat kulit menjadi lebih halus, juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah. 

Itulah dia beberapa manfaat dari buah stroberi yang baik untuk kesehatan tubuh. Sekian yang dapat disampaikan, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian dan terimaksih untuk kunjungannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar