Kamis, 10 Januari 2019

Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh

Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh - Apa sobat sudah pernah merasakan bagaimana rasanya mengkonsumsi rumput laut??? Yup, mungkin sebagian di antara kalian ada yang menyukainya dan ada juga yang tidak. Namun yang perlu sobat tahu, ternyara rumput laut diketahui memiliki berbagai macam senyawa yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. 

Rumput laut sendiri dikenal sebagai salah satu jenis tanaman alga yang tumbuh di dasaran laut. Dari yang diketahui ada banyak jenis rumput laut yang bisa ditemukan beberapa di antaranya yaitu alga merah, alga cokelat dan alga hijau. Terdapat banyak olahan makanan yang disajikan dengan memanfaatkan rumput laut salah satunya adalah sushi yaitu salah satu jenis makanan yang hampir dikenal di hampir seluruh negara. Makan asli negara jepang ini menjadi makanan yang banyak digemari bagi masyarakatnya dan bahkan sudah sangat populer di sejumlah negara lainnya. Ciri khas dari sushi ini adalah kombinasi antara nasi dan beberapa jenis sayuran termasuk rumput laut dan ikan salmon yang biasa menjadi lauk yang paling digemarinya, sehingga tidak heran jika sushi juga dikenal sebagai makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Di samping kenikmatannya, ternyata dengan mengkonsumsi rumput laut kita bisa mendapatkan manfaat yang tak terduga bagi kesehatan tubuh. 

Yup, hal ini dikarenakan rumput laut sendiri diperkaya akan sejumlah senyawa dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan yang terkandung dalam rumput laut tersebut di antaranya yaitu :
  • Karbohidrat.
  • Protein.
  • Serat.
  • Vitamin.
  • Magnesium.
  • Mangan.
  • Kalsium.
  • Folat.
  • Zat besi.
  • Yodium.
  • Kalium.
  • Sodium.
  • Tembaga.
  • Antioksidan.
  • Vitamin A, C, E, dan K.
  • Kolin.
  • Fosfor.
Dengan sejumlah kandungan tersebut, rumput laut ini diketahui menjadi bahan makanan yang kaya akan manfaat. Nah, beberapa manfaat yang dimiliki rumput laut di antaranya yaitu :

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Rumput laut dikenal memiliki kandungan serat dalam jumlah yang tinggi, di mana hal ini diketahui akan dapat menunjang kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, rumput laut juga dikenal akan kandunganya yang bernama polisakarida, kandungan ini diduga mampu membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada saluran cerna. Dengan terjaganya sistem pencernaan, maka Anda juga dapat lebih mudah untuk mengendalikan berat badan.

  • Menjaga Kadar Hormon

Vitamin K yang terkandung dalam rumput laut akan membantu untuk menjaga kadar hormon pada tubuh Anda. Nah, jika Anda mengkonsumsinya setiap hari, maka Anda bisa mendukung kelenjar adrenal dalam tubuh sehingga hormon di dalam tubuh pun menjadi lebih seimbang dan membuat banyak organ tubuh yang bekerja dengan normal.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Rumput laut juga dikenal kaya akan kalsium dan magnesium, di mana kedua mineral ini dikenal akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Sehingga dengan kat lain rumput laut juga bisa membantu Anda untuk membuat tulang Anda menjadi lebih sehat dan mengurangi risiko terkena osteoporosis sejak dini.

  • Mencegah Kanker

Penyakit kanker sendiri merupakan jenis penyakit yang sangat serius mengingat banyak kematian yang terjadi disebabkan oleh penyakit kanker. Nah, yang perlu sobat ketahu ternyata rumput laut ini memiliki senyawa yang dikenal dengan nama fucoidan, senyawa ini diketahui mampu membunuh dan menghambat perkembangan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh salah satunya adalah kanker payudara. Di samping itu, rumput laut juga diketahui memiliki kandungan antioksidan yang akan membantu Anda untuk terhindar dari serangan radikal bebas penyebab kanker.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Di samping baik untuk menjaga kadar hormon dalam tubuh. Kandungan vitamin K yang terdapat dalam rumput laut juga diketahui mampu berkoordinasi dengan trombosit yaitu jenis sel yang dapat membantu gumpalan atau pembengkukan darah. Nah, nantinya vitamin K tersebut akn mengirimkan sinyal kimia di mana trombosit mengumpulkan darah dan membekuknnya, sehingga saat Anda terluka, darah pada luka tersebut akan berhenti mengalir.

  • Meningkatkan Energi

Selain itu, rumput laut juga memiliki sejumlah mineral yang cukup banyak salah satunya adalah zat besi. Nah, kandungan zat besinya yang terkandung di dalamnya ini akan dapat membantu tubuh untuk memproduksi energi yang akan digunakan untuk menjalankan aktivits sehari-hari. Kurangnya zat besi dalam tubuh diketahui dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan salah satunya adalah anemia, yang dapat membuat Anda merasa lesu dan lemah.

  • Mencegah Kerusakan Sel

Yup, kandungan antioksidan yang terkandung dalam rumput laut akan membantu Anda untuk menangkal sejumlah radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas sendiri dikenal sebagai senyawa berbahaya yang menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyakit. Di samping itu, radikal bebas juga dikenal mampu menyebabkan kerusakan pada sel tubuh. Jadi, dengan rutin mengkonsumsi rumput laut maka Anda akan terhindar dari kerusakan sel dan berbagai jenis penyakit yang bisa terjadi akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan yang dihasilkan dari flavonoid dan karotenoid yang terkandung dalam rumput laut akan membnatu melindungi tubuh Anda dari serangan radikal bebas, sehingga kerusakan sel tubuh pun dapat terhindari.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Serat yang dimiliki rumput laut dikenal sebagai serat larut yang sangat baik untuk tubuh. Di samping itu, rumput laut juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan. Nah, dari beberapa penelitian mengenai kandungan dari rumput laut menunjukan bahwa kandungan gizi yang terdapat di dalamnya mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL), menurunkan tekanan darah serta mencegah pembengkuan darah. Namun, hasil penelitian masih diperlukan studi lanjutan untuk memperkuat bukti ini.

Baca juga :

  • Terhindar Dari Pembengkakan Kelenjar Tiroid

Dari kebanyakan kasus, pembengkakan kelenjar tiroid diketahui terjadi akibat tubuh kekurangan yodium. Nah, untuk membantu mencegah dan mengatasinya, rumput laut bisa menjadi alternatif pengobatannya. Di mana rumput laut sendiri dikenal memiliki kandungan yodium yang baik untuk tubuh. Mengingat kandungan yodium diketahui cukup jarang untuk ditemui pada jenis makanan lain. Sehingga dapat dikatakan rumput laut ini bisa menjadi solusi yang tepat. Kandungan yodiumnya tersebut akan membantu mempertahankan tiroid yang sehat dan memperbaiki produksi hormon tiroid yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.

Baca juga : Obat Gondok Beracun

  • Baik Untuk Kesehatan Kulit

Anda sendiri telah mengetahui bahwa rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Nah, di antaranya adalah vitamin C dan E. Mungkin Anda juga telah mengetahui manfaat dari kedua vitamin ini. Yup, kedua vitamin ini dikenal sangat baik untuk merawat kesehatan kulit tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi rumput laut, maka kulit tubuh akan terasa menjadi lebih sehat, bersih dan lembab.

Ok sobat, itulah dia beberapa manfaat dari rumput laut bagi kesehatan tubuh yang dapat disampaikan. Sekian dari saya, semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi Anda sekalian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar