Kamis, 10 Januari 2019

Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan Tubuh - Mungkin kalian semua sudah tidak asing dengan namanya teh. Yuh, teh seringkali menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Hampir diseluruh negara teh menjadi minuman favorite masyarakatnya. Mungkin sobat juga telah mengetahui bahwa teh memiliki jenis yang sangat beragam. Mulai dari teh hijau yang sedang marak dan populer saat ini hingga teh oolong yang tidak setenar dengan teh hijau.

Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan Tubuh

Yup, walaupun tak sepopuler teh hijau nyatanya teh oolong juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh.  Sama halnya dengan jenis teh lainnya, teh oolong juga dihasilkan dari olahan tanaman bernama Camellia Sinensis. Di mana teh oolong juga memiliki kandungan antioksidan, polyphenol dan flavonoid yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker dan penyakit mematikan lainnya. Selain itu, teh oolong juga dikenal dengan kandungan yang bernama teofilin dan teobromin yang mirip dengan kafein.

Walaupun semua teh berasal dari tanaman yang sama. Namun, setiap jenisnya memiliki perbedaan, baik dari segi pengolahan hingga khasiatnya. Teh oolong merupakan teh yang melalui proses fermentasi sebagian, yang dengan kata lain kandang polyphenolnya sendiri masih tinggi. Dari yang diketahui semakin banyak proses fermentasi yang dilakukan, maka kandungan polyphenol di dalam teh akan berkurang. Nah, dari yang diketahui proses fermentasi yang dilakukan pada teh oolong sendiri bertujuan untuk memberikan rasa dan warna yang khas, serta memberikan manfaat tersendiri pada teh oolong.

Nah, beberapa manfaat teh oolong yang telah banyak dikenal di antaranya yaitu :

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Dari sebuah penelitian yang dilakukan dalam skala kecil, kandungan antioksidan pada teh oolong diyakini dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh pada pasien dengan penyakit jantung koroner. Yang mana hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung.

  • Mengurangi Risiko Kanker Ovarium

Kemungkinan manfaat dari teh oolong yang satu ini juga bisa didapat dari jenis teh lainnya. Di mana dari hasil studi mengungkapkan bahwa meminum teh hijau, teh hitam atau teh oolong setiap hari dipercaya dapat mengurangi risiko kanker ovarium pada wanita. Mengapa demikian??? Karena teh oolong sendiri memiliki kandugan antioksidan yang dapat membantu menekan pertumbuhan sel kanker dan mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh.

  • Menstabilkan Kadar Gula Darah

Di samping itu, sebuah studi lain yang dilakukan dalam skala kecil, menyebutkan bahwa teh oolong juga diduga kuat dapat membantu penggunaan obat diabetes untuk menjaga kadar glukosa dalam darah. Yang mana hal ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2 dan membantu menstabilkan kadar gula dalam daranya.

  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Penelitian yang telah dilakukan di Cina juga menunjukan bahwa minum teh oolong secara teratur setiap hari dipercaya dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi hingga sekitar 50%. Dengan kata lain manfaat dari teh oolong ini memang sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung.

  • Mencegah Osteoporosis

Dari hasil penelitian lain, juga menyebutkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi teh oolong memiliki kepadatan tulang yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya. Senyawa yang terkandung di dalamnya diduga mampu membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan mengembalikan kepadatan tulang secara alami dan menyeluruh.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Teh dikenal akan kandungan kafeinnya, termasuk teh oolong juga. Nah, kafein yang terkandung di dalam teh oolong tersebut dianggap mampu meningkatkan fokus dan kinerja mental. Selain itu, teh oolong juga dapat menjadi minuman berenergi untuk meningkatkan perfoma ketika beraktivitas seharian. Hal ini akan sangat membantu bagi Anda yang sering mengalami kelelahan dan ngantuk saat beraktivitas baik bersekolah ataupun bekerja.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Bukan hanya teh hijau saja yang dikenal dapat membantu menurunkan berat badan. Nyatanya jenis teh oolong juga diketahui memiliki kemampuan yang sama. Dengan mengkonsumsi teh oolong dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

  • Menajamkan Otak

Senyawa yang terkandung dalam teh oolong juga diketahui dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan fungsi kognitif otak. Nah, senyawa kafein yang terkandung dalam teh oolong diketahui memiliki kemampuan yang dapat bekerja untuk merangsang sistem saraf pusat otak. Di samping itu, kafein juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit alzheimer dan parkinson. Dari hasil penelitian lain menunjukan bahwa mengkonsumsi kafein dalam jangka panjang memiliki efek perlindungan terhadap risiko mengidap alzheimer dan parkinson. Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kafein dapat membantu memperlambat proses penurunan fungsi otak yang diakibatkan oleh usia lanjut.

Baca juga : Obat Kesehatan Otak

  • Meningkatkan Memori

Dari hasil sebuh studi yang pernah diadakan pada tahun 2004 menunjukan bahwa selain bermanfaat untuk fungsi kognitif, dengan mengkonsumsi teh oolong secara teratur juga dapat membantu meningkatkan memori jangka panjang. Teh oolong dapat menghambat aktivitas asetilkolinesterase, yaitu sebuah enzim yang memecah neurotransmiter otak yang melemah pada kondisi penyakit alzheimer. Sehingga dengan kata lain hal ini juga akan sangat bemanfaat untuk membantu mencegah terjadinya penyakit alzheimer.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Dari hasil studi penelitian yang dilakukan oleh Peters di tahun 2001 menunjukkan hasil bahwa dengan minum 3 cangkir teh oolong setiah harinya diketahui dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung pada partisipan penelitian hingga 11%. Yang mana hal ini menunjukan bahwa teh oolong dapat bermanfaat untuk membantu mencegah serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

  • Mencegah Gigi Berlubang

Selainn akan senyawa kafeinnya, teh oolong juga diketahui mengandung senyawa fluorid dan antioksidan yang dapat memelihara kesehatan gigi. Tidak hanya itu, teh oolong juga mengandung antibakteri yang dapat membantu mencegah gigi berlubang dan mengurangi keasaman ludah yang dapat menjaga kekuatan emal yaitu lapisan luar gigi.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Dari laporan penelitian studi yang dilakukan oleh Uehara di tahun 2001, menemukan bahwa teh oolong dan juga teh hijay diketahui dapat membantu meringangkan reaksi dermatitis alergi sesudah mengkonsumsinya selama seminggu satu gelas sehari. Tak hanya itu, teh oolong juga bisa menurunkan risiko kanker kulit. Nah, hal ini juga dikenal sangat baik untuk membantu merawat kesehatan kulit.

  • Melawan Bakteri

Teh oolong juga dikenal memiliki efek antisepetik dan antibakteri yang dapat membantu tubuh melawan sejumlah infeksi bakteri. Senyawa yang terkandung di dalamya tersebut membuat teh oolong memiliki efek protektif terhadap infeksi sejumlah bakteri seperti Salmonella, E.coli, Pseudomonas, dan lainnya. Teh ini juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Efek Samping Dari Teh Oolong

Walupun telah diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, pengonsumsian teh oolong juga perlu sobat perhatikan. Mengkonsumsi teh oolong lebih dari 5 gelas perhari diketahui dapat menyebabkan beberapa efek samping, mulai dari yang ringan hingga yang berat sekalipun. Hal tersebut dikarenakan adanya pengaruh buruk dari kelebihan kafein. 

Kafein sendiri memang dapat bermanfaat bagi tubuh, namun yang perlu sobat ingat mengkonsumsi terlalu banyak senyawa kafein dapat menimbulkan sejumlah efek samping seperti sakit kepala, pusing, denyut jantung tidak teratur, susah tidur, gugup, diare, muntah, iritasi, telinga berdenging, hingga kejang-kejang. Sehingga sobat perlu memerhatikan asupan kafein pada tubuh Anda.

Pada umumnya teh oolong aman dikonsumsi baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun, kemungkinan untuk para ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi teh oolong lebih dari dua gelas sehari. Hal ini dikarenakan jumlah tersebut sudah mengandung sekitar 200 mg kafein. Karena jika terlalu banyak kafein tubuh saat masa kehamilan diketahui dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur dan membahayakan kesehatan janin. 

Selain itu, terlalu banyak kafein pada masa menyusui juga diketahui dapat menyebabkan iritasi usus pada bayi. Jadi, sobat harus sebijak mungkin dalam mengkonsumsi teh oolong, agar khasiat dari teh oolong sendiri bisa didapatkan secara maksimal.

Ok sobat, itulah dia beberapa manfaat dari teh oolong bagi kesehatan yang dapat disampaikan. Sekian dari saya, semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi Anda sekalian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar