Senin, 24 September 2018

Kayu Manis "Si Kulit Kayu" Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan

Kayu Manis "Si Kulit Kayu" Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan - Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan nama rempah yang satu ini. Yup, kayu manis, jenis tanaman yang dikenal karena aromanya yang khas. Jenis tanaman ini juga dikenal sebagai rempah yang populer untuk dijadikan sebagai penyedap rasa dan aroma di setiap masakan, seperti pembuatan kue, hidangan dan minuman. Namun, tahukah kalian, kalau tanaman ini bukan sekedar tanaman rempah yang sering dijadikan sebagai penyedap rasa dan aroma. Akan tetapi pada zaman dulu tanaman ini juga sering dijadikan sebagai ramaun herbal yang kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kayu Manis "Si Kulit Kayu" Beraroma Khas

Kayu manis merupakan jenis tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan dan Asia Tenggara. Selain itu dari yang diketahui kayu manis juga termasuk ke dalam genus Cinnamomun. Rempah herbal ini didapatkan dari kulit bagian dalam beberapa spesies pohon genus Cinnamomun yang sering digunakan dalam masakan yang manis dan sedap.

Nah, pada zaman dulu tepatnya pada zaman mesir kuno, kayu manis diketahui sering dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan obat. Bahkan rempah yang satu juga sering dianggap sebagai obat mujarab. Selain dijadikan sebagai bahan obat ternyata rempah yang satu ini juga sering dijadikan sebagai salah satu bahan pembalseman.

Di Indonesia sendiri tanaman herbal ini sering dijadikan sebagai penyedap rasa setiap masakan. Namun, di samping itu masyarakan Indonesia juga sering menjadikan kayu manis ini sebagai bahan tambahan dalam proses pembuatan jamu herbal. Biasanya kayu manis ini sering diaplikasikan dengan bahan herbal lainnya seperti jahe dan kunyit.

Kandungan Kayu Manis

Dari yang diketahui kayu manis memiliki banyak kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, beberapa di antaranya adalah :
  • Minyak atsiri
  • Safrole
  • Sinamaldehida,
  • tanin
  • Falvonoid
  • saponin
  • dammar
  • kasiumoksalat
  • triterpenoid
  • Sinamilasetat
  • salisaldehida
  • asam sinamat
  • asam benzoat
  • asam salisilat
  • eugenol
  • metalisalisaldehida
  • dll
Dengan dimilikinya senyawa atau kandungan tersebut menjadikan kayu manis ini sebagai rempah yang memiliki khasiat herbal yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan pada tubuh.

Khasiat Kayu Manis

Nah, beberapa manfaat dan khasiat yang dapat diambil dari kandungan yang dimiliki kayu manis ini diantaranya :

  • Mengontrol Kadar Gula Darah


Kandungan yang dimiliki kayu manis ini diketahui berperan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di samping itu, kayu manis juga diketahui memiliki senyawa yang bernama kafeat dan sinamat. Nah, semua kobinasi kandungan yang dimiliki kayu manis ini diketahui dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap normal. Yang mana hal ini sangat baik bagi penderita diabetes. Selain itu, kayu manis juga diketahui dapat membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe2. 

Nah, dair yang diketahui satu gram bubuk kayu manis saja sudah dapat membantu menurunkan kadar gula darah, trigleserida, kolesterol jahat dan kolesterol total pada pasien diabetes. Di samping itu dari yang diketahui, dengan kemampuan kayu manis ini juga memiliki manfaat dalam menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

  • Menyuburkan Kandungan

Senyawa sinamaldehida dalam kayu manis diketahui memiliki peranan aktif dalam membantu menyuburkan kandungan wanita. Di mana dari yang diketahui senyawa ini memiliki kemampuan dalam membantu meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan hormon testoteron. Yang mana kemampuan ini diketahui dapat membantu menyeimbangkan hormon reproduksi wanita sehingga waniat akan menjadi lebih subur.

  • Melancarkan Sirkulasi Haid

Nah, karena kemampuan kayu manis yang dapat menyeimbangkan hormon reproduksi, maka tidak heran jika kayu manis juga diketahui dapat membantu mengatasi haid yang tidak teratur dan memabntu melancarkan sirkulasinya. Di samping, kandungan dari kayu manis juga diketahui baik untuk mempercepat peluruh darah haid.

Bukan hanya itu, kemampuan lain dari senyawa yang dimiliki kayu manis juga diketahui dapat membantu mengatasi nyeri haid, yang sering dialami wanita. Dengan kata lain kayu manis ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi wanita. Jadi, bagi wanita yang ingin mengatasi berbagai masalah gangguan kesehatan yang terjadi pada organ reproduksi mereka, mereka bisa memanfaatkan kayu manis sebagai solusi alternatifnya.

  • Mengatasi Masalah Neuro Degenarative

Dari yang diketahui kayu manis juga memiliki senyawa yang bernama sitokinin dalam jumlah yang cukup. Di mana dengan senyawa ini diketahui bahwa kayu manis memiliki kemampuan dalam membantu mengatasi berbagai masalah neuro degenrative seperti alzheimer, multiple sclerosis, meningitis, parkinson dan tumor otak. Kemampuan dari kayu manis ini juga disebutkan dalam Journal University Of Texas.

  • Berkhasiat Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Kayu manis diketahui memiliki senyawa yang bersifat sebagai anti-inflamasi yang diketahui sangat efektif untuk membantu menjaga jantung dan arteri dari kerusakan dan infeksi. Selain itu, kayu manis juga diketaui memiliki serat, kalsium dan mineral yang banyak seperti mangan. Yang mana kandungan ini diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah tanpa menurunkan kadar kolesterol baik dalam darah. Dengan kata lain kemampuan dari kandungan kayu manis ini adalah membantu menurunkan kadar koleterol jahat dalam tubuh dan membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung serta membantu menyehatkannya. Obat Jantung Bocor Herbal

  • Mengatasi Kanker Tulang dan Kanker Perut

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition and Cancer yang dilakukan di University, menyebutkan bahwa kayu manis diketahui memiliki kemampuan untuk mengurangi proliferasi sel kanker dan mencegah terjadinya kanker. Nah, dari beberapa asumsi juga diketahui bahwa denagn mengkonsumsi satu sendok madu dan satu sendok bubuk kayu manis setiap hari selama satu bulan diketahui dapat membantu mengatasi kanker tulang dan kanker perut.

  • Meningkatkan Aktivitas Otak

Dari beberapa sumber mengatakan bahwa aroma dari kayu manis diketahui dapat membantu meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam berkonsentrasi, kecepatan bekerja dalam program komputer, dan mengingat.

  • Mengatasi Nyeri Akibat Rematik

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departement Of Internal Medicine, menyatakan bahwa kayu manis dapat membantu meredakan arthritis atau nyeri sendi yang terjadi akibat rematik. Hal ini dikarenakan senyawa yang terkandung dalam kayu manis diketahui memiliki sifat sebagai analgesik dan antiinflamasi yang dapat meredakan rasa nyeri pada bagian tubuh akibat serangan penyakit. Di samping itu juga berkhasiat untuk membantu mengatasi peradangan yang terjadi pada sendi akibat serangan rematik. Obat Rematik Herbal

  • Mencegah Penggumpalan Darah Atau Sebagai Pengencer Darah

Selain dapat menyuburkan kandungan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan organ reproduksi wanita. Kandungan sinamaldehida yang dimiliki kayu manis juga diketahui dapat membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Di samping itu berdasarkan sumber lain mengenai khasiat kayu manis diketahui bahwa kayu manis dapat mengeluarkan asam lemak anti-inflamasi yang disebut arachidonic. Yang mana asam lemak yang dihasilkannya ini diketahui dapat membantu mengurangi radang dan penggumpalan darah. Sehingga hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kemampuannya ini juga diketahui baik untuk mencegah penuaan dini.

Itu dia beberapa khasiat kayu manis bagi kesehatan tubuh yang dapat saya sampaikan. Nah, khusus wanita yang ingin mendapatkan manfaat khasiat kayu manis dalam membantu menyehatkan atau ingin mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada organ reproduksi kalian secara praktis, tanpa ribet untuk mengolahnya. Kami merekomendasikan Anda produk herbal bernama Walatra Bersih Wanita yang mana merupakan produk herbal unggulan yang terbuat dari 100% kayu manis dan perpaduan bahan herbal lainnya yang tak kalah berkhasiat.  Produk herbal yang satu ini memiliki kemampuan untuk membantu para wanita yang ingin merawat kesehatan organ kewanitaanya dan mengobati berbagai masalah kesehatan organ reproduksinya secara alami, dengan cepat dan menyeluruh tanpa menimbulkan efek samping. Informasi lengkanya bisa cek di sini!!!

Efek Samping Kayu Manis

Mengenai efek samping kayu manis sendiri diketahui tidak akan menimbulkan efek samping, jika digunakan dalam dosis yang tepat dan tidak berlebihan. Adapun efek samping yang ditimbulkan itu terjadi akibat penggunaan dosis kayu manis yang berlebihan. Untuk menghindari efek samping tersebut sebaiknya hindari penggunaan kayu manis secara berlebihan atau dalam dosis yang banyak. Beberapa efek samping yang mungkin dapat terjadi akibat penggunaan yang berlebihan, di antaranya adalah :
  • Menyebabkan gangguan hati, terutama bagi mereka yang memiliki masalah hati sebelumnya.
  • Meningkatkan denyut jantung.
  • Menyebabkan kulit, bibir, mulut memerah, bengkak dan luka, terutama pada mereka yang memiliki alergi terhadap kayu manis. Untuk itu bagi Anda yang memiliki alergi hindari penggunaan kayu manis ini.
  • kontraindikasi pada masa kehamilan, penggunaan kayu manis juga perlu dihindari pada mereka yang sedang masa kehamilan, terutama pada fase akhir kehamilan. Hal ini dikarenakan kayu manis diketahui memiliki sifat emmenagogis yang diketahui dapat memicu terjadinya keguguran.
  • Iritasi usus, senyawa yang dimiliki kayu manis memang baik untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Namun, jika penggunaannya berlebihan, maka hal ini dapat memicu terjadinya iritasi pada usus.
Nah, untuk membantu mencegah hal yang tidak diinginkan, bagi Anda yang ingin menggunakan kayu manis sebagai obat penyakit yang sedang Anda alami. Maka disarankan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, sehingga keamanan dari kayu manis masih bisa terjamin.

Nah, sekian yang dapat saya sampaikan mengenai khasiat kayu manis bagi kesehatan tubuh. Terimakasih telah berkunjung dan menyimaknya sampai akhir. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar