Selasa, 11 September 2018

ISPA - Gejala dan Penyebabnya

ISPA - Gejala dan Penyebabnya - Infeksi saluran pernapasan akut atau disingkat ISPA merupakan suatu kondisi yang diketahui menduduki peringkat pertama sebagai penyakit yang sering dialami masyarakat Indonesia. Ingin tahu informasi lengkapnya??? Yuk, simak terus ulasannya!!!

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

ISPA merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang sistem pernapasan manusia.  Infeksi pernapasan ini umumnya lebih sering terjadi karena infeksi dari virus atau bakteri yang menyerang hidung, trakea (pipa pernapasan) atau paru-paru. Dari yang diketahui jika ISPA ini tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan infeksi yang terjadi dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan dan menyebabkan tubuh tidak bisa mendapatkan cukup oksigen. Dan bahkan dari beberapa kasus yang pernah terjadi ISPA juga dapat menyebabkan kondisi yang berakibat fatal dan bahkan sampai menyebabkan kematian.

ISPA sendiri tergolong penyakit yang mudah ditularkan. Nah, orang-orang yang memiliki kelainan sistem imun tubuh dan orang yang telah lanjut usia diketahui dapat lebih mudah untuk tertular penyakit ini. 

Dari penyebarannnya sendiri, ISPA dapat ditularkan melalui udara yang telah terkontaminasi jenis bakteri dan virus penyebab ISPA. Seseorang diketahui dapat tertular ketika ia menghirup udara yang mengandung virus dan bakteri. Nah, virus dan bakteri ini dikelauarkan oleh penderita ISPA melalui bersin atau batuk.

Di samping itu, penularan juga dapat terjadi secara tidak langsung seperti cairan yang terkontaminasi virus dan bakteri yang menempel pada permukaan benda juga diketahui dapat menular ke orang lain saat mereka menyentuhnya. Cara yang tepat untuk mencegah penularan ini yaitu dengan cara rajin mencuci tangan secara teratur, terutama setelah melakukan aktivitas di tempat umum.

Nah, di Indonesia sendiri ISPA dinyatakan sebagai penyakit dengan peringkat pertama yang menduduki penyakit yang paling banyak dialami masyarakat, khususnya anak-anak. Untuk membantu mengurangi tingkat angka kematian dari penyakit ISPA, maka penting bagi kita untuk mengetahui gejala dan penyebab lengkapnya.

Gejala ISPA

Dari yang diketahui gejala ISPA yang muncul merupakan suatu respon terhadap racun yang dikeluarkan oleh virus atau bakteri yang menempel di saluran pernapasan. Beberapa gejala ISPA yang muncul biasanya terjadi pada hidung dan paru-paru. Berikut merupakan beberapa gejala ISPA yang sering muncul :

  • sering bersin,
  • hidung tersumbat dan berair,
  • batuk-batuk dan ternggorokan terasa sakit,
  • sering merasa kelelahan dan timbul demam, 
  • paru-paru terasa terhambat,
  • tubuh terasa sakit,

Jika ISPA diketahui bertambah parah, kemungkinan gejala yang lebih serius bisa muncul. Beberapa di antaranya yaitu :

  • kesulitan bernapas,
  • demam tinggi dan menggigil,
  • pusing,
  • kesadaran menurun dan bahkan pingsan,
  • tingkat oksigen dalam darah rendah,

Nah, dari yang diketehui gejala ISPA biasanya akan berlangsung satu hingga dua minggu. Hampir sebagian besar penderita diketahui akan mengalami perbaikan gejala setelah satu minggu pertama. 

Penyebab ISPA

Dari yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa ISPA terjadi akibat ditularkan oleh bakteri dan virus. Beberapa mikroorganisme yang menjadi penyebab munculnya ISPA adalah :
  • Rhinovirus, yakni virus yang biasa menyebabkan pilek. Namun dari yang diketahui anak kecil dan orang dengan sistem imun tubuh yang lemah, berisiko menyebabkan pilek berubah menjadi ISPA pada tahap yang serius.
  • Adenovirus yaitu jenis virus yang sering menyebabkan gangguan pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia. Biasanya jenis virus ini memiliki lebih dari 50 jenis.
  • Pneumokokus, merupakan jenis virus penyebab meningitis. Di samping itu jenis mikroorganisme ini juga diketahui dapat memicu tejadinya gangguan pernapasan lainnya, salah satunya adalah pneumonia.
Pada kondisi yang sehat, sistem imun yang dimiliki tubuh berperan dalam melawan infeksi virus ataupun bakteri. Namun jika sistem imun tubuh yang dimiliki lemah, maka risiko mengalami infeksi akan meningkat. Kondisi ini cenderung terjadi pada anak-anak dan orang yang telah lanjut usia serta pada mereka yang memiliki penyakit atau kelainan pada sistem imun tubuh yang dimilikinya.

Di samping itu orang yang memiliki penyakit jantung atau gangguan dengan paru-parunya dapat berisiko mengalami ISPA. Bukan hanya itu perokok juga diketahui memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena infeksi saluran pernapasan akut dan cenderung lebih sulit untuk sembuh dari kondisi ini.

Nah, untuk membantu mencegah agar penyakit ini tidak terjadi pada Anda. Ada baiknya mulai saat ini jagalah pola hidup sehat Anda. Salah satunya yaitu dengan rajin mencuci tangan secara terartur setelah beraktivitas fisik di luar rumah atau di tempat umum. Di samping itu Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang dapat merawat kesehatan tubuh Anda agar dapat terhidar dari serangan penyakit. Untuk membantu Anda mencari suplemen yang tepat untuk kondisi Anda, kami rekomendasikan Anda Walatra Habbaza Softgel, produk suplemen sekaligus obat herbal yang dapat merawat kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit. <Obat ISPA Herbal>

Nah, sekian yang dapat saya sampaikan mengenai ISPA, gejala dan penyebabnya. Terimakasih telah menyimaknya sampai selesai, semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Dan terimakasih untuk kunjungannya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar