Sabtu, 22 September 2018

Khasiat Minyak Zaitun "Si Minyak Super Sehat" Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Minyak Zaitun "Si Minyak Super Sehat" Bagi Kesehatan Tubuh - Sudah tidak diragukan lagi mengenai keberadaan minyak zaitun dikalangan masyarakat dunia. Yup, minyak yang dijuluki sebagai minyak tersehat ini, telah sangat populer di hampir seluruh mancanegara termasuk Indonesia. Minyak zaitun ini dikenal sebagai minyak yang kaya akan kandungan dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sendiri merupakan minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Salah satu jenis tanaman yang dikenal memiliki umur panjang. Sejak zaman dulu khasiat dari minyak zaitun ini telah banyak dimanfaatkan. Mulai dari sebagai bahan pengolahan makanan, kesehatan, dan kecantikan. Kandungan yang dimilikinya dikenal sebagai kandungan yang sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan baku produk kecantikan. Dari yang diketahui sekitar 24% minyak zaitun terdiri dari lemak jenuh, omega 6, dan asam lemak omega 3. Nah, selain itu minyak zaitun juga diketahui memiliki senyawa asam oleat terbanyak. Yang mana senyawa ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Asam lemak diketahui memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi peradangan.

Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Nah, dari yang diketahui untuk mendapatkan minyak zaitun ini terdapat beberapa proses ekstrasi yang dapat membedakan pemanfaatannya. Berdasarkan proses ekstrasi dan kadar keasamannya, minyak zaitun dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Di antaranya :
  • Extra Virgin Oil diketahui sebagai minyak zaitun terbaik yang diekstrak langsung dari buah zaitun. Dari yang diketahui proses pengektrakan jenis minyak zaitun ini hanya melalui perasan. Sehingga dapat dikatakan bahwa minyak zaitun ini hanya didapat dari perasan pertama buah zaitun. Kadar keasaman yang dimiliki jenis minyak zaitun ini adalah 1%.
  • Ekstrak Virgin, minyak zaitun jenis ini juga diketahui sebagai minyak zaitun yang didapat dari perasan pertama buah zaitun dan memiliki kadar keasaman 3%.
  • Fino, yakni jenis minyak zaitun yang didapat dari campuran extrak virgin dan virgin.
  • Pure, sedangkan untuk jenis minyak zaitun ini diketahui sebagai minyak zaitun yang didapat dari kombinasi minyak zaitun jenis virgin yang telah diolah dan extra virgin.
  • Light, yaitu jenis minyak zaitun yang telah melalui proses saring yang hasilnya memengaruhi warna minyak zaitun.

Nah, untuk membantu memastikan kualitas minya zaitun. Anda bisa mencoba dengan cara menelan beberapa sendok makan minyak zaitun. Dari yang diketahui minyak zaitun yang berkualitas tinggi akan memberikan sensasi rasa sedikit pedas setelah dicicipi. Untuk beberapa minyak zaitun kecuali jenis extra virgin diketahui bisa digunakan untuk menumis atau memanggang. Nah, untuk mendapatkan manfaat baik dari minyak zaitun, ada baiknya Anda menggunakan minyak zaitun langsung pada makanan seperti menambahkannya pada sayiran selayaknya membuat salad. Selain itu dari yang diketahui kandungan polifenol pada minyak zaitun dapat rusak jika dipanaskan dalam suhu yang terlalu tinggi.

Penggunaan Minyak Zaitun Yang Tepat

Dari yang diketahui terdapat minyak zaitun yang dari mulai proses produksinya bisa bertahan selama 3 bulan dan ada juga yang dapat bertahan selama 2 tahun. Walaupun demikian, dari yang diketahui manfaat minyak zaitun akan lebih baik jika dihabiskan tidak lebih dari satu tahun. Menurut para ahli penelitian, kadar antioksidan yang dimiliki minyak zaitun akan turun drastis jika disimpan selama setahun walaupun telah disimpan dengan baik dan benar.

Nah, agar manfaat minyak zaitun dapat digunakan hingga maksimal. Ada baiknya Anda membeli minyak zaitun denagn kemasan yang kira-kira dapat habis dalam setengah tahun. Lalu simpan kemasan pada tempat yang gelat dan jauhkan dari cahaya serta hindari dari hawa panas. Selain itu, juga disarankan untuk disimpan pada botol kaca hitam dan pastikan minyak zaitun yang Anda beli tidak berubah warna dan berbau ketika digunakan. Pastikan minyak zaitun yang Anda beli telah terdaftar di BPOM RI dan tidak kadaluarsa.

Kandungan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai minyak yang kaya akan kandungan dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun tahukan kalian bahwa minyak zaitun ini memiliki kandungan yang paling utama dan sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan utama yang dimiliki minyak zaitun ini, di antaranya : 

  • Squalene

Squalene merupakan salah satu jenis minyak nabati yang terkandung di dalam minyak zaitun. Squalene sendiri merupakan cairan eter organik yang diketahui memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi sistem imun tubuh dan kesehatan tubuh. Nah, selain itu, squalene juga dikenal sebagai senyawa alami yang dapat digunakan untuk bahan baku insulin bagi penderita diabetes.

  • Polifenol

Kandungan polifenol yang terkandung di dalam minyak zaitun diketahui sangatlah tinggi. Yang mana kandungan ini diketahui memiliki fungsi sebagai zat antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dari yang diketahui minyak zaitun yang memiliki kadar kandungan polifenol yang sangat tinggi cenderung dapat mengalami perubahan rasa yakni akan menjadi lebih tajam, pahit dan keras.

Kandungan lain dari minyak zaitun di antaranya yaitu :
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Potassium
  • Vitamin A, C, D, E dan K
  • Asam lemak jenuh yang baik (asam miristat, asam arachidat, asam stearate, asam palmitat dan lignoserat)
  • Mono unsaturated fat
  • Fenol
  • Oleuropein aglycone
  • Hodroksitisol
  • Omega 9
  • Zat prostaglandin
  • Asam lemak potensan
  • dll
Nah, dengan dimilikinya sejumlah kandungan dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan ini. Maka tidak heran jika minyak zaitun dikenal sebagai minyak sehat yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Karena kandungan yang dimiliki minyak zaitun sangatlah banyak, maka manfaat dari minyak zaitun pun sudah tidak diragukan lagi. Beberapa manfaat yang dimiliki minyak zaitun bagi kesehatn tubuh, di antaranya :

  • Mencegah dan Mengatasi Kanker

Nah, dari sebuah riset penelitian yang dipublikasikan dalam Europeran Journal of Cancer Prevention pada tahun 2004, menyembutkan bahwa baik buah zaitun ataupun minyaknya diketahui mengandung banyak sekali antioksidan seperti acteroside, hydroxytrosol, tyrosol dan asam fenil propionat. Yang mana semua kandungan ini dapat bermanfaat untuk membantu mencegah serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, minyak zaitun juga diketahui memiliki sejumlah senyawa yang mengandungn substansi anti-kanker seperti squalene, lignan, terpenoid dan asam oleat. kandungan tersebut diketahui sebagai alasan dimana minyak zaitun dikenal sebagai bahan herbal yang diketahui dapat membunuh sel kanker.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Dari beberapa studi yang pernah dilakukan, mengetahui bahwa pola makan yang melibatkan lemak tak jenuh mampu menurunkan kadar LDL serta trigleserida dan menaikan HDL (kolesterol baik dalam darah). Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang dimiliki minyak zaitun. Nah, kandungan antioksidan polifenol yang dimiliki minyak zaitun diketahui bersifat sebagai antiradang yang baik untuk kesehatan kardiovaskular.

Selain itu, menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cardiovascular Pharmacology, menyebutkan bahwa infeksi kronis yang biasanya membahayakan kesehatan arteri dan jantung bisa dihindari karena minyak zaitun diketahui dapat memutarbalikan efek radang tersebut.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Nah, dari riset serupa juga menyatakan bahwa minyak zaitun diketahui dapat menurunkan hipertensi karena minyak ini mampu membuat nutrit oksida lebih aktif sehingga kapasitas pembuluh darah jadi lebih luas dan bersih.

  • Mencegah Obesitas

Nah, dari yang diketahui minyak sehat memiliki sifat mengenyangkan sehingga tak membuat perut mudah lapar. Sehingga hal ini sering dijadikan sebagai alasan mengapa diet rendah lemak jarang berhasil.

Para ahli dari Universitas Hospital Basel (Switzerland) pernah melakukan 5 percobaan yang melibatkan 447 partisipan. Di mana pada penelitian tersebut mendapati bahwa mereka yang menerapkan diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat mengalami penurunan berat badan lebih banyak ketimbang pelaku diet rendah lemak.

Dari studi lain yang dipublikasikan dalam Women"s Health Journal menemukan bahwa diet dengan melibatkan minyak zaitun selama 8 minggu diketahui mampu menghasilkan penurunan berat badan lebih banyak ketimbang diet rendah lemak.

Nah, dari beberapa asumsi juga menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi banyak lemak sehat merupakan salah satu kunci utama dalam mengontrol insulin berlebih.

  • Mencegah Infeksi

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyababkan terjadinya infeksi pada tubuh. Salah satunya adalah gangguan sistem imun tubuh yang diketahui dapat menyerang tubuhnya sendiri. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena beberapa kondisi seperti kurang gizi, stres dan lainnya. Jika kondisi ini tidak segera ditangani maka tubuh akan mengalami infeksi yang berujung pada munculnya berbagai macam penyakit. Untuk membantu mengatasi masalah ini, minyak zaitun menawarkan sejumlah kandungan yang dapat memberikan manfaat untuk untuk mengatasi kondisi ini. Kandungan minyak zaitun diketahui memiliki khasiat antiradang, yang mana hal ini dapat membantu mencegah kondisi tersebut terjadi.

  • Mencegah dan Merawat Diabetes

Dari yang diketahui terdapat beberapa bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi minyak zaitun mampu membantu mencegah risiko diabetes tipe 2. yang mana hal ini diasumsikan berdasakan kandungan asam lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun diketahui dapat mempengaruhi glukosa dengan cara mengubah fungsi membran sel dan aktivitas enzim. Hal ini juga diketahui dari beberapa pernyataan bahwa ketika kadar karbohidrat meningkatkan kadar gula darah, lemak justru membantu menstabilkannya dan meregulasi insulin. Bahkan saat Anda mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi sekalipun, dengan menambahkan minyak zaitun diketahui dapat memperlambat dampak kenaikan kadar gula pada aliran darah.

  • Membantu Menyeimbangkan Kadar Hormon

Khasiat lain dari minyak zaitun yang cukup diminati adalah membantu menyeimbangkan kadar hormon tubuh. Di mana ketika kadar hormon seimbang, maka kondisi ini dapat membantu meminimalisir gangguan kesehatan akibat haid, infertilitas atau manopause. Nah, kandungan minyak zaitun diketahui dapat membantu menyuplasi lemak esensial yang dapat meregulasi kelenjar tiroid, adrenal dan pituitari. Yang mana dari yang diketahui semua kelenjar ini dapat bekerjasama dalam memproduksi dan menyeimbangkan hormon seksual.

  • Menyehatkan Kulit

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, diet tinggi lemak dari minyak zaitun juga diketahui dapat membantu menjauhkan kulit dari berbagai efek berbahaya. Selain itu, minyak zaitun juga dikenal akan kandungan vitamin E nya yang tinggi, yang mana dengan kandungan ini minyak zaitun juga dikenal sebagai bahan herbal yang dapat menghidrasi kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, melawan infeksi, dan ketidak seimbangan hormon yang berimbas pada munculnya gangguan kulit seperti jerawat, eksim, dan lainnya. Sehingga tidak heran mengapa minyak zaitun ini banyak direkomendasian sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit.

  • Menyehatkan Otak

Nah, minyak zaitun juga diketahui dapat dijadikan sebagai makanan otak yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi dn daya ingat. Selain itu, minyak zaitun juga diketahui dapat membantu mencegah melemahnya kemampuan kognitif yang biasanya dipicu oleh stres oksidasi maupun ADDL (jenis protein beracun yang menjadi penyebab munculnya demensia dan alzheimer).

  • Mencegah Stroke

Selain dapat menyehatkan otak, senyawa alami yang dimiliki minyak zaitun juga diketahui dapat membantu mencegah terjadinya stroke. Hal ini berdasarkan penelitian yang diadakan di Prancis. Dari penelitian ini diketahui para lansia yang mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami stroke. Dengan adanya hasil penelitin ini, maka minyak zaitun ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti minyak goreng. yang mana hal ini dapat membantu kita untuk mencegah terjadinya serangn stroke pada tubuh. Obat Stroke Herbal

  • Mengatasi Gangguan Mood dan Depresi

Pada penjelasan sebelumnya di atas telah disebutkan bahwa senyawa yang terkandung di dalam minyak zaitun memiliki manfaat dalam menyeimbangkan kadar hormon tubuh. Yang mana kemampuan minyak zaitun ini juga dapat membantu mencegah disfungsi transmiter saraf. Kondisi ini diketahui sangat bertolak belakang dengan diet rendah lemak yang justru diketahui dapat menyebabkan munculnya depresi dan kegelisahan.

Nah, dari yang diketahui gangguan mood atau kognitif diketahui menjadi pertanda bahwa otak tidak mendapatkan asupan "hormon bahagia" yang cukup seperti serotonin atau dopamin.

Dalam sebuah study yang dilakukan pada tahun 2011 lalu di Universitas Las Palmas, Spanyol, menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi lemak baik atau lemak tak jenuh diketahui dapat membantu mencegah gangguan mood dan merawat depresi.

  • Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan satu istilah yang menggambarkan bahwa adanya gangguan kesehatan tulang yang menyebabkan tulang menjadi rapuh. Nah, untuk membantu mencegah kondisi ini, minyak zaitun diketahui memiliki senyawa yang sangat baik untuk membantu memelihara kesehatan tulang dan mencegahnya agar tidak mengalami osteoporosis. Senyawa alami yang dimiliki minyak zaitun diketahui dapat membantu memadatkan dan menguatkan tulang, sehingga dengan begitu kesehatan tulang akan tetap terjadi dan terhindar dari yang namanya osteoporosis.

Khasiat minyak zaitun di atas hanyalah sebagain yang dapat saya sampaikan. Hal ini dikarenakan masih banyak manfaat dan khasiat lain yang dimiliki minyak zaitun bagi kesehatan tubuh. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat atau khasiat dari minyak zaitun secara praktis dan murni tanpa tambahan bahan kimia. Kami merekomendasikan Anda sebuah produk herbal bernama Walatra Habbaza Softgel. Produk herbal ini merupakan produk herbal yang terbuat dari 100% minyak zaitun murni yang dipadukan dengan ekstrak jintan hitam, sehingga khasiat yang terkandungan semakin berlimpah. Sehingga dengan kata lain selain bisa mendapatkan khasiat dan manfaat dari minya zaitun. Anda juga sekaligus bisa mendapatkan khasiat dan manfaat dari jintan hitam yang tak kalah hebar dari khasiat minyak zaitun. Informasi selengkapnya bisa cek di sini!!!

Nah, sekian yang dapat saya sampaikan mengenai khasiat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh. Terimakasih telah menyimaknya sampai akhir, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Dan terimakasih juga untuk kunjungannya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar