Rabu, 26 September 2018

Khasiat Teripang Emas "Hewan Lunak Dari Dasaran Laut" Untuk Kesehatan

Khasiat Teripang Emas "Hewan Lunak Dari Dasaran Laut" Untuk Kesehatan - Mungkin sekarang kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teripang. Yup, teripang atau lebih dikenal oleh orang awam sebagai timun laut ini diketahui sebagai salah satu jenis hewan laun yang memiliki banyak spesies. Jenis hewan laut yang satu ini hampir memiliki 1.250 spesies berbeda yang tersebar luas di lautan di bumi ini. Teripang sendiri telah banyak digunakan sebagai makanan atau cemilan sehat di beberapa negara, terutama di kawasan Asia. Ya, hal ini tidak lain karena teripang diketahui memiliki sejumlah kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. 

Namun, tahukah kalian tidak semua spesies dari teripang ini memiliki kandungan yang sama. Dari sekian banyak spesies terdapat beberapa spesies teripang yang digolongkan ke dalam jenis teripang unggulan. Beberapa teripang tersebut yaitu :
  • Teripang Putih (Holothuria Scabra)
  • Teripang Koro (Microthele Nobelis)
  • Teripang Pandan (Theenota Ananas)
  • Teripang Dongnga (Stichopu Ssp)
  • Teripang Emas (Golden Stichopus Variegatus)
Nah, dari beberapa jenis spesies teripang emas unggulan tersebut, terdapat satu teripang yang dikenal memiliki banyak senyawa aktif yang lebih baik di banding dengan spesies lainnya. Yup, spesies tersebut adalah teripang emas (Golden Stichopus Variegatus).

Teripang Emas (Golden Stichopus Variegatus)

Dari hasil penelitian yang ada, teripang emas diketahui sebagai spesies teripang yang memiliki banyak kandungan aktif yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga, tidak heran banyak orang yang menjadikan teripang emas sebagai camilan yang berkhasiat untuk tubuh mereka dan bahkan di beberapa negara teripang emas telah menjadi makanan favorite dan makanan keseharian masyarakatnya. Di samping itu, mereka juga meyakini bahwa senyawa yang dimiliki teripang emas mampu membantu menyembuhkan penyakit yang telah bersarang pada tubuh mereka. Maka tidak heran jika banyak perusahaan farmasi menjadikan teripang emas sebagai bahan baku untuk pembuatan obat. Beberapa kandungan berkhasiat yang dimiliki teripang emas ini diantaranya adalah :
  • Asam Amino
  • Antiseptik Alami
  • Asam Lemak Essensial
  • Asam Docosahexanat (DHA)
  • Cel Growth Factor (CGF)
  • Chondroitin
  • Gamapeptide
  • Glucasaminoglycans (GAGs)
  • Glucosamine
  • Glikosida Keratin
  • Kolagen 80%
  • Lektin
  • Mineral
  • Mukopolisakarida
  • Omega 3, 6, dan 9
  • Philinopside A dan E
  • Protein 86,8%
  • Dan berbagai senyawa aktif berkhasiat lainnya.
Selain dikenal sebagai salah satu spesies teripang unggulan, ternyata yang membedakan teripang emas dan spesies teripang lainnya juga diketahui dari sejumlah kandungan dan senyawa yang dimilikinya. Di mana teripang emas ini diketahui sebagai sebagai satu-satunya teripang yang memiliki kandungan aktif dari gamapeptide. Kandungan ini diketahui hanya dimiliki oleh teripang emas dan tidak dimiliki oleh spesies teripang lainnya. Sehingga hal ini juga lah yang sering menjadikan teripang emas sebagai teripang yang lebih unggul dan lebih istimewa dibandingakan dengan spesies teripang lainnya. Nah, dari yang diketahui gamapeptide dikenal sebagai kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan kandungan aktif ini memilii beragam macam manfaat yang sangat baik untuk tubuh, beberapa di antaranya adalah :
  • Memiliki kemampuan dalam menstabilkan emosi
  • Mampu mempercepat penyembuhan luka luar dan dalam hingga 3 kali lipat lebih efektif dari kandungan lainnya
  • Dapat membantu mengaktifkan pertumbuhan dan mengaktifkan sel-sel tubuh
  • Membantu memelihara sirkulasi darah agar tetap lancar
  • Berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit
  • Mampu mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan
  • Membuat kulit lebih mudan dan meningkatkan kecantikannya
  • Dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat yang dimiliki kandungan gamapeptide
Karena kemampuan dari gamampetide ini sudah diketahui. Maka tidak heran banyak orang yang mulai memburu si teripang emas ini sebagai bahan makanan dan pengobatan mereka.

Khaisat Teripang Emas Menurut Hasil Penelitian Para Ahli

Selain beberapa khasiat yang bisa didapatkan dari kandungan gamapeptide. Kita juga bisa mendapatkan khasiat lain dari kandungan teripang emas lainnya. Beberapa khasiat teripang emas ini telah dibuktikan dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuan dunia. Beberapa penelitian yang menunjukan khasiat teripang emas ini sangat luar biasa bagi kesehatan di antaranya :

  • Mengatasi Peradangan

Menurut hasil riset Dr. Mittchel Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, diketahui bahwa senyawa teripang emas menunjukan aktivitas yang dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi yang terjadi akibat penyakit asam urat. Kandungan yang memiliki peranan ini adalah senyawa glukosamin, di mana dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa senyawa ini mampu merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian. yang mana kondisi ini sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami peradangan akibat asam urat yang tinggi.

  • Mengobati Diabetes Mellitus

Dari penelitian selanjutnya berasal dari penelitian LIPI. Di mana pada penelitian tersebut seorang ahli yakni Dr. Ir. Ahkam Subroto M.App Sc mengungkapkan bahwa teripang emas mengandung protein yang sangat tinggi yakni mencapai 86,8%. Nah, dari yang telah diteliti sejumlah protein yang dimiliki teripang emas sangat baik untuk diberikan pada penderita diabetes mellitus. Protein yang tinggi dari teripang emas ini diketahui mampu berperan dalam meregenarasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Yang mana kemampuan ini mampu meningkatkan jumlah insulin yang berguna untuk tubuh. Oleh sebab itu, teripang emas ini sangat cocok untuk mereka yang menderita diabetes mellitus. Dengan mengkonsumsi teripang emas maka kadar gula darah pun dapat terkontrol yang mana hal ini sangat baik untuk penderita diabetes.

  • Mencegah dan Mengatasi Kanker

Nah, dari sebuah studi penelitan yang dilakukan oleh para ilmuan China yang diterbitkan bulan Agustus 2005 dengan judul "Cancer Biology & Terapy", mengungkapkan bahwa teripang emas mengandung senyawa yang bernama E Philinopside (PE). Senyawa ini diketahui memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan pembuluh darah yang memasok nutrisi pada tumor. Dengan kemampun yang dimiliki senyawa ini maka pertumbuhan kanker dan proliperasi tumor dalam tubuh dapat di tekan. Yang mana hal ini dapat membantu membuat sel tumor tersebut mati dengan sendirinya.

  • Menyehatkan dan Mencegah Penyakit Jantung

Seorang ahli yang bernama Pof. Zaiton Hassan dari Universitsa Putra Malaysia dan MA Kaswadi dari Universitas Kebangsaan Malaysia, menyatakan bahwa senyawa bernama asam decosahexanat (DHA) pada teripang emas diketahui mampu membnatu menurunkan kadar trigleserida yang tinggi sehingga dengan begitu kandungan ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung sekaligus membantu memelihara kesehatannya. Kemampuannya ini telah dibuktikan saat meneliti kandungan asam lemak pada teripang emas menunjukan bahwa kandungan DHA pada teripang emas cukup tinggi yakni hingga mencapai 3.69%, yang mana hal ini sangat baik untuk menyehatkan jantung dan mencegahnya dari serangan penyakit.

  • Mengobati Batu Ginjal

Hasil penelitian lain yang didapat yaitu, hasil penelitian teripang emas yang dilakukan oleh dr. Zen Djaja M.D di Malang Jawa Timur, menemukan bahwa kandungan asam amino yang terkandung dalam teripang emas memiliki peranan penting dalam memperbaiki metabolisme tubuh yang dapat membantu mencegah terjadinya pengendapan batu ginjal. Dari yang diketahui ekstra teripang emas diketahui dapat membantu kerja enzim oksidase urat atau urikase, yang mana hal ini dapat membantu kristal kalsium tidak terbentuk di dalam ginjal. Dengan bantuan enzim urikase, maka salah satu penyebab terbentuknya batu ginjal yakni asam urat akan diubah menjadi allanton dan larut dalam air, yang nantinya akan dikeluarkan bersamaan dengan urine.

  • Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Hassan Yaakob Phd dari Universitas Malaysia menyembuhtkan bahwa "teripang emas mampu meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula darah yang tinggi, menurunkan kolesterol tinggi, merontokan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan penyakit maag, serta membantu menyembuhkan asma kronis. Selain itu teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawtan kecantikan dan penyembuhan luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang sangat tinggi"

Mengkonsumsi teripang emas atau ekstrak teripang juga diketahui dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, karena teripang mampu berfungsi dalam pembentukan jaringan baru dalam waktu singkat. Hal ini dikarenakan teripang emas diketahui memiliki zat tertentu yang dapat dengan cepat untuk meregenarasi jaringan tubuhnya yang rusak akibat terluka. Di samping itu hal ini juga dikemukanan oleh "Marine Drugs" dalam sebuah studi yang dilakukan pada bulan Oktober 2011, bahwa kemampuan dari teripang dalam meregenarasi tubuhnya yang rusak ini didapat dari kandungan asam lemak tertentu yang dimilikinya yaitu asam arakidonat.

  • Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Kulit

Menurunt Prof. Dr. Ridzwan Hashim dari Universitas Kebangsaan Malaysia mengungkapkan bahwa teripang emas memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yakni 86.8%, di mana protein yang dimilikinya ini mudah diuraikan oleh enzim pepsin. Dari jumlah tersebut, diketahui sekitar 80.0% mengandung kolagen yang berfungsi sebagai pengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan kulit. Dari yang diketahui dalam pertumbuhan tulang, mineral seperti kalsium saja tidak lah cukup, hal ini dikarenakan tulang terdiri dari kalsium fosfat dan kolagen sebagai pengisi. Tanpa kolagen maka tulang akan menjadi rapuh dan mudah pecah seperti kaca. Dan sebaliknya jika tanpa kalsium akan kenyal seperti karet. Sehingga dengan kata lain untuk membantu pertumbuhan tulang sangat diperlukan komposisi yang seimbang.

  • Mencegah Penggumpalan dan Pembekuan Darah

Nah, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli dari Shanghai Institute of Hematology, Shanghai Second Medical University, China yakni Li Z, Wang H dan Zhang G , mengungkapkan bahwa teripang memiliki sifat sebagai anti penggumpalan dan pembengkuan darah. Hal ini dikarenakan teripang memiliki senyawa yang bernama Glucasaminoglycans (GAGs). Dari penelitian tersebut diketahui bahwa pada konsentrasi 5 mikrogram/ml, Glucasaminoglycans (GAGs) mampu menyembuhkan stroke iskemik otak, dan penyakit jantung iskemik dengan cara menghambat aktivitas pembengkuan darah melalui penghambatan monomer fibrin dan meningkatkan aktivitas plasmin. Plasmin sendiri dikenal sebagai enzim pengurai protein plasma darah yang menurunkan kekentalan darah yang terjadi saat pelukaan sehingga darah membeku.

  • Menyembuhkan Luka Gangren Akibat Diabetes Mellitus

Kemampuan teripang emas yang satu ini diungkapkan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh ahli yang bernama Dr. Oetjoeng Handajanto Sukajadi, Bandung. Ia mengungkapkan pada awalnya ia hanya menganggap ekstrak teripang hanya sebagai suplemen saja. Namun, ia mencoba penelitian yang melibatkan ekstrak teripang yang diberikan pada penderita gangren atau luka yang terjadi akibat diabetes mellitus. Nah, dari penelitian tersebut, ia menemukan bahwa dalam hitungan hari, luka gangren yang dimiliki penderita diabetes mengering. Menurut seorang ahli lulusan Fakultas Kedokteran Bochum University, Jerman itu mengungkapkan, bahaw ekstrak teripang kaya akan kolagen. Yang mana kolagen sendiri dikenal sebagai zat yang mampu meningkatkan regenarasi sel-sel mati akibat luka sehingga mampu mempercepat penyembuhannya. Ia bahkan tidak menyangka bahwa eksrak teripang ini mampu menyembuhkan luka dalam waktu yang singkat. 

Di samping itu ia juga menyebutkan efektivitas dari ekstrak teripang untuk penyakit diabetes mellitus. Ia mengungkapkan penyakit kencing manis atau diabetes mellitus diketahui sebagai penyakit yang pada dasarnya tidak dapat disembuhkan, tetapi kadar gula darahnya bisa dikontrol. Itu pun hanya pada mereka yang menderita diabetes tanpa ketergantungan insulin. Nah, ia pun mengungkapkan bahwa nutrisi pada teripang mampu merangsang kelenjar pankreas untuk memproduksi insulin. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa anggota famili Holothuriidae itu mampu memperbaiki kinerja ginjal dan limpa sehingga gula dapat dicerna dengan baik. Senyawa aktif yang dimilikinya juga berguna untuk mengatasi luka dinding lambung penderita maag akut dan gangguan pencernaan lainnya.

Sejumlah Khasiat Yang Dapat Diperoleh Dari Teripang Emas

Berdasarkan hasil penelitian di atas dan berbagai hasil penelitian lainnya, dapat diperoleh bahwa teripang emas memiliki ragam macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya :
  • Mempercepat penyembuhan luka luar dan dalam
  • Menunda dan Memperlambat proses penuaan dini
  • Meringankan dan mengurangi gejala asam urat
  • Mencegah terbentuknya batu ginjal
  • Mengontrol kadar gula darah dan baik untuk penderita diabetes
  • Meningkatkan sistem imun tubuh
  • Kaya akan antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas
  • Menyembuhkan masalah sistem pencernaan terutama maag
  • Sebagai pengobatan herbal penyakit lupus
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah
  • Membantu proses pembentukan sel darah merah (hemoglobin)
  • Melancarkan sirkulasi darah dan baik untuk penderita hipertensi
  • Melancarkan sistem pernapasan dan mencegah sesak napas
  • Menyembuhkan penyakit hepatitis (gangguan hati)
  • Mengobati tumor lambung
  • Mengatasi sinusitis
  • Menyembuhkan kista ovarium
  • Menyembuhkan nyeri pada persendian (arthritis tulang)
  • Mengurangi risiko terkena serangan jantung
  • Menjaga dan mempertahankan sel-sel tubuh
  • Mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor
  • Mencegah peradangan
  • Melawan infeksi bakteri dan virus
  • Mengatasi impotensi
  • Menghentikan pendarahan setelah melahirkan
  • Menyembuhkan luka diabetes
Cukup menakjubkan bukan, begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan hanya dengan mengkonsumsi teripang emas. Nah, beberapa khasiat tersebut hanyalah sebagainnya saja, dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat yang dapat kita dapatkan dari teripang emas, termasuk dalam membantu mempercantik kulit. Solusi tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan khasiat dari teripang emas murni secara praktis tanpa perlu mengolah atau mencarinya terlebih dahulu. Kami merekomendasikan Anda sebuah produk bernama QnC Jelly Gamat Emas dan Walatra Gamat Emas Kapsul. Kedua produk ini merupakan produk herbal yang terbuat dari 100% teripang emas murni tanpa tambahan kimia sedikitpun. Sehingga dengan kata lain manfaat dari kandungan yang terkandung dalam teripang emas yang terdapat pada kedua produk herbal tersebut dapat kita rasakan sepenuhnya.

Saya merekomendasikan dua produk untuk membatu Anda yang ingin mengkonsumsi teripang emas dalam bentuk cair karena tidak bisa mengkonsumsi obat dalam bentuk kapsul. Kami merekomendasikan Anda QnC Jelly Gamat Emas. Nah, sebaliknya jika Anda ingin mengkonsumsi teripang emas dalam bentuk kapsul karena tidak suka dengan obat cair, kami merekomendasikan Anda Walatra Gamat Emas Kapsul. Mengenai komposisi dari kedua produk tersebut semuanya sama. Hanya bentuknya saja yang membedakan. Untuk kualitas, khaisat dan keamannya dijamin sama dan bahkan produk herbal ini juga telah terdaftar secara resmi di BPOM RI. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi dengan kualitas dan keamannya. Untuk informasi lengakapnya bisa cek di sini atau di sini!!!

Nah, itulah beberapa khasiat yang dapat kita manfaat dari teripang emas si hewan laut yang berkhasiat. Sekian yang dapat saya sampaikan dan terimakasih telah menyimaknya sampai akhir. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua dan terimakasih banyak untuk kunjungannya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar